Pembalut yang Aman Bagi Kesehatan


Pembalut yang Aman Bagi Kesehatan
Siapa sih yang tidak kenal pembalut? Teman akrab wanita saat sedang menstruasi. Pembalut sebenarnya mempunyai fungsi yang lebih luas yaitu menyerap darah yang berasal dari Miss V.

Tahukah kamu pada awalnya pembalut wanita ini sifatnya adalah permanen? Mungkin sebagian dari kalian belum mengetahui hal ini. Dulu, pembalut wanita memang sifatnya permanen. Akan tetapi seiring perkembangan zaman berubahlah ke pembalut sekali pakai. Pembalut sekali pakai memulai perkembangan di tahun 1980-an sampai sekarang. Meskipun pembalut kain mulai marak kembali pada tahun 1990an, karena dirasakan manfaatnya dapat berdampak positif bagi kesehatan dan lingkungan.

Pembalut merupakan barang yang menjadi sangat penting bagi wanita. Semua wanita normal membutuhkan pembalut untuk menjaganya saat datang bulan atau menstruasi. Pembalut disini berfungsi untuk menampung darah kotor wanita yang keluar setiap 28 hari dalam satu periode. Nah, setiap satu periode wanita itu berbeda-beda, tergantung kesuburan hormon dan keturunan. Ada yang lima hari, ada yang sepuluh hari, ada yang satu minggu. Tapi normalnya wanita adalah satu minggu.

Saat ini ditemukannya beberapa pembalut berbahaya di pasaran membuat para kaum hawa khawatir. Ya, Kandungan zat klorin yang merupakan zat berbahaya dinilai telah melewati ambang batas dan bisa menimbulkan masalah kesehatan serius bila dipakai terus-menerus dalam jangka panjang.
Pada dasarnya sebuah produk pembalut wanita haruslah bersih dan tidak mengandung zat berbahaya, ini karena pembalut kontak langsung dengan area intim wanita yang seharusnya terjaga baik kebersihan maupun kesehatannya.

Standar Nasional Indonesia (SNI) 16-6363-2000 menyebutkan bahwa produk pembalut wanita haruslah bersih, tidak mengandung kotoran dan zat asing, tidak menyebabkan iritasi atau dampak yang membahayakan lainnya. Selain itu, tidak mengubah serabut pada saat digunakan, tidak berbau dan lembut. Sementara untuk warna haruslah putih. Warna lain boleh namun hanya sebagai tanda atau identitas yang tidak bersentuhan langsung dengan tubuh.

Pembalut yang baik dan sesuai juga harus bersifat netral terhadap fenoltalein dan jingga metal. Lalu tidak berflouresensi kuat atau tidak ada flouresensi yang menunjukan adanya bahaya, pada sisi yang bersentuhan dengan tubuh. Bahan pembalut juga harus tidak mudah robek dan tidak mudah rembes. Daya serap pembalut pun yang ideal juga tidak kurang dari 10 kali bobot pembalut.

Namun sayangnya, di Indonesia sepertinya belum ada pembalut yang memenuhi semua syarat tersebut. Dan yang lebih memprihatinkan, pembalut di Indonesia tidak dicantumkan masa kedaluwarsanya di kemasan sebagai informasi untuk konsumen.

Padahal, risiko jangka panjang pembalut yang tidak sehat dapat menyebabkan kanker dan mengganggu sistem reproduksi wanita yang memakainya. Penyebabnya yaitu karena klorin yang terkandung di dalamnya. Jika merujuk FDA (Badan POM Amerika Serikat), maka pembalut yang baik seharusnya bebas klorin.

Baca juga artikel : Bahaya Kanker Payudara

Karakteristik Pembalut Berbahaya

  • Bukan Terbuat Dari Kapas
Beberapa pembalut yang keluar di pasaran saat ini banyak yang menggunakan serat kayu atau kertas bekas sebagai bahan dasar pembalut wanita. Padahal hal ini tentu saja sangat berbahaya bagi miss V yang sangat rentan terhadap penyakit.
  • Tidak 100% Dari Kapas
Pembalut yang baik seharusnya berbahan dasar kapas 100%. Sayangnya beberapa perusahaan menggunakan  bahan baku untuk pembalut tidak 100% kapas.
  • Memakai Pemutih
Pada umumnya, banyak wanita akan merasa puas dengan pembalut berwarna putih bersih. Namun sayangnya justru pembalut yang menggunakan pemutih inilah yang berbahaya. Kandungan dioxin tersebut mampu memicu kanker rahim. Bahkan jika di gunakan selama dua jam terus menerus mampu meningkatkan pertumbuhan 107 bakteri jahat. Bagaimana jika kamu memakainya lebih dari dua jam? Bayangkan berapa ratus bakteri jahat yang tumbuh?

Masalah Haid Akibat Pembalut Berkualitas Buruk

Saat sedang haid dan memakai pembalut biasa, tanpa disadari cairan yang sudah diserap oleh pembalut biasa yang sudah bercampur dengan kimia dan bercampur dengan bahan yang tidak steril dari pembalut biasa dan saat seorang wanita duduk tanpa disadari maka cairan kotor dari pembalut akan keluar kembali karena terkena tekanan dan naik ke atas dan masuk kembali ke organ kewanitaan. Hal ini yang akan menyebabkan infeksi dan timbulnya masalah kewanitaan. Hati-hati jika kamu merasa saat memakai pembalut terasa becek / tidak kering.

Tanda-tanda terjadinya infeksi bagi wanita haid :
  1. Demam
  2. Sering buang air kecil
  3. Pusing
  4. Sakit perut / Mual
  5. Keputihan
  6. Sakit pinggang
  7. Sakit ketika buang air kecil
Myum, kista, dan kanker serviks tidak datang secara tiba-tiba. Pasti ada sebab dan prosesnya. Infeksi dan masalah kewanitaan tersebut sebenarnya bisa dicegah. Untuk pengujian apakah terbuat dari pulp/kertas daur ulang, kamu dapat melakukan pengetesan apakah pembalut yang kamu beli aman atau tidak dengan cara seperti di bawah ini:
  1. Sobeklah produk pembalut kamu, ambil bagian inti dalamnya.
  2. Kemudian ambilah segelas air putih. Usahakan gunakan gelas transparan sehingga lebih jelas.
  3. Ambilah sebagian dari lembaran inti pembalut kamu dan celupkan ke dalam air tersebut. Aduk dengan sumpit.
  4. Lihat perubahan warna air (karena kalo higienis dan bersih, seharusnya air akan tetap jernih).

Faktor Resiko Jika Menggunakan Pembalut Berbahaya

  • Resiko Kanker Rahim
Menggunakan pembalut yang tidak baik mampu meningkatkan kanker rahim. Hal ini terjadi karena masuknya bagian tumor ganas yang tumbuh dan berkembang di dalam rahim. Parahnya rahim kamu harus di angkat. Hal ini menunjukan bahwa kamu sudah tidak mungkin lagi melahirkan anak.
  • Meningkatkan Resiko Keguguran Bayi
Tentu saja, hormon yang rusak karena pengaruh pembalut yang memiliki kualitas buruk mampu meningkatkan resiko keguguran. Terjadinya mutasi sel mampu meningkatkan keguguran pada bayi yang di kandung.
  • Resiko Terkena Kista
Kista merupakan penyakit yang cukup berbahaya. Kista bisa jadi disebabkan karena pembalut yang kamu gunakan tidak terbuat dari bahan bahan yang berkualitas. Bahaya kista bagi wanita sangat penting diketahui karena berdampak pada rahim.
  • Resiko Terkena Miom
Miom mampu mengganggu saluran organ reproduksi manusia. Hal ini terjadi karena menggunakan pembalut yang tidak baik kualitasnya. Penyembuhan miom harus dengan di ambil, sehingga satu satu caranya adalah lewat operasi.

Tips Memilih Pembalut yang Aman

  • Pilih yang Lembut dan Daya Serap Tinggi
Tips yang pertama untuk memilih pembalut yang aman adalah dengan mengetahui kondisi fisik pembalut. Pilih pembalut yang berbahan lembut dengan daya serap tinggi. Semakin tinggi daya serap suatu pembalut maka akan semakin bagus.
  • Gunakan Sekali Pakai
Gunakan pembalut hanya satu kali pakai ya dan pernah menggunakannya lagi walaupun telah kamu cuci . Pembalut yang digunakan berkali-kali akan berisiko mengakibatkan infeksi jamur ataupun bakteri. Hal ini sering kali menimbulkan gatal atau kemerahan pada area kewanitaan.
  • Pilih Pembalut yang Cocok
Pilihlah pembalut yang cocok dan nyaman dipakai oleh kamu. Cocok dalam arti ketika kamu gunakan tidak menimbulkan gatal-gatal atau bahkan iritasi. Untuk mengetahui hal ini, kamu bisa mencoba beberapa merk pembalut kemudian memilih mana yang pas dan cocok.
  • Hindarilah Pembalut dengan Bahan Pewangi  
Kamu pasti suka pembalut yang wangi. Tapi tahukah kamu bahwa bahan pewangi yang digunakan untuk pembalut ini sangat berbahaya bagi organ intim ? mungkin hanya sebagian dari kamu yang mengetahuinya. Pewangi pada pembalut umumnya terbuat dari bahan kimia berbahaya, jadi dalam jangka panjang akan menimbulkan berbagai komplikasi dan infeksi. Misalnya infeksi jamur vagina hingga kencing nanah.
  • Rutin Ganti Pembalut
Gantilah pembalut setiap 2-3 jam sekali, atau sesuaikan dengan volume darah yang keluar. Ingat ya kamu tidak boleh malas mengganti pembalut. Jangan sampai menunggu pembalut penuh dengan darah haid, barulah kamu menggantinya.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar