Arti Warna Dalam Logo


Arti Warna Dalam Logo
Banyak orang yang mengidentikkan warna dengan karakter seseorang. Begitu juga dengan dunia usaha. Misalnya saja dalam pembuatan logo. Nah dalam pembuatan logo, warna adalah hal yang paling penting. Tapi tahukah kamu bahwa warna memiliki arti secara psikologis? Artikel ini akan membahas tentang arti warna tersebut. Yuk simak berikut ini.

Warna sejak lama diketahui bisa memberikan pengaruh terhadap psikologi, emosi serta cara bertindak manusia. Warna juga menjadi bentuk komunikasi non verbal yang bisa mengungkapkan pesan secara instan dan lebih bermakna yang sering digunakan para marketer atau komunikasi visual yang handal untuk tujuan branding, sales/penjualan serta marketing perusahaan. Misalnya warna merah berarti gagah atau putih yang dikaitkan dengan kesucian pada pembuatan logo perusahaan.

Bagi seorang Desainer, menguasai warna adalah suatu keharusan. Seorang desainer harus mampu membangkitkan gairah, pesan, dan emosi para audiens melalui desain logo yang baik. Warna pada logo harus menyentuhnya faktor psikologis audiens agar mereka yakin bahwa produk kamu adalah pilihan yang terbaik untuk mereka.

Baca juga artikel : Bahaya Memakai Kuteks

Arti warna

Berikut ini adalah rincian warna yang paling dasar dan emosi yang dimunculkan oleh warna tersebut.

  • Merah

Warna merah adalah warna yang paling sering dipakai oleh logo. Mengapa? Sebab warna merah dalam segi psikologi adalah warna yang paling sering menarik perhatian. Warna merah dapat meningkatkan sirkulasi darah dan kereaktifan darah itu sendiri. Warna yang satu ini adalah warna yang paling ampuh untuk merangsang dan meningkatkan energi fisik, memperkuat motivasi, dan meningkatkan sirkulasi. Merah juga membangkitkan emosi dan menciptakan perasaan kegembiraan atau intensitas.



Nah jika kamu memakai warna merah pada logo, secara psikologis pelanggan akan berpikir untuk ingin mencoba produk kamu karena warna merah pada logo tersebut menimbulkan keinginan yang sangat besar. Oleh karena itu, jika kamu membuka usaha terapi atau tempat penyembuhan berpengetahuan, mungkin akan lebih baik untuk meninggalkan merah dari logo kamu. Kamu lihat bahwa sebagian besar kantor dokter tidak menggunakan warna merah di logo mereka tapi rumah sakit lakukan. Rumah Sakit lolos begitu saja karena pada waktu tidak ada tempat yang lebih serius di dunia.

  • Biru

Dari semua warna dalam spektrum, biru adalah warna yang bisa meningkatkan nafsu makan untuk itu disarankan menempatkan makanan di piring biru. Warna ini juga meningkatkan ekspresi verbal, komunikasi, ekspresi artistik dan kekuatan. Biru yang kuat (biru tua) akan merangsang pemikiran yang jernih dan biru muda akan menenangkan pikiran dan membantu konsentrasi. Kalau di dunia desain logo, biru sering di sebut warna corporate karena hampir semua perusahaan menggunakan warna biru sebagai warna utamanya.



Warna biru yang ringan membangkitkan kepercayaan, dimana warna biru gelap lebih membangkitkan kehadiran intelijen. Warna biru juga termasuk warna yang tenang dan bersifat profesional. Baik itu biru muda maupun biru tua, keduanya baik untuk digunakan dalam logo, tetapi penting untuk memutuskan mana yang lebih mungkin untuk mengundang pelanggan lebih banyak.

  • Kuning

Kuning adalah warna cerah yang dapat menarik banyak perhatian. Warna satu ini berhubungan dengan intelektual dan proses mental. Warna cerah ini juga merangsang otak serta membuat kamu lebih waspada dan tegas. Kuning adalah warna yang ceria, menyenangkan dan penuh energi. Sehingga warna kuning identik dengan mainan anak-anak. Kuning juga biasanya di gunakan untuk mendapatkan perhatian dari orang yang melihat desain logo.



Warna Kuning merangsang aktivitas mental dan menarik perhatian, Sangat efektif digunakan pada blogsite yang menekankan pada perasaan bahagia dan kekanakan. Dengan demikian, warna kuning lebih cocok untuk perusahaan yang mencerminkan dengan anak-anak, keluarga atau toko-toko.

  • Orange

Nuansa orange dapat mencakup berbagai emosi, tetapi emosi yang paling mencerminkan orange adalah keberanian. Walaupun demikian, orange tetap cukup untuk membangkitkan gairah seperti yang dilakukan warna merah, tetapi tidak cukup gelap untuk menghasilkan ketenangan dan kehalusan. Orange akan menjadi warna yang baik untuk bisnis yang berani tetapi lebih ke pemasok mainan, hiburan, dll.



Orange sangat mudah digunakan untuk permainan kontras warna. Contohnya saja, jika kamu memadukan warna orange dengan warna yang lebih gelap seperti biru atau ungu, kamu bisa membawa nada warna ke daerah yang lebih serius.

  • Hijau

Hijau merupakan warna yang umumnya berkaitan dengan alam, keuangan dan keamanan. Banyak sekali perusahaan rekreasi alam terbuka menggunakan warna hijau untuk mendorong alam yang harmonis datang dalam produk mereka.



Bagi kamu yang ingin mendesain logo untuk perusahaan peralatan kemah, perawatan pekarangan, keuangan atapun makanan yang berhubungan dengan kesehatan, dapat menggunakan warna hijau dengan efektif dalam logonya.

  • Putih



Putih memberikan aura kebebasan dan keterbukaan. Rumah sakit dan pekerja rumah sakit menggunakan warna putih untuk menciptakan kesan steril. Namun, terlalu banyak banyak warna putih dapat memberikan rasa sakit kepala dan kelelahan mata karena cahaya yang dipantulkan. Putih adalah warna yang murni, tidak ada campuran apapun. Seringkali warna ini dianggap sebagai warna yang menimbulkan efek suci dan bersih. Ketika kita ingin membuat desain yang simple dan minimalis, menggunakan warna putih adalah langkah yang tepat.

  • Ungu

Warna ini membawa perasaan damai dan saling memahami. Dari kelompok warna-warna lain radian warna violet ini dipercaya akan menghambat perkembangan tumor. Nafsu makan tidak terkendali bisa dikendalikan oleh warna ini. Warna ini juga dikatikan dengan spiritualitas, intuisi, kebijaksanaan, penguasaan, kekuatan mental dan fokus. Ungu adalah warna yang memberikan kesan spiritual, kekayaan dan kebijaksanaan yang kebanyakan di dominasi warna ungu. Ungu juga warna yang unik karena sangat jarang kita lihat di alam. Dengan menggunakan warna ungu kita bisa memberikan kesan unik pada desain logo kita, baik kita menggunakan secara dominan atau hanya sebagai aksen saja.



Warna ungu pada desain logo sering digunakan untuk hal hal yang bersifat keunikan dan inovasi. Warna ungu selalu dihubungkan dengan perusahaan kecantikan, perhiasaan dan fashion. Itulah alasannya kenapa warna ungu lebih banyak disukai oleh wanita.

  • Hitam

Hitam adalah warna yang gelap, suram, menakutkan tetapi elegan. Karena itu elemen apapun jika di taruh di atas background hitam akan terasa lebih bagus (misalnya, pada waktu menampilkan foto, portfolio atau produk).

Jika kamu ingin mendesain logo dan menunjukkan kekuatan kamu, cobalah untuk menggunakan sedikit warna hitam pada logo yang akan kamu buat. Hitam adalah dominasi utama dan finalitas utama. Semakin besar kamu ingin memberikan kesan kekuatan perusahaan kamu, semakin banyak pula warna hitam yang digunakan dalam logo kamu. Contohnya saja Nike. Dengan symbol checklist dan warna yang full hitam, membuat orang-orang yang menggunakan produknya merasa lebih kuat.

  • Kombinasi Warna



Yang terakhir adalah kombinasi warna. Diantara warna-warna dasar yang sudah dijelaskan di atas, kali ini terdapat warna kombinasi desain logo yang merupakan pengembangan dari warna logo itu sendiri. Logo yang memakai kombinasi akan terlihat lebih ceria, menawarkan kemudahan serta memiliki fleksibilitas yang tinggi. Desain logo yang memakai kombinasi warna, lebih banyak dipakai oleh perusahaan penyedia jasa internet dan software.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar