Pengertian MICE


Pengertian MICE
Bagi kamu yang masih asing mendengar kata MICE, apa pengertian MICE itu? Seperti apa kegiatan MICE? Dunia MICE memang belum banyak dikenal di masyarakat di Indonesia. Namun tahukah kamu bahwa MICE begitu penting untuk menjadikan Indonesia sebagai negara pariwisata terbesar di asia? Nah artikel kali ini akan membahas tentang dunia MICE.

Saat ini banyak masyarakat Indonesia belum mengetahui lebih dalam tentang MICE sehingga belum mengetahui pentingnya MICE untuk negara kita ini. Negara singapura memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya MICE untuk meningkatkan perekonomian negara mereka. Walaupun sebenarnya, destinasi yang ditawarkan tidak begitu banyak dibandingkan negara kita.

Lalu apa kunci keberhasilan mereka? Jawabannya adalah MICE. Suatu masyarakat dan pemerintahan yang mengerti akan pentingnya MICE, tentu negara tersebut akan berhasil dalam mendatangkan wisatawan mancanegara untuk datang. MICE adalah kunci untuk menaikkan brand suatu negara. Lalu apa pengertian MICE?

Baca juga artikel : Tips Mengetahui Seseorang yang Sedang Berbohong

Pengertian MICE

MICE adalah singkatan dari Meeting, Incentive, Convention and Exhibition. MICE adalah jenis kegiatan yang terdapat dalam industri pariwisata, kegiatan ini telah di rencakanan secara matang oleh suatu kelompok atau kumpulan orang yang memiliki kesamaan tujuan dalam penyelenggaran kegiatan tersebut. Dunia MICE merupakan dunia bisnis yang sangat menjanjikan namun masih sangat baru dalam masyarakat Indonesia sehingga belum banyak memiliki peminat seperti bisnis lainnya.

Menurut Pendit (1999:25), MICE diartikan sebagai wisata konvensi, dengan batasan: usaha jasa konvensi, perjalanan insentif, dan pameran. Merupakan usaha dengan kegiatan memberi jasa pelayanan bagi suatu pertemuan sekelompok orang (negarawan, usahawan, cendikiawan dsb) untuk membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan kepentingan bersama.

Sedangkan menurut Kesrul (2004:3), MICE sebagai suatu kegiatan kepariwisataan yang aktifitasnya merupakan perpaduan antara leisure dan business, biasanya melibatkan sekelompok orang secara bersama-sama, rangkaian kegiatannya dalam bentuk meetings, incentive travels, conventions, congresses, conference dan exhibition.

MICE di Indonesia

Kota-kota MICE di Indonesia antara lain Jakarta, Denpasar, Bandung, Ujung Pandang, Medan, Manado, Surabaya, Batam, Yogyakarta, Padang.

Perkembangan MICE di Bali sudah mencapai hasil yang cukup menggembirakan. Adanya elemen-elemen pariwisata terkait seperti Dinas Pariwisata Daerah Bali yang juga bekerjasama denganBali Hotel Association, INCCA (Indonesia Congress & Convention Association), ASITA, Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI), dan institusi serupa membuat Bali sebagai tujuan MICE di dunia selanjutnya. Hal ini terbukti dengan banyaknya event dunia yang diselenggarakan di Bali seperti UNFCC dan Bali Asian Beach Games yang berlangsung di Nusa Dua, Bali.

Disamping itu, perkembangan MICE di Bali telah menjamah sektor perhotelah di Bali, dimana hampir semua hotel berbintang 5 di Bali memiliki fasilitas standar meeting seperti meeting venue, dan departemen yang mengatur berlangsungnya kegiatan MICE di hotel tersebut. Biasanya MICE di organiser oleh Banquette Department.

  • Meeting

Menurut Menurut Kesrul (2004:8) Meeting adalah suatu pertemuan atau persidangan yang diselenggarakan oleh kelompok orang yang tergabung dalam asosiasi, perkumpulan atau perserikatan dengan tujuan mengembangkan profesionalisme, peningkatan sumber daya manusia, menggalang kerja sama anggota dan pengurus, menyebarluaskan informasi terbaru, publikasi, hubungan kemasyarakatan.

Menurut Kesrul (2004:3), “Meeting adalah suatu kegiatan kepariwisataan yang aktifitasnya merupakan perpaduan antara leisure dan business, biasanya melibatkan orang secara bersama-sama”.

  1. Diskusi
  2. Corporate meeting
  3. Seminar
  4. Workshop
  5. Symposium
  6. Forum
  7. Program training
  8. Assembly
  9. Press Conference
  10. Retreat
  11. Kuliah Umum
  12. Kelas

 Jadi, pengertian meeting adalah segala jenis bentuk pertemuan yang selalu melibatkan sekelompok orang dengan tujuan tertentu. Seperti misalnya pertemuan untuk memutuskan sebuah perjanjian.

  • Incentive
Merupakan pemberian penghargaan berupa perjalanan wisata ke suatu destinasi sebagai upaya peningkatan kapasitas maupun kapabilitas SDM perusahaan.

Dalam kontek MICE, penggunaan istilah incentive karena kecendrungan yang terjadi bahwa seseorang yang menghadiri sebuah event pertemuan, baik itu dalam konteks internasional, regional, nasional maupun dalam jenic association meetings maupun corporate meetings adalah orang-orang yang mendapatkan penghargaan khusus atau merupakan salah satu bentuk pemberian insentif dari associate maupun corporate.

Undang-undang No.9 tahun 1990 yang dikutip oleh Pendit (1999:27), Menjelaskan bahwa perjalanan insentive merupakan suatu kegiatan perjalanan yang diselenggarakan oleh suatu perusahaan untuk para karyawan dan mitra usaha sebagai imbalan penghargaan atas prestasi mereka dalam kaitan penyelenggaraan konvensi yang membahas perkembangan kegiatan perusahaan yang bersangkutan.
Menurut Nitisemito (1996:165), insentif adalah penghasilan tambahan yang akan diberikan kepada para karyawan yang dapat memberikan prestasi sesuai dengan yang telah ditetapkan.

Menurut Pangabean (2002 : 93, Insentif adalah kompensasi yang mengaitkan gaji dengan produktivitas. Insentif merupakan penghargaan dalam bentuk uang yang diberikan kepada mereka yang dapat bekerja melampaui standar yang telah ditentukan.

Menurut Kesrul (2004:18)
        Incentive merupakan hadiah atau penghargaan yang diberikan oleh suatu perusahaan kepada karyawan, klien atau konsume. Bentuknya bisa berupa uang, paket wisata atau barang.

Jadi, pengertian Incentive adalah merupakan bonus atau hadiah yang diberikan perusahaan kepada karyawan yang atas prestasi mereka dapat berupa : voucher, uang belanja dan incentive travelling.
Contoh dari Incentive :
  1. Voucher Akomodasi
  2. Paket Tour / Liburan
  3. Gala Dinner
Tujuan Pemberian Insentive :
Fungsi utama dari insentif adalah “untuk memberikan tanggungjawab dan dorongan kepada karyawan. Insentif menjamin bahwa karyawan akan mengarahkan usahanya untuk mencapai tujuan organisasi. Sedangkan tujuan utama pemberian insentif adalah untuk meningkatkan produktivitas kerja individu maupun kelompok (Panggabean, 2002 : 93)”.

Secara lebih spesifik tujuan pemberian Insentif dapat dibedakan dua golongan yaitu:
  • Bagi Perusahaan
Tujuan dari pelaksanaan insentif dalam perusahaan khususnya dalam kegiatan produksi adalah untuk meningkatkan produkstivitas kerja karyawan dengan jalan mendorong/merangsang agar karyawan :
  1. Bekerja lebih bersemangat dan cepat.
  2. Bekerja lebih disiplin.
  3. Bekerja lebih kreatif.
  • Bagi Karyawan
Dengan adanya pemberian insentif karyawan akan mendapat keuntungan :
  1. Standar prestasi dapat diukur secara kuantitatif.
  2. Standar prestasi di atas dapat digunakan sebagai dasar pemberian balas jasa yang diukur dalam bentuk uang.
  3. Karyawan harus lebih giat agar dapat menerima uang lebih besar.

  • Congress, Conference and Convention
“Conference” merupakan istilah yang lebih sering digunakan di negara-negara Amerika, sedangkan “Congress”  merupakan istilah yang sama yang lebih banyak digunakan di Eropa.

Baik “Conference” maupun “Congress” diselenggarakan dengan durasi sedikitnya satu hari hingga beberapa hari dan jumlah peserta lebih dari 50 orang, namun tidak selalu dalam frekuensi rutin. Dalam “Conference” peserta umumnya berasal dari berbagai profesi, sedangkan “Congress” umumnya diikuti satu jenis profesi. Pembiayaan untuk mengikuti “Conference” dan “Congress” ini bisa dibiayai sendiri atau pihak kedua.

“Convention” umumnya diadakan dengan waktu yang sudah ditetapkan secara reguler (misalnya tahunan, dua tahunan, tiga tahunan), dengan jumlah peserta lebih dari 5000 orang.Terminologi “Convention” digunakan secara luas di berbagai negara seperti Amerika, Australia dan Asia.
Ciri khas kongres adalah :
  1. Diadakan oieh suatu perkumpulan yang terorganisasi secara internasional,regional, nasionl, atau masyarakat tertentu
  2. Adanya suatu tujuan tertentu, biasanya perubahan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga,membentuk program kerja, mengajukan,rekomendasi dan resolusi;
  3. Adanya laporan pertanggungjawaban dari pengrus pusat di depan sidang pleno
  4. Adanya pandangan-pandangan dari pengurus yang mewakili regional atau lokal terhadap laporan pertanggungjawaban pengurus pusat
  5. Dibentuk komisi-komisitertentu yang kemudian melaporkan hasilnya di depan siedang pleno.

  • Exhibition
Menurut Kesrul (2004:16), exhibition adalah ajang pertemuan yang dihadiri secara bersama-sama yang diadakan di suatu ruang pertemuan atau ruang pameran hotel, dimana sekelompok produsen atau pembeli lainnya dalam suatu pameran dengan segmentasi pasar yang berbeda.

Sedagkan menurut Wikipedia, pengertian pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas.

Jadi, pameran merupakan suatu bentuk dalam usaha jasa pertemuan. Yang mempertemukan antara produsen dan pembeli namun pengertian pameran lebih jauh adalah suatu kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok, organisasi, perkumpulan tertentu dalam bentuk menampilkan display produk kepada calon relasi atau pembeli.

Macam-macam pameran adalah :
  1. Show
  2. Exhibition
  3. Pekan raya
  4. Fair
  5. Bazaar
  6. Pasar murah



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar