Perbedaan Budaya Timur dan Barat Beserta Contohnya


Perbedaan Budaya Timur dan Barat - artikelmanfaat.com
Barat dan Timur tidak hanya berbeda dari sisi geografis, namun secara kultur atau budaya orang-orangnya juga memiliki kebudayaan tersendiri. Apa yang dianggap lumrah bagi orang Barat, bagi orang Timur bisa sangat berbeda.

Orang-orang Barat dan Timur memiliki banyak sisi perbedaan sebagaimana kebudayaan mereka. Untuk memahami lebih lanjut tentang perbedaan budaya orang Barat dan Timur, silakan simak artikel ini hingga paragraf terakhir.

Pengertian Budaya


Budaya memiliki makna dan fungsi tersendiri. Budaya (disebut juga kebudayaan) berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi, dan akal manusia.

Baca juga artikel: Pengertian Hak Cipta dan Hak Paten

Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin, Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan menjadi "kultur" dalam bahasa Indonesia.

Definisi Budaya


Budaya adalah suatu gaya hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang yang diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak elemen yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, pakaian, bangunan, hingga karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian yang tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang yang menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya, dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, hal tersebut sejatinya membuktikan bahwa budaya itu dipelajari. Budaya merupakan suatu pola hidup menyeluruh. Budaya memiliki sifat yang kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar, dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Perbedaan Budaya Barat dan Timur


Perbedaan kebudayaan antara barat dan timur dicerminkan oleh banyak faktor yang sekaligus menjadi ciri masing-masing dalam berpola hidup. Banyak hal yang mana bagi orang barat dianggap umum ternyata menjadi sangat tidak etis bagi orang timur. Hal tersebut membuktikan, bahwa antara barat dan timur memiliki perbedaan kebudayaan dan kebiasaan-kebiasaan tertentu dalam berpola hidup.

Kebudayaan Barat (Western Culture)


Kebudayaan Barat adalah himpunan sastra , sains, politik, serta prinsip-prinsip artistik dan filosofi yang membedakannya dari peradaban lain. Rangkaian tradisi dan pengetahuan tersebut pada umumnya telah dikumpulkan dalam konon barat. Istilah ini juga telah dihubungkan dengan Negara-negara di benua Amerika  dan Australia, orang Eropa dianggap sebagai penyumbang unsur asli Kebudayaan Barat.

Pembinaan kebudayaan ini kesadarannya dengan cara memahami ilmu pengetahuan dan filsafat. Merea melakukan berbagai macam cara diskusi dan debat untuk menemukan atau menentukan makna seperti apa yang sebenarnya murni /asli dari kesadaran. Mereka banyak belajar dan juga mengajar yang awalnya datang dari proses diskusi dan perdebatan yang mereka lakukan. Melalui proses belajar dan mengajar, para ahli kebudayaan barat dituntut untuk pandai dalam berceramah dan berdiskusi. Hal itu dilakukan karena pada akhirnya akan banyak yang mengikuti ajarannya.

Kebudayaan Timur (Eastern Culture)


Kebudayaan Timur adalah lawan dari kebudayaan barat, dimana orang Timur mempunyai manner yang khas yang membedakannya dengan bangsa lain. Bangsa timur sangat terkenal dengan hospitality atau keramahtamahannya terhadap orang lain bahkan orang asing sekalipun.  Bagaimana mereka saling memberikan salam, tersenyum atau berbasa basi menawarkan makanan atau minuman. Bangsa Timur juga sangat menjunjung tinggi nilai-nilai atau norma-norma yang tumbuh di lingkungan masyarakat mereka. Salah satu contohnya adalah berkaitan dengan nilai kesopanan.

Pembinaan kebudayaan ini kesadarannya dengan cara melakukan berbagai macam pelatihan fisik dan mental. Pelatihan fisik dapat dicontohkan dengan cara menjaga pola makan dan minum ataupun makanan apa saja yang boleh dimakan dan minuman apa saja yang boleh di minum, karena hal tersebut dapat berpengaruh pada pertumbuhan maupun terhadap fisik. Sedangkan untuk pelatihan mental yaitu dapat berupa kegiatan yang umumnya dilakukan sendiri, seperti bermeditasi, bertapa, berdo’a, beribadah, dan lain sebagainya.

Contoh Perbedaan Budaya Barat dan Timur


Seperti sudah diketahui, barat dan timur memiliki banyak sekali sisi perbedaan dari sisi budaya, dan berikut ini adalah beberapa contoh perbedaan kebudayaan barat dan timur:

Budaya Barat


  • Lebih selektif dalam banyak hal
  • Disiplin tinggi
  • To the point
  • Lebih bersikap terbuka

Budaya Timur


  • Memiliki solidaritas tinggi
  • Menghargai orang lain
  • Sangat mengedepankan etika
  • Respek terhadap yang lebih tua
  • Memegang teguh nilai adat-istiadat

Perbedaan Budaya Indonesia dengan Barat


Gambaran tentang perbedaan budaya antara orang Indonesia dengan orang barat diantaranya adalah sebagaimana diulas dibawah ini.

▪ Opini

Orang Indonesia cenderung berbelit-belit dalam menyampaikan argumentasi mereka dimana sebenarnya maksudnya tidaklah serumit argumen yang disampaikannya.

Orang barat lebih to-the-point dalam penyampain argumen.

▪ Waktu

Indonesia dikenal dengan jam karet atau kurang menghargai waktu

Sedangkan orang barat sangat menjaga kedisiplinan (on time)

▪ Gaya Hidup

Pada umumnya orang Indonesia akan lebih nyaman apabila tetap dekat dengan kerabat terutama keluarga.

Kondisinya sangat berbeda dengan orang barat seperti orang Amerika, yang mana mereka cenderung individualis.

▪ Relasi

Sangat bersosial dan menjalin hubungan lebih komplek, hingga social media pun dijadikan sebagai platform untuk bersosialisasi.

Sementara orangbBarat lebih individualis, sangat jarang menjalin hubungan dengan orang lain, kecuali dengan adanya maksud-maksud atau kepentingan tertentu.

▪ Acara / Perayaan

Jika ada suatu acara, banyak orang Indonesia lebih suka mengundang seluruh kerabat serta teman dan orang-orang yang dikenalnya. Semisal dalam acara pernikahan, membuat undangan dengan jumlah cukup banyak.

Untuk orang-orang barat, apabila mereka melangsungkan suatu acara, hanya kerabat, keluarga serta beberapa teman dekat saja yang diundang.

▪ Respon terhadap sesuatu yang baru

Di Indonesia, apabila ada barang baru, contohnya gadget, dikarenakan orang Indonesia cenderung konsumtif maka mereka akan membeli barang tersebut untuk memenuhi rasa ingin tahu.

Berbeda dengan orang barat, ketika ada sesuatu yang baru, tidak serta merta ingin tahu dan  ingin memiliki atau memilikinya, hanya sekedar ingin tahu saja.

▪ Trendi

Jika orang barat lebih senang dengan sesuatu yang berbau traditional dan alami.

Kebalikannya, orang Indonesia belum disebut trendi kalau tidak bergaya ke barat-baratan, contoh : orang Indonesia lebih merasa gengsi kalau makan di tempat fast food, padahal dinegara asalnya makanan tersebut bisa dibilang makanan biasa saja.

▪ Transportasi

Dulunya di sebagian negara barat seperti di Amerika dominan menggunakan mobil. Sekarang, lebih dominan menggunakan sepeda, karena faktor pentingnya kesehatan.

Berbeda dengan orang timur, kalau dulu dominan menggunakan sepeda. Sekarang, sudah harus pakai mobil, kalau mampu menggunakan jasa supir pribadi.

▪ Saat di tempat makan

Ketika sedang berada di tempat makan. Orang barat cenderung bersikap tertib jika sedang makan.

Sementara orang Indonesia, tidak jarang kita temui mereka makan dengan mengobrol hingga susananya menjadi gemuruh serta membuang-buang waktu.

Sanggahan:

Artikel ditulis berdasarkan sudut pandang pribadi penulis. Beberapa poin tersebut diatas mungkin tidak atau kurang relevan dengan kondisi yang sesungguhnya karena kesalahan persepsi oleh penulis.

Demikian artikel tentang perbedaan budaya Barat dan Timur beserta beberapa contoh perbedaannya, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar