Manfaat dan Kandungan Pada Buah Alpukat


Manfaat dan Kandungan Pada Buah Alpukat
Buah alpukat merupakan salah satu buah yang sudah tidak asing lagi didengar oleh kita. Buah alpukat yang berwarna hijau ini ternyata menyimpan banyak khasiat dan manfaat. Buah ini memiliki manfaat untuk ibu hamil, wajah maupun kesehatan.

Alpukat adalah sumber dari lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Tahukah kamu bahwa memakan sebuah alpukat dapat membantu menyingkirkan kolesterol jahat. Kolesterol adalah sejenis lemak yang dibuat oleh tubuh dan merupakan bagian yang penting agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Namun disisi lain, jika kita mengkonsumsi alpukat secara berlebihan justru akan berakibat yang tidak baik, seperti terkena kolesterol yang kemudian dapat memicu penyakit jantung dan stroke.

Alpukat, Apokat, Avokad, atau Avocado memiliki nama latin Persea americana merupakan buah yang berasal dari tumbuhan yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah akan tetapi sekarang telah banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia, termasuk di Indonesia.

Alpukat adalah buah yang dapat dikatakan sebagai buah yang luar biasa, karena selain lezat rasanya, ia juga banyak memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa memakan alpukat itu tidak baik dikarenakan banyak mengandung lemak, padahal sebenarnya tidaklah demikian. Makan alpukat justru dapat membantu kita agar merasa kenyang lebih lama, sehingga baik untuk membantu mengontrol kelebihan berat badan.

Sebagian orang percaya dengan pendapat demikian, sehingga mereka cenderung menghindari makan alpukat karena dianggap mengandung lemak. Namun, para peneliti mengatakan bahwa alpukat mengandung lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Baca juga artikel :Penyebab, Dampak dan Solusi Terjadinya Inflasi

Apa Saja Sih kandungan Buah alpukat?

Tahukah kamu bahwa sekitar 75% dari kalori sebuah alpukat datang dari lemak, yang sebagian besar adalah lemak tak jenuh tunggal. Alpukat juga memiliki kalium 60% lebih dari pisang. Mereka kaya akan vitamin B, serta vitamin E dan vitamin K. Alpukat memiliki kandungan serat yang tinggi antara buah-buahan.

Asupan tinggi alpukat telah terbukti memiliki efek yang menguntungkan terhadap kadar kolesterol serum darah. Khususnya, setelah tujuh hari diet kaya alpukat, pasien hiperkolesterolemia menunjukkan penurunan 17% kadar kolesterol total serum. Penelitian juga menunjukkan penurunan 22% di kedua tingkat LDL (kolesterol berbahaya) dan trigliserida dan peningkatan 11% pada HDL (kolesterol bermanfaat).

Kemudian alpukat juga mengandung gizi seperti :

  • Lemak sehat

Tahukah kamu bahwa alpukat mengadung lemak yang baik untuk tubuh kita, bahkan porsinya mencapai tiga seperempat dari jumlah kalori buah alpukat. Ini berarti lemak memiliki kandungan yang cukup tinggi dalam buah alpukat ini. Kandungan lemaknya adalah lemak tak jenuh tunggal, dan dalam bentuk asam oleat. Lemak tak jenuh tunggal adalah lemak yang dianggap sebagai lemak baik yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, menurunkan risiko stroke dan jantung disease.

  • Protein

Setiap satu buah alpukat terdiri dari sekitar 4 gram protein, kandungan ini jauh lebih banyak dibandingan dengan buah lain.

  • Gula

Kandungan gula dalam buah alpukat dapat dikatakan cukup kecil, kandungan pada setengah buah alpukat saja terdiri dari 0.20 gram gula, sehingga tidak terlalu berbahaya bagi kamu yang khawatir akan gula darah.

  • Vitamin dan Mineral

Seperti buah yang lainnya, buah alpukat juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi. Buah alpukat juga memiliki kandungan kalium. Selain itu, alpukat kaya akan vitamin K, vitamin B9, vitamin B6, vitamin B5 vitamin C, dan vitamin E.2

  • Serat

Tahukah kamu bahwa buah alpukat yang berukuran sedang mengandung 11 gram serat, hampir setengah dari serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Apa Manfaat Buah Alpukat?


  • Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah alpukat ternyata kaya akan senyawa yang disebut beta-sitosterol. Senyawa ini adalah senyawa yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol darah.

Menurut sebuah penelitian, pasien dengan hiperkolesterolemia ringan yang menggunakan alpukat untuk diet dalam 7 hari. Hasilnya mereka mengalami penurunan kadar kolesterol darah sebanyak 17%, selain itu mereka juga mengalami penurunan sebanyak 22% di kedua LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida) serta mengalami peningkatan sebanyak 11% dalam tingkat HDL (kolesterol baik).

  • Sumber vitamin E

Alpukat adalah buah yang mengandung vitamin E tertinggi. Vitamin E merupakan vitamin penting, yang membantu untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Vitamin E juga memiliki efek positif pada penyakit jantung, stroke, pencegahan kanker, dan pengembangan katarak, dan banyak diklaim memiliki sifat anti penuaan.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Buah alpukat memiliki kandungan lutein yang terbanyak jika dibandingkan dengan jenis buah-buahan lain. Kandungan lutein yang dimiliki buah alpukat terbukti dapat menjaga kesehatan pada daya penglihatan. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kadar lutein yang tinggi juga memperkecil risiko kelainan yang sering terjadi pada mata khususnya pada degenerasi katarak dan makula.

  • Mengobati sakit maag

Manfaat selanjutnya adalah buah alpukat dapat mengobati sakit maag. Jadi, bagi kamu yang sering mengalami penyakit maag bisa menggunakan cara pengobatan dengan alpukat. Caranya mudah yaitu ambil biji buah alpukat lalu parut sampai halus kemudian campur dengan 100 ml air matang. Setelah tercampur, saring untuk memisahkan air dan ampasnya. Minum air tersebut dengan rutin.

  • Alpukat Baik untuk tulang

Alpukat dapat meredakan nyeri arthritis. Sebuah studi mengungkapkan bahwa senyawa dari alpukat dapat membantu mendapatkan bantuan dari arthritis dan mengurangi kekakuan tulang. Jadi, adalah suatu keharusan untuk memakan buah alpukat ini untuk menjaga kesehatan tulang.

  • Diet alpukat

Pernahkah kamu mendengar diet menggunakan buah alpukat? Alpukat merupakan buah yang unik karena bentuknya seperti lonceng dengan kulit hijau tua serta rasa khas yang creamy. Untuk menemukan buah alpukat di Indonesia sendiri sangatlah mudah karena ada banyak orang yang menanam alpukat sehingga bisa ditemukan di pasar tradisional atau di swalayan terdekat.

Lalu mengapa buah alpukat dijadikan buah yang bisa membantu menurunkan berat badan? Hal ini dikarenakan di dalam alpukat mengandung serat, karbohidrat, lemak dan juga gula. Kandungan yang ada di dalam alpukat sangat cocok untuk kebutuhan tubuh dan bisa menjadi salah satu makanan yang menjadi menu andalan saat kamu sedang diet. Namun sayangnya banyak orang yang justru takut mengonsumsi alpukat karena dianggap bisa membuat gemuk karena ada kandungan gula dan lemaknya.

  • Mencegah Cacat Lahir

Buah alpukat kaya akan kandungan vitamin B yang merupakan salah satu vitamin yang dikenal sebagai asam folat. Satu buah alpukat dapat memenuhi sekitar 23% dari nilai harian yang direkomendasikan. Tingginya jumlah folat dalam alpukat sangat penting dalam pencegahan cacat lahir, seperti cacat tabung saraf dan spina bifida.

  • Alpukat Untuk Mengobati Batu Ginjal

Buah alpukat ternyata juga memiliki manfaat untuk mengobati batu ginjal. Jadi bagi kamu yang memiliki penyakit ini, kamu bisa menggunakan buah ini sebagai obat herbal. Berikut merupakan cara membuat obat herbal untuk penyakit batu ginjal.
Bahan :

  1. Empat lembar daun alpokat
  2. Tiga buah rimpang teki
  3. Lima tangkai daun randu
  4. Setengah biji pinang
  5. Satu buah pala dan 3 jari gula enau.

Cara membuat ramuan : semua bahan dicuci kemudian direbus dengan menggunakan 3 gelas air bersih sampai mendidih dan tersisa kira-kira 2 1/4 gelas. Setelah ramuan dingin kemudian disaring lalu diminum 3 x 3/4 gelas.

  • Anti-penuaan

Buah alpukat kaya akan antioksidan, yang sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penuaan. Kandungan glutathione alpukat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan, dan mendorong sistem saraf yang sehat.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar