Tips Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat


Tips Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat
Kantung mata merupakan masalah yang biasa dialami oleh banyak orang. Nah biasannya kantung mata dialami oleh mereka yang sering kurang tidur atau begadang, sering bekerja terlalu lama di depan komputer, kurang minum air putih dan bekerja lebih dari delapan jam sehari.

Penyebab timbulnya kantung mata ada berbagai macam. nah kantung mata yang tiba-tiba muncul biasanya disebabkan karena kurang tidur, kebanyakan tidur, terlalu lama bekerja didepan komputer, kurang minum air putih dan banyak makan makanan asin (garam/natrium).

Dalam beberapa kasus penyebab kantung mata bisa karena genetik atau keturunan dan proses penuaan. Yang menjadi permasalahan pada kantong di bawah mata ini biasanya hanya masalah kosmetik semata dan jarang disebabkan oleh kondisi medis yang serius. Namun biasanya dokter akan mendeteksi dan menyingkirkan kemungkinan penyebab lain yang dapat berkontribusi terhadap pembengkakan, seperti masalah ginjal atau tiroid, infeksi, atau alergi.

Banyak dikalangan masyarakat khusunya bagi mereka pekerja keras yang hampir lebih dari 10 jam untuk berkerja sehingga merelakan untuk mengurangi tidur, kebanyakan dari mereka memiliki kantung mata yang hitam atau yang biasa disebut dengan mata panda. Terkadang dengan adanya kantung mata yang hitam yang mengelilingi lingkaran kedua mata membuat seseorang itu terlihat tidak segar dan tak jarang mereka menjadi kurang percaya diri untuk keluar rumah.

Baca juga artikel : Jenis makanan dan Manfaat Vitamin E Bagi Tubuh Manusia

Apa Sih Penyebab Adanya Kantung Mata?


  • Faktor Genetik

Penyebab yang pertama adanya kantong mata adalah faktor genetik. Lingkaran hitam di bawah mata ini lebih sering muncul pada mereka yang memiliki kulit hitam dan penduduk Asia pada umumnya. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan melanin yang lebih tinggi pada kulit.
Kantung mata juga dapat dipengaruhi oleh bentuk wajah, struktur tulang, kondisi kulit seperti eksim atopik, maupun penuaan. Saat tubuh menua, kulit kehilangan kolagen dan menipis sehingga urat darah halus menjadi lebih jelas terlihat.


  • Pola tidur yang tidak teratur, baik kurang maupun terlalu banyak tidur

Penyebab yang kedua adalah pola tidur yang tidak teratur. Mengapa? Sebab jika kamu tidak tidur dengan teratur, hal ini akan memicu stres dan akan mengganggu kesehatan kulit. Tidak hanya itu saja, jika kamu kurang tidur, hal ini akan membuat matamu menjadi lelah dan wajahmu tidak fresh sehingga akan menjadi penyebab timbulnya kantung mata dan lingkaran hitam. Tidak hanya karena kurang tidur saja, jika kamu terlalu berlebihan untuk tidur, hal ini akan membuat matamu menjadi bengkak. Maka dari itu pola tidur yang baik akan mempengaruhi keseluruhan tubuh kamu, sehingga sebaiknya jagalah pola tidurmu menjadi teratur ya.

  • Kurang vitamin dan nutrisi

Penyebab yang ketiga adalah tubuhmu yang kekurangan vitamin dan nutrisi. Tahukah kamu bahwa jika kamu kekurangan vitamin B, E, C, dan K hal ini akan dapat memunculkan kantung mata? Vitamin-vitamin ini ternyata diperlukan dalam kerja kelenjar adrenalin. Nah jika kelenjar tersebut kelelahan akibat stres, konsumsi kafein, gula, dan alkohol berlebihan, penyerapan vitamin jadi berkurang sehingga wajah terlihat bengkak dan kantung mata muncul.

Nah, jadi untuk mencegah timbulnya kantung mata sebaiknya kamu mengurangi makanan berlemak dan goreng-gorengan serta rajinlah mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Juga kurangi konsumsi garam karena dapat menyebabkan tubuh kehilangan air sehingga pembuluh darah di bawah kulit tampak lebih biru.

  • Alergi

Penyebab yang selanjutnya adalah karena alergi. Lingkaran hitam dapat disebabkan oleh alergi musiman seperti alergi sari bunga, makanan, kosmetik, dan alergen lainnya yang ada di rumah maupun tempat kerja. Alergi dapat menimbulkan peradangan yang memperbesar pembuluh nadi kecil di bawah mata.

Pembuluh nadi yang bengkak ini menekan kulit di area mata yang tipis sehingga warnanya menjadi jelas terlihat. Konsultasikan jenis alergi kamu ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat.
Jangan mengucek matamu saat merasa gatal atau iritasi. kamu justru akan merusak pembuluh kapiler kecil yang dapat menyebabkan kulit sekitar mata bengkak dan berubah warna. Menggaruk dan menggosok mata juga dapat menstimulasi melanocytes (sel penghasil melanin) untuk menggelapkan pigmen di area tersebut.

  • Menangis

Seperti yang kita semua tahu bahwa menangis dapat menyebabkan munculnya kantung mata. Mengapa demikian? Ya, hal ini dikarenakan penumpukan cairan di kelenjar kecil area kelopak mata. Nah, tapi kantung mata ini biasanya akan hilang dengan sendirinya, atau bisa dikompres air dingin agar lebih cepat kempis.

  • Penuaan

Penyebab yang adanya kantung mata terakhir adalah penuaan. Mengapa demikian? Penuaan dapat menimbulkan kantung mata karena seiring bertambahnya usia, otot dan struktur jaringan di sekitar mata melemah. Kulit juga akan mulai mengendur dan cairan akan mulai berkumpul di bagian bawah mata. Selain itu, lemak yang berada di sekitar mata juga akan bergerak ke daerah sekitar bawah mata sehingga terlihat bengkak atau muncul kantung mata. Perubahan ini bertambah seiring waktu dan tidak bersifat sementara.

Bagaimana Sih Cara Menghilangkan kantung Mata?

Banyak cara untuk dapat menghilangkan kantung mata. Berikut ini merupakan tips alami dan cepat untuk menghilangkan kantung mata.

  • Kentang

Cara menghilangkan kantung mata yang pertama adalah dengan menggunakan kentang. Kentang adalah salah satu bahan alami yang tidak hanya biasa dikonsumsi sebagai makanan, melainkan juga berkhasiat untuk mengatasi masalah pada kulit termasuk menghilangkan kantung mata.

Kok bisa? Ya, sebab tenyata kentang memiliki kandungan enzim katekolase dan antioksidan yang mampu mengembalikan kesegaran kulit serta mencerahkan daerah sekitar mata.
Nah berikut ini merupakan cara menghilangkan kantung mata dengan kentang.

  1. Letakkan dan oleskan potongan kentang yang telah dibersihkan sebelumnya pada area sekitar mata
  2. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian basuh dengan air hangat

Jangan lupa untuk mengulangi perawatan ini setiap hari hingga kantung mata menghilang
kamu juga dapat membuat masker kentang dengan cara memarut kentang dan mencampurnya dengan madu. Oleskan masker tersebut pada daerah mata selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.
Selain mengoleskan langsung, masker kentang juga dapat digunakan untuk mengompres mata yang lelah dengan meletakkannya pada sehelai kain dan meletakkannya pada daerah sekitar mata.


  • Kompres dengan es batu

Pernahkah kamu melihat film tinju? Nah, biasanya ketika waktu jeda, wajah si petinju akan dikompres dengan menggunakan waslap dingin yang telah dicelupkan di dalam air es. Menurut penelitiani, ternyata sifat es yang dingin mampu memberikan kesegaran kulit. Dengan demikian, es batu terbukti cukup efektif untuk menghilangkan mata panda.
Cara mengatasi kantung mata dengan es batu:

  1. Siapkan es batu secukupnya
  2. Ada 2 cara yang bisa dilakukan yakni megoleskan langsung dan menggunakan bantuan waslap
  3. Apabila sudah cukup parah, kamu dapat mengoleskan es batu secara langsung.



  • Masker bengkoang

Yang terakhir adalah dengan cara membuat masker dari bengkoang. Nah masker bengkoang ternyata diperkaya dengan kandungan vitamin C dan B1 yang cukup tinggi. Sehingga hal ini bermanfaat untuk memutihkan kulit secara alami dan kandungan air di dalamnya yang tinggi juga dipercaya dapat membantu menghilangkan kantung mata secara alami.
Cara menghilangkan mata panda dengan bengkoang:

  1. Haluskan 1 buah bengkoang yang sudah dikupas, kamu bisa memarutnya
  2. Gunakan halusan bengkoang tadi sebagai masker wajah selama 30 menit
  3. Tapi sebelum menggunakan pastikan wajah kamu bersih dari kotoran
  4. Diamkan sampai meresap, lalu bilas dengan air dingin.
  5. Bila dilakukan rutin, kulit kamu pun akan lebih cerah berseri.



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar