Manfaat dan Jenis-Jenis Jamu


Manfaat dan Jenis-Jenis Jamu
Apakah kamu pernah meminum jamu? Nah, jamu adalah minuman tradisional warisan nenek moyang kita. Jamu memiliki macam-macam jenis dengan masing-masing manfaatnya bagi tubuh manusia.

Jamu merupakan sejenis obat-obatan herbal tradisional yang berasal dari Indonesia. Herbal ini biasanya dibuat dari bahan-bahan alami, seperti dari beberapa bagian tanaman berupa rimpang, batang, daun, bunga, maupun buah dari berbagai tanaman. Namun dalam beberapa jenis jamu, ramuan diolah dari beberapa bagian tubuh hewan seperti tangkur buaya, empedu hewan ternak seperti kambing, empedu hewan liar seperti ular, maupun dari telur ayam kampung yang seringkali digunakan sebagai bahan campuran jamu.

Salah satu alasan mengapa seseorang sering mengkonsumsi jamu adalah karena jamu memiliki khasiat atau manfaat yang sama dengan obat modern. Jamu lebih aman dikonsumsi karena mengandung bahan herbal dan jarang menggunakan bahan kimia dalam pembuatannya maupun proses pembuatannya. Dengan mengkonsumsi jamu seseorang bisa mendapatkan apa yang diinginkan tanpa khawatir efek samping.

Biasanya kaum wanita yang sering mengkonsumsi jamu, membeli jamu dari penjual jamu gedong atau meracik sendiri dari bahan herbal. Manfaat minum jamu sudah tidak diragukan lagi. Anda yang ingin sehat tidak ada ruginya mengkonsumsi jamu. Dibalik rasa jamu yang kadangkala getir bahkan pahit tersembunyi khasiat yang sangat istimewa.

Di berbagai kota besar terdapat profesi penjual jamu gendong yang berkeliling menjajakan jamu sebagai minuman yang sehat dan menyegarkan. Selain itu jamu juga diproduksi di pabrik-pabrik jamu oleh perusahaan besar, dan dijual di berbagai toko obat dalam kemasan sachet. Pada perkembangan selanjutnya jamu juga dijual dalam bentuk tablet, kaplet dan kapsul.

Seiring berkembangnya ilmu obat-obatan, tak ketinggalan jamu semakin bervariasi. Dalam jamu ditambah berbagai macam racikan. Dalam karya tulis ini penulis mencoba untuk membahas tentang manfaat jamu, serta membahas tentang risiko penggunaan jamu dalam jangka panjang.

Baca juga artikel tentang : Manfaat Alami Buah Kiwi

Apa Saja Sih Jenis-Jenis Jamu dan Manfaatnya?

  • Beras Kencur
Pernahkah kamu minum jamu beras kencur? Nah, hampir semua orang Indonesia mengenal jamu beras kencur. Tahukah kamu bahwa jamu ini memiliki manfaat yang begitu banyak bagi tubuh? Ya, jamu ini memiliki manfaat yang begitu besar bagi kesehatan manusia. Jamu ini dibuat dengan bahan dasar beras dan rempah rempah. Jika kamu tidak ingin ribet untuk membuat beras kencur, kamu bisa membelinya di toko jamu tradisional. Nah dibawah ini adalah manfaat jamu beras kencur yang harus kamu tahu.

Manfaat jamu beras kencur  :
  1. Untuk menghilangkan pegal-pegal dan linu
  2. Dapat meringankan gangguan batuk
  3. Menambah nafsu makan, terutama bagi anak-anak
  4. Memberikan efek kebugaran bagi tubuh
  5. Menyembuhkan perut kembung

  • Jamu Kunyit Asam
Nah bagi kamu pecinta jamu, pasti kamu mengetahui jenis jamu ini, Jamu kunyit asam. Nah, jamu ini adalah jamu yang juga paling banyak dicari selain beras kencur. Bahkan banyak orang yang telah mengetahui khasiat jamu ini, seingga para produsen jamu mengemas jamu kunyit asam ini dalam bentuk kemasan sachet. Bahan utama pembuatan jenis jamu ini adalah kunyit dan asam jawa, namun diberi beberapa tambahan bahan seperti gula merah, temulawak dan rempah lain.

Inilah manfaat jamu kunyit asam :
  1. Dapat membantu melangsingkan tubuh
  2. Dapat membantu mengatasi masalah menstruasi
  3. Memperlancar peredaran darah
  4. Menjaga proses metabolisme tubuh agar tetap dalam kondisi sehat
  5. Kandungan kurkumin dalam jamu ini dapat membantu mengobati luka pada lambung
  6. Kandungan minyak atsiri dapat berkhasiat sebagai anti-inflamasi
  7. Dapat membantu mengobati sariawan atau panas dalam
  8. Dapat memberikan efek dingin pada perut.
Catatan :
Sebaiknya jamu ini tidak dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil muda, karena sifat memperlancar haid pada jamu ini dipercaya dapat menimbulkan efek keguguran.

  • Jamu Sirih Pinang
Jamu sirih inang merupakan salah satu jenis jamu yang juga memiliki khasiat bagi tubuh. Salah satu yang terkenal dari jamu ini adalah khasiatnya untuk membuat para suami betah dirumah. Sesuai dengan namanya jamu ini terbuat dari bahan utama yaitu sirih dan pinang. Jamu sirih pinang berkhasiat untuk merawat organ intim wanita. Dengan mengkonsumsi secara rutin jamu sirih pinang bisa membuat keharmonisan rumah tangga kamu. Jamu ini sangat di anjurkan untuk wanita yang baru melahirkan karena jamu ini berfungsi mengembalikan organ intim wanita menjadi rapet seperti perawan.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi jamu ini antara lain adalah :
  1. Dapat membantu mengatasi masalah keputihan
  2. Menghilangkan bau badan yang tidak sedap
  3. Dapat membantu memperkuat gigi
  4. Merapatkan vagina
  5. Mengecilkan rahim di perut

  • Temulawak
Jamu temulawak merupakan salah satu jenis jamu yang memmiliki rasa yang pahit dimulut, tetapi walaupun demikian jamu ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Sesuai dengan namanya, jamu ini berbahan dasar utama temulawak. Nah, temulawak sendiri memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan hati, jantung, ginjal, dll.  Bagaimana cara membuat jamu ini? Cara pembuatan jamu temulawak ini sangatlah mudah, yaitu cucilah temulawak hingga bersih, kemudian iris tipis tipis lalu rebus dengan air hingga mendidih. Jika sudah saring temulawak agar jamu temulawak bebas dari ampas. Nah bagi kamu yang tidak tahan dengan rasanya yang pahit, kamu bisa menambahkan gula dalam jamu ini.

Manfaat yang bisa diperoleh dari ramuan ini adalah :
  1. Dapat membantu mencegah hepatitis
  2. Membantu produksi cairan empedu
  3. Menghilangkan gejala masuk angin
  4. Menyembuhkan sakit kepala
  5. Mengobati jerawat

  • Sinom
Jamu sinom merupakan minuman khas jawa yang sangat di sukai oleh semua orang dan mempunyai segudang khasiat. Jamu sinom berbahan dasar dari asam jawa, daun asam muda, gula asli dan kunyit yang di rebut dengan air hingga mendidih. Sinom  bisa di sajikan secara dingin dan mendidih dan semuanya terasa menyegarkan. Jamu sinom bermanfaat untuk melancarkan haid, melangsingkan tubuh, mengurangi ngilu dan mencegah sumbelit. Jamu jenis ini menggunakan bahan utama sinom atau daun asam yang masih muda. Selain bermanfaat untuk menyegarkan tubuh, campuran kapulaga, pala, kayu manis dan gula merah di dalamnya menjadikan jamu ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Jamu Sinom :
  1. Mendetoksifikasi tubuh dengan alami
  2. Membantu pemulihan kesehatan menjadi lebih cepat
  3. Menurunkan resiko sakit kuning
  4. Mencegah peradangan lambung
  5. Menambah nafsu makan alami

  • Jamu kunci sirih
Jamu kunci sirih adalah ramuan tradisional dengan bahan utamanya yaitu kunci dan juga daun sirih. Nah tahukah kamu bahwa jamu ini dapat mengatasi gangguan kewanitaan? Ya, jamu ini sudah terbukti dan dipercaya dapat mengatasi berbagai macam gangguan kewanitaan. Dalam proses pembuatannya, terkadang para tukang jamu menambahkan beberapa bahan lain seperti daun luntas, kunyit, jahe, kencur, kapulaga, kayu manis, asam jawa, serai, jeruk nipis, gula jawa, garam, buah delima, pinang, serta majakan.

Berikut merupakan beberapa manfaat dari mengkonsumsi jamu kunci sirih.
  1. Dapat membantu mengatasi masalah keputihan
  2. Menghilangkan bau badan yang tidak sedap
  3. Dapat membantu memperkuat gigi
  4. Merapatkan vagina
  5. Mengecilkan rahim di perut

  • Jamu Gepyokan
Jamu uyup-uyup alis jamu gepyokan ini sangat baik bagi ibu-ibu yang dalam masa menyusui. Bahan pembuatan jamu uyup-uyuo ini dari empon-empon yang terdiri dari kencur, jahe, bengle, laos, kunir, temulawak, puyang, dan temugiring. Selain berkhasiat meningkatkan produksi ASI, jamu gepyokan ini juga dipercaya menghilangkan bau badan yang kurang sedap baik pada ibu maupun bayinya dan juga bisa mengatasi kembung.

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari jamu gepyokan antara lain adalah :
  1. Dapat meningkatkan jumlah produksi ASI
  2. Dapat menghilangkan bau badan yang tidak sedap
  3. Dapat memberikan efek mendinginkan pada perut

Efek Samping Jamu

Seperti yang kita ketahui bahwa jamu memiliki segudang manfaat bagi tubuh manusia. Tapi tahukah kamu bahwa jamu memiliki efek samping yang ternyata dapat mengganggu kesehatan manusia? Nah, sebenarnya jamu terbuat dari bahan-bahan alami, sehingga tidak memiliki efek samping bagi kesehatan manusia. Akan tetapi jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan tanpa diimbangi dengan minum banyak air putih dapat mengganggu kinerja organ ginjal.

Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk membuang air, sisa cairan, serta metabolit dalam tubuh yaitu dengan melakukan penyaringan darah yang telah tersuplai ke organ tersebut. Nah jika kita tidak banyak mengkonsumsi air putih maka darah yang disuplai ke ginjal untuk disaring akan terkonsentrasi cukup pekat, apalagi setelah ditambah dengan senyawa yang ada pada jamu yang dikonsumsi.

Hal tersebut justru dapat membuat organ ginjal cepat rusak, karena ia harus bekerja keras untuk menyaring darah yang cukup pekat tersebut. Nah, untuk kamu pecinta jamu, selalu imbangi dengan minum air putih yang banyak untuk tetap menjaga kesehatan. Karena air putih sangatlah penting untuk membantu memudahkan kinerja organ ginjal. Mengkonsumsi jamu yang terbuat dari bahan-bahan sintesis  atau jamu kemasan yang sudah kadaluwarsa akan mengakibatkan efek yang lebih membahayakan dan dapat menyebabkan komplikasi.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar