Penyebab dan Cara Mengatasi Kutu Rambut


Penyebab dan Cara Mengatasi Kutu Rambut
Kutu rambut adalah sejenis parasit penghisap darah yang hidup di bagian kepala. Kutu dapat berkembang biak sangat cepat. Tahukah kamu berapa lama kutu berkembang biak? Jawabannya adalah enam kutu per harinya. Artikel kali ini akan membahas tentang penyebab kutu bisa berada di rambut seseorang serta cara mengobatinya.

Kutu rambut merupakan masalah yang sering dialami oleh banyak orang, terutama kaum wanita. Berbagai macam perubahan pola hidup yang dimudahkan dengan peralatan modern dapat menjadi penyebab utama munculnya kutu rambut. Adanya kutu pada bagian kulit kepala kerap sekali membuat para penderitanya menggaruk-garuk, terutama ketika kutu tersebut menghisap darah pada bagian kulit kepala. Jika kutu ini terus dibiarkan, maka kutu betina akan bertelur sebanyak enam buah sehari, dimana telur kutu nanti akan menetas kurang lebih 8 hari.

Kutu rambut termasuk kedalam masalah yang cukup serius, sebab kutu bisa loncat dan berpindah dari kulit kepala kita ke rambut orang lain. Dengan demikian, kita akan menularkan kutu tersebut kepada kerabat, teman, ataupun orang yang dekat dengan kita.

Nah, sebenarnya tidak semua kutu bisa dilihat dengan mata telanjang. Ada beberapa jenis yang memerlukan mikroskop jika kamu ingin melihatnya. Secara umum, kutu pada manusia berukuran 1-4 mm dengan kaki yang panjang dan warna tubuh kecoklatan atau hitam. Kutu menggigit kulit manusia bukan hanya di bagian kepala saja tetapi juga di tangan atau kaki.

Baca juga artkel tentang : Manfaat dan Jenis-Jenis Jamu

Bagaimana Cara Penularan Kutu Rambut?

Kutu rambut hanya diidap manusia dan hanya dapat menular antarmanusia saja. Parasit ini tidak dapat ditularkan pada hewan atau pun sebaliknya. Berikut ini adalah cara penularan kutu rambut.

  • Kontak langsung
Yang pertama adalah melalui kontak langsung. Bagaimana caranya? Nah, penularan ini terjadi ketika rambut seseorang bersentuhan dengan rambut penderita yang memungkinkan kutu rambut merayap dan berpindah tempat.

  • Kontak tidak langsung
Yang kedua adalah melalui kontak tidak langsung. Penularan ini terjadi melalui perantara benda yang dipakai bersama yang telah terkontaminasi kutu rambut atau telurnya. Contohnya sikat rambut, sisir, helm, topi, seprai, bantal, earphone, handuk, dan baju.

Kutu rambut tidak bisa terbang atau melompat dari satu kepala ke kepala orang lain. Infeksi kutu rambut tidak berkaitan dengan kebersihan rambut seseorang. Kemudian penularan kutu rambut lebih sering terjadi di dalam keluarga atau di kalangan anak-anak yang aktif berinteraksi dan melakukan kontak fisik dengan teman-teman sebayanya.

Baca juga artikel : Manfaat dan Jenis-Jenis Jamu

Apa Sih faktor Penyebab Munculnya Kutu Rambut?

  • Merawat Diri yang Kurang Higienis
Seperti yang kita tahu bahwa kutu sangat tidak menyukai sabun maupun zat kimia lainnya. Mengapa? Karena hal tersebut akan membunuh mereka. Nah itulah sebabnya kita harus rajin merawat kebersihan badan juga rambut dari polusi, keringat dan debu dari sekitar dengan bersih. Jangan ada shampo yang tersisa di rambut setelah kamu membilas rambut. Karena kotoran di kepala akan mengundang kutu rambut hinggap disana.

  • Kurangnya menjaga kebersihan tempat tidur
Nah salah satu penyebab lainnya adalah tempat tidur yang kotor dan lembab. Mengapa? Karena kutu menyukai tempat-tempat yang tidak bersih. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kebersihan tempat tidur seperti sprai, sarung bantal, guling, kasur, karpet dan lain sebagainya, sehingga bakteri-bakteri ataupun kutu tidak menempel disana. Selain itu bersihkan juga sisir rambut secara berkala dengan menggunakan air panas.

  • Salah dalam memilih shampoo
Kesalahan dalam memilih shampoo dapat berakibat rambut menjadi ketombean. Munculnya ketombe ini bisa menjadi faktor penyebab munculnya kutu pada rambut. karena itu perhatikan kegunaan shampoo agar kebersihan dan kesehatan rambut kita menjadi lebih terjaga.

  • Tertular dari orang lain
Kutu rambut dapat menular dengan berpindah dari rambut seseorang ke rambut orang lainnya. Dan saat kutu rambut tersebut berpindah, kutu tersebut akan membuat sarang baru untuk tumbuh dan berkembang biak. Oleh karena itu jangan menggunakan alat-alat perawatan tubuh seperti pakaian, topi, sisir, atau kerudung secara bergantian, khususnya sama orang yang rambutnya kutuan.

Bagaimana Ciri-Ciri Rambut Yang Terkena Kutu?

  1. Sering merasakan gatal pada rambut/ kulit kepala. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat pada air liur kutu kepala.
  2. Adanya tanda merah pada permukaan kulit kepala, kulit belakang telinga dan leher.
  3. Terdapat telur-telur kutu rambut dengan ukuran kecil dan berwarna putih yang menempel sangat kuat di rambut. Telur-telur kutu ini sekilas akan terlihat seperti ketombe, namun sangat sulit untuk dikeluarkan.

Bagaimana Cara mengatasi Kutu?

Cara penularan kutu ternyata sangat mudah, yaitu dari 1 orang ke orang yang lain, dengan menggunakan sisir yang sama, pakaian atau berada pada 1 tempat tidur yang sama. Oleh karena itu, jika kamu memiliki permasalahan ini, coba beberapa cara menghilangkan kutu rambut berikut ini untuk mengatasinya:

  • Minyak kelapa
Cara mengatasi kutu yang pertama adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Nah ternyata Selain untuk menghilangkan ketombe, minyak kelapa juga dapat membuat lemas kutu rambut hingga membunuhnya karena kandungan asam lemak jenuh yang dimiliki oleh minyak kelapa ini. Selain itu, kandungan vitamin E di dalamnya dapat menjaga kelembutan dan kesehatan kulit kepala dan rambut kamu.

Berikut ini adalah cara membuat ramuan dari minyak kelapa
  1. Ambilah 2 sendok makan minyak kelapa dan hangatkan sebentar.
  2. Oleskan pada kulit kepala dan lakukan pijatan lembut.
  3. Tutup kepala kamu dengan penutup rambut atau handuk dan biarkan semalaman.
  4. Bilas dan keramaslah dengan sampo keesokan harinya.
  5. Kamu dapat melakukan cara ini setiap hari hingga semua kutu di rambut Kamu mati.

  • Bawang putih
Bawang putih selama ini dikenal dapat menghilangkan bekas jerawat. Tetapi ternyata bawang putih memiliki khasiat lainnya, salah satunya adalah menghilangkan kutu rambut. Kok bisa? Ya, bawang putih ternyata memiliki kandungan sulfur yang tinggi, nah kandungan inilah yang telah terbukti dapat membunuh kutu rambut. Namun, bau yang kurang enak yang dikeluarkan oleh bawang putih ini yang membuat orang-orang tidak ingin menggunakannya.

Berikut ini adalah cara untuk membuat ramuan dari bawang putih.
  1. Ambil 5 siung bawang putih dan hancurkan hingga halus.
  2. Campurkan dengan 1 sendok makan air putih.
  3. Tiriskan bawang dengan penyaring untuk diambil sarinya saja.
  4. Oleskan sari bawang pada kulit kepala dan tutup kepala kamu selama + 2 jam.
  5. Selanjutnya bilas dengan menggunakan air hangat dan gunakan sampo.
  6. Lakukan cara ini setiap hari sampai seluruh kutu di rambut kamu menghilang.

  • Asam Cuka
Tahukah kamu bahwa asam cuka adalah cairan yang paling efektif dan telah terbukti dalam menghilangkan kutu rambut? Ya, asam cuka memiliki kandungan asam asetat yang begitu tinggi sehingga mampu membunuh kutu di rambut dengan cepat. Tidak hanya itu, asam cuka juga dapat meluruhkan telur-telur kutu yang menempel pada rambut. Nah, dibawah ini merupakan cara untuk membuat ramuannya.
  1. Ambilah 2 sendok makan cuka dan campurkan dengan 2 sendok makan minyak kelapa
  2. Kemudian oleskan campuran tersebut pada kulit kepala dan rambut kamu sebelum tidur
  3. Gunakan penutup rambut (shower cap) dan biarkan semalaman
  4. Bilas dan cuci rambut kamu sampai bersih
  5. Lakukan cara ini 2x seminggu selama 2 bulan dengan teratur

  • Lemon
Sama seperti asam cuka, lemon ternyata juga dapat menghilangkan kutu di rambut karena sifat asamnya yang dapat membunuh kutu dan telur yang menempel pada rambut. Nah bagaimana cara membuat ramuannya? Yuk simak dibawah ini.
  1. Ambilah 2 buah lemon, kemudian peras sarinya
  2. Campurkan dengan 100ml air bersih
  3. Tuangkan larutan lemon ke kulit kepala kamu secara merata dan diamkan selama 30 menit
  4. Kemudian bilas rambut kamu menggunakan air hangat
  5. Lakukan cara ini 2x seminggu secara teratur ya
  6. Dalam melakukan cara ini, kamu dapat mengkombinasikannya dengan bawang atau asam cuka untuk efek yang lebih kuat



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar