Manfaat Bunga Mawar Yang Tidak Kamu Ketahui


Manfaat Bunga Mawar Yang Tidak Kamu Ketahui
Pernahkah kamu membeli bunga mawar? Bunga mawar sering dilambangkan sebagai tanda kasih sayang dan cinta. Tetapi tahukah kamu bahwa bunga mawar memiliki manfaat bagi tubuh kamu? Nah, artikel kali ini akan membahas tentang manfaat dari bunga mawar untuk kesehataan kamu.

Bunga mawar selain dikenal sebagai sebuah lambang dari kasih sayang juga dikenal sebagai bunga yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Dibalik bentuknya yang indah selain dapat dijadikan sebagai bunga hias juga memberikan banyak manfaat bagi ksehatan dan kecantikan khususnya bagi kaum wanita.

Mawar yang memiliki nama latin Rosa canina adalah tanaman hias yang menghasilkan bunga dengan warna-warni yang indah. Entah sejak kapan, bunga mawar sering dijadikan sebagai lambang cinta. Terutama mawar merah. Di Indonesia sendiri bunga mawar digunakan untuk berbagai keperluan dari mulai bunga hias, bunga meja atau bunga tabur.

Mawar merupakan salah satu tanaman yang termasuk ke dalam family Rosaceae. Umumnya, spesies mawar berupa tanaman semak yang berduri dan menjalar, tingginya bisa mencapai 2-5 meter.
Sebenarnya, mawar bukan jenis tanaman tropis.

Sebagian besar spesies mawar yang tumbuh di Asia Tenggara merontokkan seluruh daunnya, sehingga hanya beberapa jenis yang bisa selalu berdaun hijau sepanjang tahun. Biasanya, warna bunga mawar adalah putih, merah jambu, kuning, dan merah. Umunya, mawar memiliki duri-duri kecil yang tajam dibagian tangkainya. Namun, beberapa jenis mawar mempunyai duri yang tidak berkembang dan tidak tajam.

Sebetulnya Mawar tidak hidup di daerah yang ber iklim tropis, di Asia Tenggara Mawar berdaun hijau sepanjang tahun. Bunga Mawar menghasilkan buah Agregat yang di sebut Rose Hips. Di dalam buah Rose Hips mengandung Vitamin C yang sangat banyak yang kemudian termasuk sumber Vitamin C yang sangat alami. Buah ini di sukai oleh burung pemakan buah yang akan membantu dalam penyebaran biji mawar yang di keluarkan dari kotorannya.

Baca juga artikel : Manfaat dan kandungan Lidah Buaya

Apa Saja Sih Kandungan Bunga Mawar?

Di dalam bunga Mawar terkandung beberapa zat kimi yaitu sebagai berikut.

  1. Sitroneol
  2. Linalo
  3. Eugenol
  4. Sitral
  5. Geraniol
  6. Kohok
  7. Famesol
  8. Nonilaldehida
  9. Fenileti
  10. Antosianin
  11. Vitamin B
  12. Vitamin C
  13. Vitamin EVitamin K
  14. Zat Tanin
  15. Asam Geranik
  16. Flavonoid
  17. Pectin
  18. Terpene
  19. Vanillin
  20. Karetonoid
  21. Stearopten
  22. Poliphenol


Apa Saja Sih Manfaat dari Bunga Mawar?


  • Mengurangi sakit kepala

Manfaat yang pertama bunga mawar adalah dapat mengurangi sakit kepala. Kandungan zat yang bersifat menangkan di dalam Bunga Mawar ternyata dapat memberikan sifat tenang dan akan memberikan efek aroma terapi yang di yakini dapat memberikan terapi dalam mengurani rasa sakit yang ada di kepala kamu.

  • Merawat Kulit

Seperti apa sih kulit sehat itu? Kulit yang sehat adalah kulit dengan pH yang stabil, nah salah satu cara untuk menjaga keseimbangannya yaitu dengan air buang mawar. Air bunga mawar dapat dipakai sebagai bahan alami perawatan kulit karena dapat menyeimbangkan produksi sebum pada kulit. Air bunga mawar dapat merawat kulit baik kulit dalam kondisi kering atau berminyak. Manfaat Vitamin E juga dapat dipercayai dapat merawat kulit sehingga kulit menjadi terlihat sehat dan berkilau.

Kulit yang sehat adalah kulit dengan pH yang stabil, salah satu cara untuk menjaga keseimbangannya yaitu dengan air buang mawar. Air bunga mawar dapat dipakai sebagai bahan alami perawatan kulit karena dapat menyeimbangkan produksi sebum pada kulit. Air bunga mawar dapat merawat kulit baik kulit dalam kondisi kering atau berminyak. Manfaat Vitamin E juga dapat dipercayai dapat merawat kulit sehingga kulit menjadi terlihat sehat dan berkilau.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Selain bunga mawar yang dapat dimanfaatkan sebagai obat biji pada bunga mawar pun dapat memberi manfaat bagi kesehatan dan kecantikan para wanita yaitu dapat menurunkan tekanan darah dan tingkat kolesterol pada tubuh manusia. Kamu dapat mencoba berbagai cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi seperti menggunakan oatmeal, bawang putih, dan mengkudu karena 11 manfaat oatmeal, 12 manfaat bawang putih bagi kesehatan, Kandungan Manfaat Buah Mengkudu dan Efek sampingnya memiliki kesamaan dengan daun saga yaitu dapat menurunkan tekanan darah.

  • Mengobati Haid yang Tidak Teratur

Manfaat bunga mawar sangat beragam salah satunya dapat mengobati siklus haid yang tidak teratur sama halnya dengan 42 manfaat kulit manggis bagi kesehatan dan 13 manfaat daun alpukat dan efek sampingnya. Nah, bagaimana caranya? Caranya mudah, hanya dengan menyiapkan 15 gram bunga mawar, bunga asoka atau siantan, dan 90 gram lidah buaya. Kemudian bersihkan semua bahan dan rebus ketiga bahan tersebut dengan 600 cc air hingga air hanya tersisa 200 cc. Saring dan minum dua kali sehari sesudah makan dan lihatlah hasilnya dalam dua minggu.

  • Mengatasi Mata Lelah

Tidak hanya itu, ternyata air bunga Mawar juga dapat mengatasi masalah mata lelah akibat kurangnya tidur. Tanda-tanda mata lelah dapat terlihat dengan kehadiran mata panda atau lingkar hitam di bawah mata. Bagaimana cara mengaplikasikan air mawar ini? Caranya mudah, kamu cukup mengompreskan air bunga mawar tersebut ke mata kamu dan liahatlah hasilnya dalam seminggu.

  • Air Mawar Untuk Rambut

Jika kondisi keadaan rambut kepala kering, banyak ketombe, kotor-kotor dan mengalami iritasi. Ada baiknya kamu mencoba untuk menyiram kepala kamu dengan air mawar. Karena mawar mengandung antiseptik alami sehingga dapat menjadikan rambut dan kulit kepala menjadi bersih.

  • Mengatasi Jerawat

Ternyata bunga mawar dapat digunakan untuk membasuh kulit wajah kamu yang berjerawat. Selain berfungsi sebagai antiradang dan antiseptik, air mawar juga berfungsi sebagai pembersih dengan membersihkan pori-pori. Gunakan air mawar ini untuk membasuh wajah kamu minimal dua kali sehari.

  • Menenangkan saraf.

Bunga mawar selain bisa dinikmati keindahannya, juga bisa dicium keharumannya. Keharuman bunga mawar bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Oleh karena itu, bunga mawar juga banyak digunakan sebagai bahan aroma terapi, bahan utama untuk lulur, masker, dan lain-lain.

Lulur dan masker mawar dapat memperkecil pembesaran pori-pori wajah yang dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang. Dengan mengaplikasikan lulur dan masker mawar secara teratur, maka kulit akan menjadi lebih halus. Nah selanjutnya untuk masker wajah, sebaiknya dipakai seminggu maksimal dua kali untuk mendapatkan hasil maksimal dalam waktu lebih cepat. Baik dipakai sebelum tidur supaya ketika tidur wajah tetap dalam kedaaan bersih.

Kemudian jangan lupa untuk menggunakan toner dari bunga mawar setelah memakai masker supaya kelembapan kulit tetap terjaga setelah pemakaian masker. Demikian juga untuk lulur, sebaiknya lulur dipakai maksimal dua kali seminggu supaya kulit tetap terjaga kelembutannya.

  • Mempercepat regenerasi kulit

Salah satu manfaat selanjutnya adalah dapat mempercepat regenerasi kulit. Bunga mawar ternyata mengandung vitamin A, vitamin A ini memiliki fungsi dapat membantu regenarasi kulit pada wajah. Kulit-kulit mati yang harus di ganti dengan kulit baru akan dirangsang dengan cepat. Dengan bergantinya kulit lama dengan kulit yang baru, akan membuat wajah kamu akan tampak lebih cerah. Kandungan Vitamin A bisa kamu dapatkan dari ekstrak Air Bunga Mawar.

  • Meningkatkan Kolagen

Salah satu manfaat bunga mawar adalah meningkatkan kolagen. Bunga mawar ternyata mengandung Vitamin C yang cukup tinggi dan hal ini bermanfaat untuk efek meningkatkan sistem kolagen yang ada di dalam tubuh kamu.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar