Manfaat Daun Sirih


Manfaat Daun Sirih
Siapa sih yang tidak kenal daun sirih? Daun sirih yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan manusia. Biasanya daun sirih identik dengan nenek – nenek dan kakek – kakek, dimana mereka melakukan kegiatan nyirih, alias mengunyah daun sirih ini selama beberapa waktu yang katanya berguna untuk kesehatan, terutama kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tahukah kamu bahwa daun sirih sebenarnya memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk nenek-nenek maupun kakek-kakek, tetapi juga untuk kaum muda dan dewasa. Nah, banyak sekali manfaat daun sirih yang bisa kita ambil, terlebih daun ini mudah sekali ditemukan dan mudah untuk ditanam. Tanaman bernama latin piper batle l. tersebut dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat karena mengandung minyak atsiri, kavikol, gula, seskuiterpen, zat samak, pati, dan juga minyak terbang atau betlephenol.

Daun sirih sendiri terdapat 3 jenis, seperti daun sirih hijau, daun sirih merah, dan daun sirih hitam, ketiga-tiganya memiliki manfaat dan khasiat yang sama baiknya. Selain manfaat untuk kesehatan di atas, ternyata daun sirih yang berwarna hijau juga dikenal sangat baik dan bermanfaat buat kewanitaan.

Sirih adalah tanaman merambat asli Indonesia yang biasa dikunyah bersama kapur dan pinang, masyarakat menyebut dengan “nyirih”. Di daerah NTB (Nusa Tenggara Barat), penduduk Suku Bayan yang dipimpin oleh Raden Wira Anom (dipanggil Mamiq) adalah salah satu suku yang masyarakatnya kental dengan budaya nyirih. Menurutnya, tradisi tersebut merupakan sebuah filosofi kehidupan. Kapur digambarkan seperti tulang, dan pinang adalah dagingnya, sementara daun sirih merupakan bagian tubuh yang menutupi keduanya, sehingga tercipta air liur berwarna merah yang juga dikatakan sebagai darah.

Berikut ini adalah kandungan zat yang terdapat pada daun sirih :
  1. Minyak Atsiri (betIephenol, seskuiterpen, diatase, gula, zat samak)
  2. Kavikol
  3. Fenol
  4. Antioksidasi
  5. Bersifat fungisida
  6. Bersifat Antijamur

Baca juga artikel : Risiko Melakukan Tanam Benang

Manfaat Daun Sirih

  • Menyembuhkan penyakit asma
Apakah kamu memiliki keturunan dan sering mengalami gejala asma? Asma merupakan jenis penyakit yang sangat merepotkan, walaupun bukan merupakan jenis penyakit yang sifatnya kronis, seperti diabetes dan jantung. Asma sendiri akan menimbulkan efek dan gejala yang sangat mengganggu aktivitas, seperti :
  1. Sesak nafas
  2. Sulit melakukan kegiatan yang berat dalam jangka waktu yang lama
  3. Nafas terasa pendek dan tersenggal – senggal
Nah, jika kamu mengalami dan merasakan gejala asma, kamu dapat memanfaatkan rebusan daun sirih. Caranya adalah :
  1. Ambil 4 – 5 lembar daun sirih
  2. Rebus daun sirih dengan menggunakan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas air saja
  3. Minum hasil rebusan tersebut secara rutin, kira – kira 2 – 3 kali dalam sehari, baik ketika gejala asma muncul, maupun tidak.

  • Obat mimisan
Daun sirih ternyata memiliki manfaat sebagai obat mimisan. Kandungan fenil popada dan terpen dalam daun sirih merah ini akan membantu darah yang keluar saat mimisan dapat segera berhenti. Caranya mudah kamu hanya menggulung 1 lembar daun sirih, kemudian sumbatkan ke dalam lubang hidung yang mengeluarkan darah.

  • Menghambat karies gigi
Karies gigi menjadi salah satu momok kesehatan paling umum di Indonesia. Adapun salah satu jenis bakteri yang menyebabkan masalah kesehatan gigi ini adalah Streptococcus mutans.

Daun sirih merah memiliki kandungan minyak atsiri, flavonoid, alkanoid, dan senyawa fenolik yang bersifat aktif dalam menghambat pertumbuhan bakteri penyebab karies gigi. Inilah alasan kenapa orang jaman dulu memiliki gigi kuat.

  • Menjaga kesehatan mulut
Daun sirih memiliki senyawa antiseptik yang dapat membersihkan kuman dan bakteri yang ada di dalam rongga mulut. Hal ini sekaligus dapat mencegah timbulnya bau mulut dan munculnya plak serta karang pada gigi akibat kuman yang tertahan di dalam mulut.
  1. Ambil 1 lembar daun sirih kemudian cuci hingga bersih dan kunyah selama 2-3 menit
  2. Sedikit rasa pahit akan anda rasakan, tetapi kesehatan mulut juga akan anda dapatkan

  • Mengobati demam berdarah
Hasil rebusan dari daun sirih ternyata juga dapat membantu dan mempercepat penyembuhan dari demam berdarah.
Nah berikut ini adalah langkah – langkah yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan rebusan daun sirih sebagai obat demam berdarah :
  1. Ambil 5 – 6 lembar daun sirih
  2. Rebus daun sirih dengan menggunakan 2 gelas air
  3. Tunggu hingga mendidih dan hanya menyisakan satu gelas air saja
  4. Minumlah hasil rebusan tersebut secara rutin, kira – kira 2 kali dalam sehari.

  • Membantu Melancarkan Haid Yang Kurang Teratur
Manfaat daun sirih yang lainnya yaitu untuk membantu mengatasi haid atau menstruasi yang kurang teratur. Nah cara penggunaan daun sirih untuk permasalahan ini adalah dengan merebus daun sirih beberapa lembar, lalu minum air rebusan daun sirih tersebut, usahakan untuk mencuci daun sirih terlebih dahulu sebelum merebusnya.

  • Mengatasi Keputihan
Keputihan yang abnormal merupakan salah satu yang dapat menyebabkan gatal dan bau tak sedap pada bagian miss v. Umumnya keputihan yang sering di alami oleh wanita adalah keputihan normal, tetapi tidak jarang juga yang mengalami keputihan abnormal.
Yah, daun sirih dengan kandungan alaminya dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah keputihan. Cara yang paling sering digunakan adalah dengan mencuci bagian miss v dengan air rebusan daun sirih atau mengoleskan air rebusan daun sirih dan kunyit yang diresbus secara bersamaan.

  • Obat luka bakar ringan
Jika kamu memiliki luka bakar ringan, daun sirih merah akan membantu meredakan peradangan pada area kulit kamu yang terbakar karena daun sirih memiliki kandungan zat alkaloid, antioksidan, dan vitamin C.  Bagaimana cara pembuatannya? Nah, caranya cukup mudah, yaitu :
  1. Tumbuklah 3-5 daun sirih merah
  2. Kemudian Campur dengan 2 sendok teh madu
  3. Lalu oleskan di area luka 2 kali sehari
Penggunaan sirih merah ini hanya sebagai obat luar yang hanya mampu untuk mengobati luka bakar ringan saja.

Efek Samping Daun Sirih

Daun sirih memiliki efek samping bagi penggunanya, jika dikonsumsi dengan berlebihan. Berikut ini adalah efek samping yang ditimbulkan daun sirih apabila dipakai berlebihan.

  • Daun Sirih yang Diminum
Beberapa orang seringkali mengkonsumsi rebusan daun sirih setiap hari untuk pencegahan penyakit tertentu. Tahukah kamu bahwa hal ini kurangbaik bagi kesehatan? Hal ini memang kurang baik karena salah satu manfaat daun sirih adalah antiseptik dan antibiotik yang cukup kuat. Jika dikonsumsi setiap hari akan memiliki efek samping yang kurang baik bagi pencernaan. Seperti yang kita ketahui, dalam organ pencernaan kita hidup bakteri jahat dan bakteri baik. Dengan konsumsi rebusan air daun sirih setiap hari akan mematikan tidak hanya bakteri jahat tetapi juga bakteri baik.

  • Daun Sirih yang Digunakan sebagai Pembersih Daerah Kewanitaan
Para wanita memang diharuskan menjaga kesehatan didaerah kewanitaannya. Jika daerah kewanitaan  memiliki tingkat keasaman yang terlalu tinggi biasanya akan timbul bau yang kurang sedap. Banyak orang membersihkan daerah kewanitaannya dengan rebusan air daun sirih sebagai unsur basa untuk menetralisir tingkat keasaman tersebut. Jika dilakukan setiap hari bakteri baik yang ada di organ kewanitaan juga akan ikut mati. Selain itu biasanya akan timbul iritasi karena daerah kewanitaan tersebut menjadi kering.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar