Manfaat dan Risiko Mandi Air Hangat


Manfaat dan Risiko Mandi Air Hangat
Mandi adalah aktivitas penting untuk membersihkan tubuh setiap hari. Tahukah kamu bahwa mandi dengan air hangat memiliki banyak manfaat? Air hangat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia tetapi dibalik kebermanfaatannya, mandi air hangat juga memiliki resiko apabila tidak digunakan dengan benar.

Seperti kebanyakan orang, biasanya kita mandi menggunakan air dingin. Manfaat mandi air dingin pun juga banyak untuk kesehatan tubuh. Mandi air dingin di pagi hari dipercaya bisa meningkatkan metabolisme tubuh, menjaga kelembapan kulit dan masih banyak lainnya. Nah bagaimana dengan mandi menggunakan air hangat? Apakah mandi dengan air hangat memiliki manfaat yang sama seperti kita menggunakan air dingin? Berikut ini jawabannya.

Kebanyakan orang biasanya lebih memilih untuk mandi air hangat ketimbang air dingin. Mandi air panas atau air hangat rasanya memang enak dan nyaman. Tetapi terkadang kita terlalu sering menggunakan air hangat padahal itu tidaklah baik untuk kesehatan.

Dibawah ini akan dibahas mengenai apa sih manfaat mandi menggunakan air panas? Lalu apa dampak buruk yang kemungkinan akan terjadi apabila kita terlalu sering menggunakan air panas? Berikut ini adalah ulasannya untuk kamu.

Baca juga artikel : Manfaat Akan Pentingnya Sarapan Pagi

Manfaaat Air Hangat

  • Membuat awet muda dan membersihkan kulit
Pori yang tersumbat dapat menyebabkan blemish dan penumpukan toksin pada kulit. Air hangat akan membuka pori, membuatnya mudah untuk dibersihkan, dan segala kotoran pun terlepas. Dengan mandi air hangat, pori-pori pada kulit akan terbuka, dan kotoran akan lebih mudah dibersihkan, sehingga kulit tampak segar dan tidak kering. Namun, setelah selesai mandi air hangat, sebaiknya kamu menutup kembali pori-pori yang terbuka dengan mengguyurkan air dingin ke tubuhmu.

  • Mengatasi komedo dan jerawat
Tahukah kamu bahwa salah satu manfaat mandi air hangat adalah dapat mengatasi komedo dan jerawat? Dengan kamu mandi memakai air hangat, pori-pori kulit menjadi terbuka sehingga kotoran yang tersumbat pada pori-pori kulit kamu dapat dengan mudah dibersihkan sehingga masalah komedo dan jerawat dapat dicegah dan diatasi.

  • Mengurangi stres dan insomnia
Mandi air panas membuat tubuh merasa santai, meringankan sakit, dan tegang pada otot dan memperlancar peredaraan darah. Mandi air hangat adalah penenang alami. Dengan mandi air hangat, dapat membantu menghilangkan rasa stres yang melanda pikiran. Mandi dengan air hangat selama 10 menit untuk menenangkan tubuh, pikiran, dan saraf. Mandi air hangat juga membuat istirahat atau tidur akan lebih pulas. Sehingga ketika bangun, tubuh kembali ke performa terbaiknya.

Nah mandi air hangat pada malam hari juga bermanfaat bagi tubuh apalagi ketika kita sedang lelah, hal ini akan mengendurkan otot, meredakan stres dan mengatasi insomnia. Sedangkan dengan mandi air dingin di pagi hari, akan memberikan semangat untuk memulai aktivitas di pagi hari.

Dampak Negatif MandiAir Hangat

  • Menurunkan kualitas sperma
Mandi air hangat dapat menurunkan kualitas sperma ini dikarenakan mandi air hangat tidaklah baik untuk testis. Berendam selama 30 menit dalam bak air hangat atau panas dapat menurunkan produksi sperma. Tapi efek negatif ini bersifat reversible (dapat berubah). Air hangat atau panas bisa berdampak negatif bagi sperma karena membuat sperma membutuhkan waktu yang lama untuk matang.

  • Pori-Pori Menjadi Lebih Besar
Banyak orang yang ingin mandi air hangat untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat. Tapi jika mandi air hangat dijadikan kebiasaan maka bisa menyebabkan pori-pori tubuh menjadi lebih besar sehingga tubuh juga menjadi lebih mudah sakit. Hal ini terjadi karena ketika tubuh terkena air hangat atau panas kemudian pori-pori membuka dan pembuluh darah pada bagian kulit juga menjadi sangat sensitif, setelah itu pori-pori tubuh tidak mengecil kembali ke ukuran semula. Hal ini akan membuat banyak penyakit yang mungkin bisa menyerang ke bagian pori-pori secara langsung seperti jerawat.

  • Menurunkan tekanan darah terlalu jauh
Seseorang yang menderita tekanan darah tinggi, atau tekanan darah yang terlalu rendah, disarankan untuk tidak mandi air panas. Hal ini bagi penderita justru akan berpotensi untuk membuat tekanan darah semakin melonjak lebih jauh. Dan untuk penderita darah rendah, mandi air hangat bisa menurunkan tekanan darah terlalu jauh.

  • Kulit Sensitif
Biasanya ketika kita mandi air hangat maka sudah terbiasa memakai suhu tertentu. Namun resiko kulit sensitif tetap bisa terjadi karena perbedaan suhu antara air dan suhu kulit yang normal. Ketika terjadi perbedaan yang terus menerus maka kulit akan mengirimkan sinyal sensitif dengan berbagai reaksi yaitu kulit seperti terbakar hingga muncul ruam merah dan luka pada kulit. Resiko ini biasanya lebih sering ditemukan pada bayi dan orang tua, terlebih bayi yang baru lahir. Orang yang menderita diabetes juga bisa mendapatkan ancaman serius terutama jika ada luka pada kaki karena kerusakan syaraf pada bagian kaki.

  • Sakit Kepala
Perubahan antara suhu udara dengan suhu air bisa membuat masalah pada aliran darah dari tubuh ke bagian otak. Perubahan aliran darah yang terjadi pada otak bisa menjadi penyebab sakit kepala yang terjadi secara tiba-tiba. Kondisi ini kemudian akan membuat kamu merasa sulit untuk berdiri, berjalan atau duduk dengan baik. Rasa sakit kepala bisa menjadi lebih ringan atau lebih berat tergantung kondisi kesehatan.

Tips Mandi Air Hangat yang Aman

Nah berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan manfaat dari air hangat.
  1. Jika kamu mandi air hangat dari heater atau shower heater maka jangan pernah menjadi orang pertama yang memakai air untuk mandi. Air pertama biasanya memiliki suhu yang lebih tinggi. Nah, suhu yang tinggi ini kurang baik untuk tubuh karena bisa membuat kulit menjadi sensitif.
  2. Kemudian hindarilah mandi air hangat dengan suhu yang terlalu tinggi ya sebab hal ini dapat menyebabkan beberapa resiko buruk terkait dengan masalah tekanan darah dan sakit kepala.
  3. Jika kamu ingin berendam dengan air hangat, pastikan terlebih dahulu kebersihan air yang akan digunakan dan jangan pernah berendam apabila tubuh kamu sedang tidak sehat.
  4. Jangan berendam terlalu lama ya, sebab perubahan suhu tubuh dari air yang hangat ke kondisi suhu normal bisa menyebabkan tubuh menggigil.
  5. Hindarilah mandi air hangat di tempat umum jika kondisi air kotor dan warna yang keruh. Mengapa? Hal ini untuk menghindari terjadinya penularan berbagai jenis penyakit dari air tersebut.
  6. Kenali semua gejala-gejala ketika ada gangguan tubuh saat mandi air hangat seperti detak jantung yang lebih cepat, sakit kepala, kaki sulit untuk bergerak dan sulit untuk berjalan dengan baik.

Penutup

Mandi dengan air hangat memiliki banyak manfaat, tetapi juga memiliki resiko. Mandi dengan air hangat bisa memberikan manfaat. Tentu saja beberapa manfaat dapat didapatkan oleh kamu apabila dilakukan dengan cara yang benar. Beberapa manfaat yang bertentangan dengan resiko adalah seperti bisa mengeluarkan semua racun dari dalam tubuh. Hal ini mungkin membuat menjadi merasa lebih baik jika mandi air hangat saat flu atau demam. Tubuh juga bisa menjadi lebih segar karena otot tubuh menjadi lebih santai karena mandi air hangat bisa menjadi pijatan yang lembut. Jadi tetap kenali efek buruk dan manfaat dari mandi air hangat.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar