Manfaat menakjubkan Sayur Bayam Bagi Tubuh


Manfaat Sayur bayam Bagi Tubuh
Sayur bayam adalah salah satu sayur yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh kita. Mengapa? Karena sayur bayam memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan manusia. Sayur bayam memiliki rasa yang sangat enak, tidak hanya itu sayur ini pun memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang sangat baik bagi tubuh.

Bayam adalah tanaman yang sangat digemari oleh banyak orang. Kandungan nutrisi yang sangat banyak yang terdapat pada bayam menjadikan sayuran ini bagus dikonsumsi untuk kesehatan manusia, bahkan mempu memberikan kekuatan dan energi bagi seseorang. Pernahkah kamu menonton film popeye? Dalam film ini, popeye selalu memakan bayam untuk mengeluarkan kekuatan supernya.

Bayam terdiri dari dua macam, yaitu bayam petik dan bayam cabut. Perbedaaan antara dua macam bayam ini yaitu bayam petik mempunyai umur lebih lama dan daunnya lebih lebar dibandingkan dengan bayam cabut. Daun bayam petik bagus dijadikan berbagai masakan yang berbau sambal seperti urap, gado-gado, lalapan dan lain-lain. Sementara bayam cabut mempunyai umur yang lebih pendek dan daunnya lebih kecil. Bayam cabut biasa dijadikan sebagai sayuran bening dan sup bubur.

Bayam atau Amaranthus spp merupakan salah satu tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya. Tumbuhan bayam ini sendiri berasal dari Amerika tropik tetapi sekarang sayur bayam sudah tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan bayam juga telah dikenal sebagai sayuran yang merupakan sumber zat besi penting.

Bayam mengandung berbagai kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bayam merupakan sumber vitamin A dan K, mangan, magnesium, folat, serat, protein, kalsium dan sebagainya. Bayam juga rendah kalori. Hal ini menjadikan sayur bayam menjadi salah satu makanan yang bernutrisi lengkap. Berikut ini adalah manfaat bayam yang menakjubkan bagi kesehatan tubuh.

Baca juga artikel : Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah penyakit Tipes

Apa saja kandungan Gizi yang Terdapat Pada Sayur bayam?

Sayur bayam memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah kandungan gizi yang terdapat Pada 100 gram sayur bayam :

  • Energi             : 36  kal
  • Protein            : 3,5 g
  • Lemak             : 0,5 g
  • Karbohidrat      : 6,5  g
  • Serat                : 0,8 g
  • Kalsium           : 267 mg
  • Fosfor              : 67 mg
  • Besi                 : 3,9 mg
  • Vitamin A         : 6.090 IU
  • Vitamin B1       : 0,08 mg
  • Vitamin C         : 80 mg
  • Air                    : 86,9 g


Apa Saja Manfaat Sayur Bayam Bagi Tubuh?

Kandungan nutrisi yang melimpah pada daun bayam menjadikan sayur ini sebagai sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa manfaat mengkonsumsi sayur bayam.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Tahukah kamu bahwa sayur bayam mampu menjaga kesehatan tulang. Bayam mengandung vitamin K yang tinggi, dalam setengah cangkir saja sudah memenuhi kebutuhan vitamin K harian. Apa sih fungsi dari vitamin K? Vitamin K ini sangat penting untuk mencegah pengeroposan tulang. Selain mengandung vitamin K, sayur bayam juga mengandung mineral lainnya seperti magnesium, seng, tembaga dan fosfor yang juga dapat membantu menguatkan tulang.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sayur bayam ternyata kaya akan kalium akan tetapi rendah sodium. Tingkat mineral yang seimbang ini sangat bermanfaat bagi kamu yang memiliki tekanan darah tinggi. Selain itu, folat dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah, sehingga aliran darah dalam tubuh kita menjadi lancar.

  • Baik Untuk Anemia

Bayam mengandung zat besi yang sangat baik untuk memproduksi sel darah merah yang diperlukan oleh tubuh manusia. Jadi bagi kamu yang memiliki penyakit anemia ataupun yang ingin mencegah penyakit ini dapat mengkonsumsi sayur bayam.

  • Mencegah Kanker

Bayam adalah sumber Flavonoid yang melimpah, ini adalah sebuah phytonutrisi yang melambatkan pembelahan sel pada perut dan sel kanker. Sehingga jika kamu mengkonsumsi sayur bayam, kamu dapat menjauhkan diri dari penyakit kanker.
Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan pada bayam tersebut dapat menurunkan resiko terserang kanker sebesar 34% terutama terserang kanker rahim, kanker payudara, kanker kulit, kanker prostat, dan kanker perut.

  • Bermanfaat untuk Ibu Hamil

Bayam mengandung zat folat dan vitamin A yang sangat bermanfaat untuk ibu yang sedang hamil. Dengan banyak mengonsumsi bayam, proses pembentukan paru-paru pada janin yang diperankan oleh vitamin A dan pembentukan sistem saraf yang lengkap yang diperankan oleh folat akan berjalan dengan baik.

  • Jantung lebih sehat

Gaya hidup tidak sehat dapat memicu terkena penyakit jantung dan juga berpotensi besar terserang serangan jantung. Mulailah dengan mengkonsumsi bayam untuk mencegah serangan jantung. Berbagai nutrisi yang terkandung pada bayam dapat membuat jantung untuk lebih terjaga kesehatannya sepanjang waktu.

  • Menurunkan Risiko Diabetes

Bagi kamu yang termasuk orang dengan resiko tinggi terkena diabetes, mengkonsumsi bayam adalah baik. Mengkonsumsi bayam secara rutin ternyata membantu menjaga tingkat gula dalam darah agar tetap stabil. Selain itu, kandungan magnesiumnya sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes untuk mencegah terjadinya komplikasi.

  • Mencegah Kelelahan

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, bayam juga dapat mencegah rasa lelah tubuh akibat terlalu banyak bekerja atau sehabis sakit. Mengkonsumsi bayam dapat meningkatkan jumlah energi kemudia zat besinya membantu meningkatkan produksi oksigen dalam tubuh.

Kekurangan sayur Bayam

Sayur bayam yang memiliki kandungan asam folat dan asam oksalat membuat bayam memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai masalah dalam tubuh kita. Misalnya saja menurunkan kadar kolesterol, mencegah sakit gusi, mengobati eksim, asma, perawatan kulit muka, kulit kepala, dan rambut. Yang paling terkenal manfaat dari sayur bayam ini adalah mengobati rasa lesu dan kurang bergairah sebagai tanda kurang darah.

Selain itu, sayur bayam mengandung serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk pencernaan kita. Jadi berbagai penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti, sembelit, jantung, stroke, dan persoalan mengenai tekanan darah dan pembuluh darah bisa diatasi.

Namun, tahukah kamu bahwa disamping manfaat sayur bayam, sayur ini tetap memiliki keterbatasan. Kelemahan bayam terletak pada saat proses pengolahannya. Kita tidak boleh memasak sayur bayam dengan panci alumunium. Alumunium bisa menyebabkan racun karena bereaksi dengan zat besi yang terkandung di dalam bayam.

Kemudian kita juga tidak boleh mengonsumsi sayur bayam kalau sudah lewat dari lima jam sejak dimasak dan seperti sayuran lainnya, bayam juga tidak baik bila dimasak terlalu lama di atas api karena menyebabkan gizinya banyak yang terbuang dan yang paling penting harus diperhatikan adalah bagi kamu yang menderita asam urat dan rematik.

Untuk kamu yang menderita penyakit ini, tidak boleh mengasup sayur jenis ini karena bisa menyebabkan rasa ngilu yang berlebihan dan asam urat kambuh. Ini terjadi karena kandungan zat purin dalam bayam sangat tinggi. Purin inilah yang kemudian diubah menjadi asam urat dalam tubuh.

Berikut ini adalah beberapa bahaya bayam yang harus diwaspadai oleh kita.

  1. Bayam dapat menimbulkan alergi pada sebagian orang.
  2. Bayam adalah salah satu makanan yang terkadang mengandung pestisida.
  3. Kandungan oksalat dalam bayam dapat mengganggu penyerapan kalsium. Jadi bagi kamu yang memiliki masalah dengan ginjal atau kandung empedu harus berhati-hati jika ingin mengkonsumsi bayam.
  4. Bayam juga mengganggu fungsi kelenjar tiroid.



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar