Manfaat dan Kandungan Lidah Buaya


Manfaat dan Kandungan Lidah Buaya
Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kecantikan. Pernahkah kamu menggunakan lidah buaya untuk kesehatan atau kecantikan? Mungkin sebagian dari kmau pernah melakukannya. Nah artikel kali ini akan membahas tentang manfaat dari lidah buaya itu sendiri.

Lidah buaya merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sangat banyak dibudidayakan di Indonesia. Setiap rumah yang memiliki tanaman pasti akan memiliki tanaman lidah buaya ini. Bentuknya yang unik menjadikan tanaman lidah buaya menjadi tanaman hias. Selain bentuknya yang unik, tanaman lidah buaya juga sangat kaya manfaat. Mulai dari untuk kebutuhan kulit, wajah, dan rambut semua dapat dicukupi dengan kandungan nutrisi lidah buaya. Selain itu, lidah buaya diketahui juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi memaksa seseorang untuk terus adu ide membuat banyak hal baru, misalnya produk perawatan kulit. Tahukah kamu bahwa lidah buaya saat-saat ini telah berubah fungsi menjadi bahan baku farmasi dan kosmetik banyak industri, sementara mereka yang bergerak di bidang pangan biasanya menggunakan lidah buaya sebagai bahan makanan ataupun minuman kesehatan.

Baca juga artikel : Penyebab Penyakit Diabetes

Kandungan Lidah Buaya

Lidah buaya juga dikenal dengan nama Aloevera. Tahukah kamu bahwa lidah buaya sangat kaya akan nutrisi dan vitamin? Ya, hal ini terbukti karena lidah buaya memiliki banyak manfaatnya. Sebenarnya apa saja sih kandungan lidah buaya ini? Nah ini dia jawabannya.

Berikut ini merupakan kandungan vitamin dan nutrisi yang ditemukan dalam 100 gram lidah buaya.

  1. Kandungan vitamin B1 sebanyak 0,01 miligram
  2. Kandungan zat besi sebanyak 0,8 miligram
  3. Kandungan fosfor sebanyak 186 miligram
  4. Kandungan kalsium sebanyak 85 miligram
  5. Kandungan karbohidrat sebanyak 0,4 gram
  6. Kandungan lemak sebanyak 0,2 gram
  7. Kandungan protein sebanyak 0,1 gram
  8. Kandungan energi 4 kilokalori

Kandungan-kandungan vitamin dan nutrisi tersebut adalah yang menjadi alasan lidah buaya kaya akan manfaat.

Apa Saja Sih manfaat Lidah Buaya?


  • Mengurangi Rasa Gatal Pada Kulit

Manfaat lidah buaya yang pertama adalah mengurangi rasa gatal pada kulit. Rasa gatal yang seperti apa sih? Nah yang dimaksud disini adalah rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Bagaimana cara mengurangi rasa gatal dengan lidah buaya? Caranya mudah yaitu cukup dengan menggunakan lendir pada lidah buaya untuk mengoles permukaan kulit yang mengalami gatal-gatal. Nah teknik ini bisa kamu lakukan cukup dua kali dalam sehari.

  • Membantu mengobati herpes

Herpes adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi Herpes Simplex Virus (HSV). Penyakit kulit ini kerap ditemui dengan ciri berupa bintik-bintik merah bergerombol yang berisi gelembung-gelembung air pada kulit, yang terasa panas dan gatal.

Herpes ini bersifat kambuh-kambuhan atau dapat muncul kembali setelah sembuh bila sistem imun kamu sedang turun. Nah bagaimana cara mengobati herpes dengan lidah buaya? Caranya adalah bagian lidah buaya yang dapat digunakan adalah 0.5% ekstrak lidah buaya yang telah diolah dalam bentuk krim. kamu dapat menemukan produk ini dengan berbagai merk di pasaran. Oleskan krim ini 3x sehari selama 5 hari sampai 2 minggu.

Yang perlu kamu ingat bahwa lama penyembuhan penyakit herpes sangat ditunjang oleh sistem imun tubuh kamu yang baik.

  • Mencerahkan kulit

Manfaat lidah buaya selanjutnya adalah dapat mencerahkan kulit. Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah, kamu hanya mengoleskan sedikit gel lidah buaya ke bagian kulit kamu, hanya dengan cara ini saja kulitmu akan menjadi cerah sempurna. Tidak hanya itu, lidah buaya juga ampuh meringankan sengatan dari matahari. Lidah buaya juga membantu dalam menyembuhkan lepuh akibat gigitan serangga eczema etcetera.

  • Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat selanjutnya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kok bisa? Ya, sebab lidah buaya adalah sumber yang kaya akan vitamin seperti Vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan E, asam folat, dan Niacin. Nah kandungan inilah yang mampu meningkatkan sistem pertahanan tubuh sehingga melindungi kamu dari segala jenis stres oksidatif.

  • Membantu mengendalikan diabetes

Salah satu manfaat lidah buaya adalah membantu mengendalikan diabetes. Lidah buaya bila dikonsumsi baik dalam bentuk jus atau gel, berfungsi sebagai obat tradisional untuk mengobati diabetes, karena membantu dalam menjaga kadar gula darah.

Melihat begitu banyak manfaat tanaman lidah buaya ini, sudah sewajarnya jika kita mulai menanam tanaman ini di teras rumah. Selain sebagai tanaman hias, suatu saat bisa digunakan sebagai obat tradisional.

  • Melakukan Detoksifikasi / Pengeluaran Racun dalam Tubuh

Manfaat lidah buaya selanjutnya adalah melakukan detoksifikasi. Lidah buaya ternyata mengandung protein yang memiliki manfaat untuk menetralkan racun-racun yang masuk ke dalam tubuh manusia. Nah, racun-racun ini sangat berbahaya dan dapat mengancam kesehatan tubuh kita. Oleh sebab itu, mengkonsumsi lidah buaya sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan keefektifan dari penetralan racun.

  • Melebatkan Rambut

Banyak orang yang sudah mengetahui salah satu manfaat lidah buaya yaitu dapat melebatkan rambut. Hal ini terbukti sebab lidah buaya banyak dipakai sebagai bahan untuk pembuatan shampo. Salah satu manfaat lidah buaya untuk rambut adalah meningkatkan pertumbuhannya, sehingga rambut menjadi lebih lebat. Lidah buaya memiliki kandungan enzim yang mampu membuang sel kulit mati yang menghambat pertumbuhan rambut. Selain itu alkalisasi dari lidah buaya juga dapat membuat kadar pH rambut menjadi lebih baik dan normal, sehingga rambut pun dapat tumbuh lebih lebat.

Efek Samping Lidah Buaya

Ternyata lidah buaya dapat menyebabkan efek samping bagi tubuh manusia. Kok bisa? Apa sih penyebabnya? Berikut penjelasannya.

  • Alergi

Efek samping yang pertama adalah alergi. Kok bisa lidah buaya menyebabkan alergi? Ternyata lidah buaya mengandung zat alergan yang tak baik bagi mereka pengidap alergi terhadap tanaman yang termasuk keluarga lily. Apa saja sih reaksi yang dapat ditimbulkan? Nah reaksi yang dapat ditimbulkan oleh lidah buaya bagi pengidap alergi berupa gatal-gatal, iritasi pada kulit, kram pada bagian tubuh tertentu dan dapat menyebabkan diare.

Karena reaksi alergi yang ditimbulkan cukup serius, para pengidap alergi ini harus berhati-hati terhadap lidah buaya. Apalagi lidah buaya ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan suatu produk tertentu. Terutama sekali digunakan pada produk perawatan kecantikan seperti shampo untuk rambut. Bagi kamu yang memiliki alergi terhadap lidah buaya, sebaiknya baca kemasan produk dengan teliti sebelum membeli. Nah jika terdapat kandungan lidah buaya, sebaiknya kamu tidak usah membeli.

  • Ketidakseimbangan Gula Darah

Efek samping yang kedua adalah ketidakseimbangan gula darah. Mayo Clinic menyatakan bahwa lidah buaya yang dikonsumsi secara oral memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah. Oleh karena itu, lidah buaya tidak boleh diambil oleh orang yang menderita diabetes kecuali di bawah pengawasan tenaga kesehatan. Lidah buaya memiliki kontraindikasi dengan obat-obatan seperti hypoglycemics seperti insulin, DiaBeta, metformin, glyburide, dan glipizide.

  • Kematian

Efek samping serius dan menakutkan dari lidah buaya adalah dapat menyebabkan kematian. Hal ini terjadi apabila mengkonsumsi lidah buaya secara langsung dalam jumlah yang berlebih. Yaitu mengkonsumsi dosis toksis lidah buaya yang lebih dari 1 gram per harinya. Hal ini sangat berbahaya bagi tubuh sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan menyebabkan diare berdarah. Jika hal tersebut tidak segera ditangani dengan baik, maka resiko kematian mungkin saja terjadi.

  • Kanker Kolorektal

Penggunaan lidah buaya secara oral untuk jangka waktu satu tahun atau lebih dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal. Selain itu menurut penelitian genotoxicity menunjukkan bahwa obat pencahar yang mengandung lidah buaya menimbulkan risiko kanker kolorektal bahkan meskipun digunakan sesuai petunjuk. Menurut website Flora, bakteri Pseudomelanosis coli bisa timbul akibat penggunaan lidah buaya dalam jangka panjang, yang merupakan penyebab risiko kanker kolorektal.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar