Tips Diet Sehat Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat dan Tepat


Tips Diet Sehat
Kamu mau tahu bagaimana cara melakukan diet yang tepat? Sebenarnya banyak sekali cara yang bisa kamu gunakan untuk melakukan diet, kamu bisa mendapatkan informasi melalui internet, majalah, bahkan bisa dari orang terdekat kamu yang sudah berpengalaman. Nah artikel kali ini akan membahas bagaimana sih cara diet yang tepat. Yuk simak informasinya!

Kamu mau melakukan diet? Sebenarnya kamu pasti pernah mencoba berbagai tips diet dari berbagai sumber, tetapi mungkin jarang dari informasi tersebut yang berhasil alias gagal. Apa sih penyebabnya? Penyebab gagalnya program diet atau program penurunan berat badan tersebut sebenarnya juga sangat umum bahkan terbilang sepele. Biasanya dikarenakan kurang siap mental, tidak konsisten, serta sering melanggar pantangan-pantangan diet yang sedang kamu jalankan.

Jadi sebenarnya kamu bisa melakukan diet dari informasi manapun, asalkan kamu memiliki keinginan yang kuat dari dalam diri kamu sendiri. Nah bagaimana sih cara diet yang benar? Cara diet yang benar dan tepat adalah dengan mempertahankan keseimbangan nutrisi yang kita butuhkan seperti mineral maupun vitamin. Jadi nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita tidak boleh dihilangkan begitu saja karena dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Menurut para pakar kesehatan setengah hingga satu kilogram per minggu adalah jumlah penurunan berat badan yang direkomendasikan. Setengah kilogram lemak mengandung sekitar 3.500 kalori. Maka untuk mengurangi setengah kilogram per minggu, jadi kamu hanya perlu membakar setidaknya 3.500 kalori per minggu atau 500 kalori per hari.

Baca juga artikel : Manfaat Buah Mangga

Apa Saja Sih Kesalahan yang Biasanya Dilakukan Oleh Orang yang Sedang Diet?

Nah berikut ini merupakan kesalahan yang biasa dilakukan oleh kamu yang tidak mengetahui atau tidak paham tentang cara diet sehat dan alami. Yuk simak berikut ini.

  • Sengaja melewatkan makanan utama

Dengan kamu melewatkan makanan utama justru kamu cenderung akan ngemil makanan-makanan ringan di sela waktu makan utama.

  • Menyepelekan kandungan makanan ringan

Bagi kamu yang sedang menerapkan program diet, jangan sekali-kali menyepelekan kandungan makanan ringan. Sebab ada beberapa cemilan yang jumlah kalorinya ternyata sangat banyak. Jadi jangan lupa memeriksa label nutrisi sebelum ngemil ya.

  • Mengonsumsi minuman yang mengandung kalori banyak

Niatnya kamu memang menghindari makanan berkalori tinggi dan beralih ke minuman manis seperti kopi dengan krim ataupun minuman soda. Padahal minuman-minuman semacam itu jumlah kalorinya tidak kalah dibandingkan dengan makanan yang berusaha kamu hindari.

  • Mengurangi konsumsi air putih karena mengira hal itu akan membuat kamu gemuk

Hal ini adalah opini yang salah, yang sebenarnya adalah air mineral sangat penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh kamu.

  • Menetapkan target berat badan turun yang tidak realistis

Kita ambil contoh misalnya kamu berniat untuk mengurangi berat badan 5 kilogram seminggu. Hal ini malah akan memicumu untuk melakukan segala cara agar berat badan turun termasuk cara diet tak sehat. Akhirnya kamu bisa stress dan makan lebih banyak.

Bagaimana Sih Tips Yang Baik Untuk Melakukan Program Diet?


  • Program Diet

Langkah pertama bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan adalah kamu harus mencari program diet yang paling cocok dan nyaman untuk diri kamu sendiri. Pilihlah program diet yang paling memungkinkan untuk kamu lakukan, yang cocok dan yang tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Seperti yang kita tahu bahwa ada banyak sekali metode-metode diet sehat yang bisa digunakan, misalnya seperti diet mayo, OCD, program diet konvensional, dan sebagainya.

  • Jangan lupakan serat

Cara diet yang tepat selanjutnya adalah dengan tidak melupakan serat yang berasal dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan atau dari biji-bijian.

Pada saat melakukan diet, kamu harus mulai mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, serta kacang-kacangan setiap hari.  Mengapa demikian? Karena makanan-makanan tersebut banyak mengandung antioksidan, vitamin C, dan kalium yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

  • Mengonsumsi Banyak Air Putih

Bagi kamu yang sedang melakukan diet, jangan lupa untuks elalu menonsumsi air putih yang banyak. Para praktisi kesehatan selalu menganjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi banyak air putih, yaitu minimal 8 gelas perhari. Kenapa sih harus mengonsumsi banyak air putih? Karena dengan kamu memperbanyak minum air putih setiap hari, kamu dapat mengurangi resiko dehidrasi, selain itu juga efektif untuk menurunkan berat badan karena lambung akan penuh sehingga kamu akan merasa kenyang meskipun tidak makan.

  • Berolahraga Secara Teratur

Nah, sekalipun kamu sedang diet dengan program makan yang ketat, kamu harus tetap berolahraga. Hal ini bertujuan untuk membakar kalori yang sudah menumpuk di dalam tubuh kamu. Lakukan aktivitas olahraga sederhana ini minimal 4 kali dalam seminggu. Olahraga yang kamu lakukan pun tidak perlu aktivitas yang berat. Lakukan saja jogging, sit up, push up, yoga, atau kegiatan olahraga ringan lainnya.

  • Mengonsumsi Makanan Yang Mampu Membakar Lemak Dalam Tubuh

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang efektif untuk membakar lemak dalam tubuh kamu secara cepat. Yuk simak berikut ini.

  • Buah berry

Ada beberapa jenis buah berry yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu bluberry, raspberry, dan strawberry. Semua jenis buah berry ini rendah kalori dan mengandung flavonoid sehingga cocok dikonsumsi untuk program diet. Selain itu buah ini juga mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

  • Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan protein dan rendah kalori sehingga banyak praktisi kesehatan yang menganjurkan untuk mengkonsumsi telur saat diet.

  • Yogurt

Yogurt meryupakan salah satu makanan sehat yang kaya akan vitamin dan rendah lemak. Jika mengkonsumsi yogurt secara rutin setiap hari dapat menurunkan kadar lemak dalam perut sebanyak 81%.

  • Teh hijau

Minuman yang banyak dikonsumsi oleh mayoritas orang adalah teh, namun jenis teh yang efektif untuk menurunkan berat badan yaitu teh hijau atau biasa disebut dengan teh olong. Teh hijau mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga pembakaran lemak dalam tubuh lebih cepat. Jadi jika kamu ingin menurunkan berat badan secara cepat maka konsumsi teh hijau secara teratur setiap hari untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.

  • Mengganti Karbohidrat Biasa Dengan Karbohidrat Kompleks

Seperti yang kita ketahui bahwa karbohidrat merupakan sumber energi dan gula bagi tubuh sehingga tubuh membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup. Biasanya karbohidrat dapat kita dapatkan dari nasi, mie, dan lainnya. Ternyata makanan itu sulit untuk diserap oleh tubuh sehingga menumpuk menjadi lemak. Oleh karena itu gantilah karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah, kacang-kacangan, sereal, dan lainnya karena lebih mudah diserap oleh tubuh menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

  • Memperhatikan Pola Makan Malam

Nah bagi kamu yang ingin melakukan diet, sebaiknya hindari ngemil atau makan pada malam hari,  makanlah 4 – 6 jam sebelum tidur. Mengapa demikian? Karena jika makan dan kamu langsung tidur, makanan tersebut nantinya akan ditimbun menjadi lemak.

Tetapi jika kamu tetap ingin makan malam, kamu hanya perlu memperhatikan pola makan malamnya. Biasanya pada malam hari tubuh tidak banyak melakukan aktivitas sehingga hanya membutuhkan asupan energi dan gula dalam jumlah yang kecil. Jadi atur pola makan malam kamu dengan memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah, selain itu juga hindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan jika tidak ingin perut kamu menjadi besar.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar