Penyebab, Gejala dan Makanan yang Dapat Menyembuhkan Mata Minus


Penyebab, Gejala dan Makanan yang Dapat Mengilangkan Mata Minus
Untuk kamu yang memiliki mata minus, tentunya akan mencari cara untuk menghilangkan hal ini agar dapat kembali normal. Artikel kali ini akan membahas tentang hal tersebut. Yuk simak berikut ini.

Menderita mata minus memang membuat beberapa hal menjadi terbatas seperti contohnya berolahraga.  Namun hal ini bisa disembuhkan melalui makanan. Nah, artikel ini akan membahas makanan apa saja yang dapat menghilangkan mata minus.

Mata minus atau rabun merupakan suatu keadaan dimana kita tidak dapat melihat suatu objek secara jelas. Untuk mata minus sendiri dapat digolongkan menjadi dua yaitu mata minus rabun jauh dan rabun dekat. Mata minus abun jauh adalah kelainan pada mata yang tidak mampu melihat dengan baik benda atau objek dengan jarak yang jauh.

Baca juga artikel : Cara Menghilangkan Strechmark

Penyebab Mata Minus

Berikut ini merupakan penyebab mata minus, antara lain:

  • Stres mata
Tidak hanya pikiran, ternyata mata juga dapat mengalami stres. Stres mata ini dapat ditimbulkan karena aktivitas yang terlalu banyak menggunakan penglihatan pada jarak dekat. Membaca dan menggunakan komputer adalah salah satunya atau yang lebih sederhananya lagi, pada era digital ini, penggunaan gadget yang berlebihan. Hal ini yang perlu diwaspadai.

  • Keturunan
Telah disinggung sebelumnya jika faktor keturunan dapat menjadi penyebab seseorang mengalami mata minus. Seseorang yang memiliki orang tua dengan mata minus, akan berisiko lebih tinggi mengalami mata minus. Biasanya mata minus diperoleh melalui keturunan akan mulai dirasakan sejak masa pertumbuhan dan dapat bertambah parah hingga usia dewasa.

  • Kebiasaan buruk
Mungkin hal yang satu ini sering kurang disadari. Sering melakukan kebiasaan yang dapat mengakibatkan mata lelah seperti membaca sambil tiduran atau menonton televisi dalam jarak yang terlalu dekat. Jika ingin mata tetap sehat, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut.

  • Pola makan yang buruk
Memiliki tingkat kesibukan yang tinggi karena pekerjaan atau rutinitas sehari-hari, hal ini dapat menyebabkan seseorang kurang memperhatikan atau menjaga konsumsi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Padahal zat gizi yang terdapat pada makanan adalah salah satu penentu tubuh untuk mendapatkan asupan yang dibutuhkan untuk selalu dalam kondisi sehat.

Gejala Mata Minus

Beberapa gejala mata minus yang dapat dirasakan adalah sebagai berikut:

  • Penglihatan kabur ketika melihat jarak jauh
Penglihatan menjadi tidak jelas saat melihat benda dengan jarak jauh atau sulit untuk mengenali wajah orang yang menyapa dari jarak jauh Jika itu terjadi, sebagian orang pasti bereaksi dengan menyipitkan mata agar dapat melihat dengan lebih jelas. Jika hal ini sering dialami, kemungkinan mengalami rabun jauh atau mata minus.

  • Daya penglihatan memburuk terutama ketika malam hari
Jika merasakan adanya perbedaan daya penglihatan atau penurunan kemampuan mata di malam hari, lebih baik segera periksa ke dokter karena kemungkinan hal tersebut adalah sebagai tanda mata minus. Memburuknya daya penglihatan di malam hari ini, biasanya menjadi sangat jelas dirasakan ketika berada di ruang terbuka dengan cahaya yang tidak terlalu terang. Contohnya ketika kamu sedang berada di jalan dan melihat papan iklan namun tidak bisa membaca tulisannya dengan jelas.

  • Pusing dan sakit kepala
Gejala kepala sering pusing dan sakit kepala dapat disebabkan salah satunya oleh mata lelah. Jika hal tersebut sering terjadi, ada kemungkinan terkena rabun jauh karena mata lelah merupakan salah satu pemicu gangguan penglihatan.

Makanan Yang Dapat Menyembuhkan Mata Minus

Setiap hari kita mengkonsumsi berbagai macam makanan untuk menghasilkan energi pada tubuh. Tahukan kamu bahwa ada beberapa bahan makanan yang dapat menyembuhkan mata minus? Mungkin beberapa ada yang menjadi favorit kamu atau bahkan menjadi yang paling kamu tidak sukai. Adapun bahan makanan yang dapat digunakan untuk menyembuhkan mata minus antara lain:

  • Wortel
Siapa saja mungkin sudah mengetahui bahwa wortel mengandung betakaroten yang tinggi. Warna orange yang khas membuat kamu merasa tertarik untuk mengkonsumsinya. Sayuan yang satu ini dapat diolah menjadi makanan lezat dan juga dapat dijadikan jus sayur yang segar. Cara menyembuhkan mata minus dengan wortel harus memperhatikan cara pengolahan. Jika terlalu lama memanaskannya, maka kandungan vitamin A pada wortel dapat hilang.

  • Alpukat
Buah yang kaya akan manfaat ini mengandung zat lutein yang sangat tinggi. Manfaat zat tersebut memang secara tidak langsung untuk kesehatan mata. Namun, perannya yang membantu proses penyerapan beta karoten sangat baik dilakukan sehingga mengkonsumsi buah alpukat juga dianjurkan sebagai cara menyembuhkan mata minus. Kamu dapat mengkonsumsinya dengan cara dibuat menjadi jus buah yang segar.

  • Ikan Salmon
Sudah banyak masyarakat yang mengetahui bahwa ikan salmon mengandung omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan, termasuk salah satunya menjaga kesehatan mata. Meskipun harganya mahal, jenis ikan yang satu ini tetap menjadi primadona di masyarakat. Kamu dapat membuat berbagai macam hidangan dengan menggunakan ikan salmon. Menyembuhkan mata yang minus dengan ikan salmon ada baiknya jika memasaknya tanpa menggunakan minyak.

  • Aneka jenis beri
Berbagai jenis beri seperti stroberi, cranberry, raspberry, dan blueberry adalah makanan yang baik untuk kesehatan mata. Buah-buahan yang umumnya berasa asam ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C juga berperan dalam menjaga kesehatan mata.

  • Bayam
Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan lutein dan zeaxanthin. Selain itu, bayam juga diperkaya dengan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan membantu terhindar dari penyakit glaukoma.

  • Brokoli
Kandungan nutrisi pada brokoli adalah lutein dan zeaxanthin untuk melindungi mata dari efek buruk sinar matahari dan radikal bebas. Brokoli dapat diolah menjadi sup atau tumisan. Jika merasa jenuh dengan menu tersebut, sayuran ini juga dapat digoreng dengan tepung seperti ketika membuat ayam krispi.

  • Daging merah
Daging merah khususnya daging sapi tanpa lemak mengandung zinc yang membantu tubuh kita untuk menyerap vitamin A sehingga kesehatan mata lebih terjaga. Bagi seseorang yang tidak termasuk vegetarian, konsumsi daging merah dalam jumlah yang cukup akan membantu untuk mendapatkan penglihatan yang sehat.

  • Belimbing
Ada dua jenis belimbing, yaitu belimbing wuluh dan belimbing buah. Belimbing wuluh biasanya dipakai sebagai bahan tambahan untuk menghasilkan rasa asam yang segar pada beberapa jenis masakan seperti sayur dan garang asem. Selain itu, belimbing wuluh ternyata dapat digunakan sebagai bahan manisan. Sedangkan belimbing buah dapat dikonsumsi secara langsung atau dibuat minuman berupa jus yang menyegarkan. Buah belimbing mengandung betakaroten yang dapat diubah menjadi retinol dan vitamin A.

  • Kacang polong
Kacang polong sering diolah menjadi masakan atau camilan yang gurih. Jenis kacang-kacangan ini mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan bagi tubuh. Nutrisi tersebut di antaranya vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, protein, seng, karoten, dan folat. Kandungan karotenoid pada kacang polong dapat membantu melindungi mata kamu.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar