Manfaat dan Kandungan Mengejutkan Pada Buah Bit


Manfaat dan Kandungan Mengejutkan Pada Buah Bit
Buah bit adalah akar umbi tanaman sayur bit dengan warna merah tua dan berasal dari kawasan Amerika Utara. Walaupun, buah bit memang bukan berasal dari Indonesia, tetapi buah ini memiliki sejuta manfaat untuk manusia.

Banyak orang yang masih awam dengan buah bit ini, mungkin hal ini disebabkan karena buah bit masih sangat jarang ditemui di lingkungan sekitar kita. Padahal manfaat buah bit begitu banyak bagi kesehatan manusia. Jalankan manfaatnya, buahnya saja masyarakat masih belum mengetahuinya. Buah bit ini memiliki rasa yang khas, bahkan mungkin dapat dikatakan kurang enak jika dikonsumsi namun jika kita mengkonsumsinya dalam jangka waktu panjang, buah bit ini menyehatkan tubuh kikta. Mengapa? Karena buah bit mengandung banyak nutrisi yang berguna bagi kesehatan. Salah satu manfaat dari buah bit ini adalah meningkatkan stamina tubuh sehingga tubuh menjadi fit dan bugar kembali ketika kita melakukan berbagai aktivitas.

Tahukah kamu bahwa buah bit ini awalnya berasal dari Mesopotamia? Mungkin sebagian dari kalian belum mengetahuinya. Buah bit memang berasal dari Mesapotamia dan mulai tersebar ke Benua Asia dan Eropa, namun buah bit ini lebih sering dijumpai di supermarket Amerika Utara dan Inggris. Buah bit ini mengandung zat besi yang membantu darah memasok oksigen ke otak. Kandungan betasianin (pigmen ungu) dan betasantin (pigmen kuning) yang terdapat pada buah bit inilah yang membuat warnanya menjadi merah gelap keunguan. Karena warnanya yang pekat ini, buah bit juga sering dipakai sebagai pewarna makanan alami.

Sebenarnya bit bukanlah jenis buah-buahan, melainkan sayuran berwarna merah gelap yang tumbuh di dalam tanah. Bit mengandung kalium, magnesium, zat besi, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, karbohidrat, protein, antioksidan, serat larut, dan terutama sekali folat atau vitamin B9. Wah banyak ya? Tidak hanya itu, mengonsumsi setengah cangkir bit yang sudah dimasak sudah mampu memenuhi 17 persen dari total 400-600 mikrogram asupan folat harian yang direkomendasikan. Selain itu, bit juga tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Inilah alasan mengapa bit banyak manfaatnya bagi manusia.

Biasanya buah bit dikonsumsi dengan cara membuat jus, direbus untuk dijadikan salad, bahkan ada pula yang dijadikan sup. Namun yang perlu diperhatikan adalah ketika mengkonsumsinya, kulitnya harus dibuang. Buah bit sendiri memiliki kandungan karbohidrat dalam bentuk gula dengan sedikit protein dan lemak.

Baca juga artikel : Penyebab dan Cara Mengatasi Deflasi

Rincian Kandungan Pada Bit

Secara garis besar, kandungan buah bit, manfaat beserta persentasenya dapat dilihat pada rincian berikut ini:

  1. Asam folat sebesar 34%, memiliki manfaat untuk menumbuhkan dan mengganti sel yang rusak. Selain itu dapat menunjang perkembangan otak pada janin.
  2. Kalium sebesar 14,8%, manfaatnya menyeimbangkan kondisi cairan dalam tubuh.
  3. Serat sebesar 13,6%, manfaatnya memperlancar proses pencernaan dan menyehatkan organ pencernaan.
  4. Vitamin C sebesar 10,2%, manfaatnya menjaga daya tahan tubuh dan merangsang pembentukan sel dan jaringan baru.
  5. Magnesium sebesar 9,8%, manfaatnya menjaga fungsi otot dan sistem syaraf.
  6. Zat besi sebesar 7,4%, manfaatnya membantu metabolisme energi dan mengikat oksigen dalam darah.
  7. Tembaga sebesar 6,5%, manfaatnya membantu pembentukan sel darah merah.
  8. Fosfor sebesar 6,5%, manfaatnya untuk memperkuat tulang.
  9. Triptofan sebesar 1,4%, manfaatnya untuk mendukung pertumbuhan anak dan mempercepat penyembuhan saat sakit.
  10. Caumarin, berfungsi untuk mencegah munculnya sel tumor
  11. Betasianin, berfungsi untuk mencegah munculnya sel kanker dan menghancurkan sel-sel tumor


Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan


  • Mencegah dan Mengobati Anemia

Jika kamu memiliki penyakit anemia, buah bit adalah solusinya. Mengapa? Karena buah bit mengandung zat besi, nah zat besi ini dapat membantu pembentukan sel darah merah dan membantu darah mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

  • Menjaga kesehatan jantung

Buah bit ternyata juga dapat menjaga kesehatan jantung. Di dalam buah bit terdapat kandungan kalium yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi yang dapat menghambat sirkulasi darah melalui jantung sehingga dapat mempengaruhi kesehata jantung. Tidak hanya itu, mengkonsumsi jus buah bit dapat bermanfaat dalam mengurangi konsentrasi homosistein karena mengandung betain. Homosistein merupakan sebuah zat yang dapat mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah perifer dan juga stroke, sehingga timbunan lemak di dalam tubuh yang menghambat aliran darah ke jantung dapat berkurang.

  • Menurunkan Kolesterol

Kandungan lainnya yang bermanfaat pada buah bit yaitu Anti-oksidan yang dapat menurunkan tingkat Kolesterol dengan ampuh dan bisa membuat tubuh kamu menjadi lebih sehat. Seperti yang diketahui bahwa kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh merupakan salah satu faktor yang memicu Penyakit Jantung, jadi dengan cara tidak langsung buah bit bisa mencagah dari timbulnya penyakit jantung.

  • Menjaga kesehatan mata

Buah yang memiliki warna merah menyala seperti buah bit ini, mengindikasikan bahwa buah bit mengandung tinggi betakaroten. Nutrisi ini merupakan nutrisi utama untuk mata. Penelitian melaporkan bahwa kandungan dua senyawa penting  lutein dan zeaxanthin bermanfaat bagi retina mata. Nah, jika kamu menginginkan hasil yang maksimal, kamu bisa memadukan jus buah bit dengan wortel atau dengan buah naga.

  • Mencegah dan Mengobati Kanker

Manfaat buah bit untuk kanker ini dapat kamu lakukan dengan cara mengkonsumsi jus buah bit secara rutin. Agar hasilnya maksimal untuk menghancurkan sel kanker, jus buah bit sebaiknya dicampur dengan sayuran lainnya misalnya saja wortel, bayam, parsley, dan seledri. Campuran jus buah bit dengan berbagai sayuran ini dapat membantu menghancurkan sel tumor dan juga kanker dalam tubuh.

Manfaat Buah Bit Untuk Kecantikan


  • Mencegah Penuaan Dini

Jus buah bit ternyata mampu melindungi kulit dari penuaan dini. Benarkah demikian? Ya, buah bit memiliki manfaat, salah satunya adalah mencegah penuaan dini. Buah bit memiliki antioksidan yang tinggi, sehingga mampu melindungi kulit dari penuaan dini. Zat bernama Lycopene yang ditemukan dalam jus bit bisa mempertahankan elastisitas kulit dan melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari yang keras. Dengan meminum jus bit ini dapat membantu menetralisir efek radikal bebas sehingga kamu bisa awet muda lebih lama.

  • Menghilangkan kulit kusam

Bagi kamu yang sering beraktifitas diluar ruangan dan sering terkena debu, sebaiknya kamu sering menggunakan masker dari ampas buah bit ini agar mendapatkan kulit elegan, sehat dan bercahaya.

  • Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Mengkonsumsi jus buah bit juga memiliki manfaat sebagai pencegahan sekaligus juga dapat mengatasi radang kulit seperti halnya bisul maupun jerawat. Jus buah bit memiliki sifat anti-inflamasi yang dan Kulit Berminyak

  • Mengurangi Kulit Berminyak

Buah bit dapat mengurangi kulit kmau yang berminyak. Caranya mudah, hanya dengan mengoleskan jus buah bit pada wajah yang berminyak lalu diamkan hingga kering. Setelah itu gunakan susu untuk membersihkan jus buah bit yang mengering. Buah bit ini bermanfaat dapat meringankan peradangan yang terjadi pada jerawat dari luar maupun dari dalam.

  • Mempercantik Kulit

Mengkonsumsi jus buah bit secara teratur dapat memurnikan darah dari dalam, membersihkan racun dan juga kelebihan air dari dalam tubuh, memperbarui sel kulit yang rusak, serta memberikan nutrisi sehingga kulit akan tampil bercahaya dan sehat. Karena kulit yang kusam dan berjerawat bisa juga disebabkan karena darah yang kotor.

Penutup

Jadi, buah bit  memang mempunyai banyak khasiat entah itu untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit. Buah bit ini dapat dikonsumsi baik dengan cara diminum maupun saat digunakan untuk perawatan tubuh seperti masker. Tidak hanya buah bit yang memiliki banyak manfaat, sebenarnya ada banyak sekali tanaman, buah dan sayur yang juga memiliki jutaan manfaat bagi kesehatan manusia.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar