Manfaat Buah Naga


Manfaat Buah Naga
Pernahkah kalian mencicipi buah naga? Tentunya kalian pasti pernah mencoba buah yang satu ini karena rasanya yang enak dan tampilannya juga menarik. Tahukah kamu bahwa buah naga memiliki dampak yang positif bagi kesehatan tubuh? Nah artikel kali ini kita akan membahas tuntas seputar manfaat buah naga.

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah naga? Buah naga adalah salah satu buah yang telah populer belakangan ini di Indonesia. Buah ini menjadi terkenal karena manfaatnya yang begitu banyak bagi kesehatan tubuh manusia. Selain manfaatnya yang begitu terkenal, buah naga pun memiliki rasa dan tampilan yang menarik bagi penikmatnya, sehingga inilah alasan mengapa semua orang mengagumi buah yang satu ini.

Mengapa buah naga bermanfaat bagi kesehatan manusia? Ya, sebab buah naga kaya akan nutrisi, vitamin dan kaya akan lemak tak jenuh yang begitu penting bagi tubuh manusia. Nah, Serat yang terknadung pada buah naga juga memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan dan mengatur kadar gula darah. Tidak hanya itu saja, ternyata pada bagian biji buah ini juga memiliki manfaat bagi manusia karena mengandung asam lemak esensial dalam jumlah yang banyak. Zat-zat inilah yang membuat buah naga sangat baik untuk kesehatan tubuh, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi sehari-hari, sama seperti buah apel.

Buah naga atau sering disebut pitaya sebenarnya berasal dari benua Amerika. Buah satu ini banyak terdapat di daerah Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Akan tetapi buah naga sekarang ini sudah menyebar keseluruh penjuru dunia, termasuk salah satunya di negara Indonesia.

Nah tahukah kamu sejarah dinamakannya buah naga? Istilah buah naga ternyata berasal dari sebutan Thang Loy (bahasa Vietnam), kemunculan sebutan tersebut dilatarbelakangi karena memang jaman dahulu bangsa Vietnam memiliki kebudayaan dekat dengan China. Biasanya buah satu ini diletakan diantara dua patung naga, dari sinilah buah tersebut disebut dengan buah naga atau dragon fruit.

Baca juga artikel : Gejala dan Cara Pencegahan Penyakit Lupus

Apa Saja Sih Kandungan Nutrisi Pada Buah Naga?

Kandungan nutrisi dalam buah naga ternyata sangatlah banyak. Mulai dari vitamin, protein, serat, dan mineral. Secara sederhana dalam 100 gram buah naga, terkandung gizi dengan rincian sebagai berikut ini.
  1. Air sebanyak 87 gram
  2. Thiamine atau Vitamin B1 sebanyak 0,04 miligram
  3. Riboflavin atau Vitamin B12 sebanyak 0,05 miligram
  4. Niasin atau Vitamin B3 sebanyak 0,16 miligram
  5. Asam askorbat atau Vitamin C sebanyak 9,4 miligram
  6. Protein sebanyak 1,1 gram
  7. Serat sebanyak 0,71 gram
  8. Kalsium sebanyak 134,5 miligram
  9. Karbohidrat sebanyak 11,5 gram
  10. Fosfor sebanyak 87 miligram
  11. Zat besi sebanyak 0,65 miligram

Apa Saja Sih Jenis-Jenis Buah Naga?

Seperti yang kita ketahui, buah naga yang kita kenal hanya ada dua jenis, yaitu buah naga merah dan buah naga putih. Akan tetapi tahukah kamu bahwa buah naga memiliki lebih dari dua jenis? Jenis buah naga sebenarnya ada 4, perbedaannya pun berdasarkan warna kulitnya. Nah, berikut ini merupakan jenis-jenis buah naga.
  • Hylocereus undatus
Hylocereuss Undatus adalah jenis buah naga yang memiliki kulit merah dan daging buah putih. buah naga jenis inilah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

  • Hylocereus Polyrhizus
Yang kedua adaah Hylocereus Polyrhius, jenis buah naga satu ini memiliki warna kulit pink atau merah muda, sedangkan daging buahnya memiliki warna yang merah.

  • Selenicereus megalanthus
Kemudian yang ketiga adalah Selenicereus Megalanthus, jenis buah naga yang ini memiliki warna kulit agak sedikit kuning dan daging buahnya memiliki warna putih (mirip jenis yang pertama).

  • Hylocereus costaricensis
Dan yang terakhir adalah Hylocereus Costaricensis, jenis yang terakhir ini merupakan jenis buah naga yang memiliki kulit dan daging buah berwarna merah. Bahkan warna merah antara daging dan kulit buah sangatlah pekat sekali.

Nah itulah jenis-jenis buah naga yang sebenarnya. Walaupun buah naga ini memiliki jenis yang berbeda-beda, akan tetapi khasiat buah naga tersebut pada dasarnya adalah sama.

Apa Sih Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Kita?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa buah naga memiliki kandungan nutrisi serta vitamin yang begitu banyak sehingga tentunya memiliki manfaat yang begitu banyak pula bagi tubuh. Dibawah ini merupakan beberapa manfaat dari buah naga sendiri serta penjelasannya untuk kesehatan manusia.

  • Mengurangi resiko penyakit jantung
Yang pertama, salah satu manfaat dari mengkonsumsi buah naga adalah dapat mengurangi serangan jantung, kanker, dan diabetes yang seperti kita ketahui penyakit ini merupakan penyakit-penyakit yang cukup mematikan. Mengapa? Sebab penyakit-penyakit tersebut sudah banyak sekali mehilangkan nyawa setiap menitnya.
Kok bisa sih buah naga dapat mengurangi resiko penyakit jantung? Ya, sebab buah naga satu ini ternyata mengandung kalium yang cukup tinggi. Kandungan mineral kalium ini dipercaya mampu melebarkan pembuluh darah, sehingga membuat kinerja jantung lebih ringan dalam mendistribusikan darah keseluruh bagian tubuh.

  • Meningkatkan Nafsu Makan
Manfaat yang kedua dari buah naga ini adalah dapat meningkatkan nafsu makan. Kok bisa? Ya, karena dalam buah ini terdapat kandungan vitamin B2 dan B1 yang dipercaya dapat menambah nafsu makan terutama bagi anak anak.

  • Mencegah Kanker
Kemudian manfaat yang ketiga adalah dapat mencegah kanker. Seperti yang kita ketahui bahwa Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh manusia saat ini. Kenyataan bahwa penyakit kanker belum ada cara penyembuhannya, membuat banyak orang sangat berhati-hati dan menjaga kesehatannya untuk tidak terkena kanker.

Nah, Salah satu cara mencegah kanker adalah dengan mengonsumsi buah naga. Mengapa? Sebab ternyata buah naga ini mengandung antioksidan phytoalbumin yang sangat banyak jumlahnya. Senyawa ini mampu meningkatkan pembentukan radikal bebas karsinogenik yang mencegah sel-sel kanker berkembang dalam tubuh. Selain itu buah naga juga mengefektifkan kerja pembuangan racun keluar dari tubuh, termasuk juga racun-racun yang memicu kanker.

  • Mencegah dan Mengatasi Diabetes
Kemudian manfaat buah naga yang keempat adalah dapat mencegah dan mengatasi diabetes. Buah naga memang mengandung gula, tetapi walaupun demikian, buah naga memiliki kadar serat yang sangat tinggi sehingga dapat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi diabetes.
Kandungan serat selama ini lebih dikenal untuk melancarkan pencernaan, padahal ada fungsi penting lainnya sebagai pengatur dan mengontrol kadar gula darah. Kandungan vitamin B3 yang cukup banyak juga dapat membantu mencegah dan mengatasi penyakit diabetes, terutama tipe 1 dan 2, yang merupakan tipe diabetes yang paling sering terjadi.

  • Membantu Pembentukan Sel Darah Merah (Hemoglobin)
Manfaat buah naga yang kelima adalah untuk membentuk sel darah merah. Nah, seperti yang kita tahu bahwa sel darah merah (hemoglobin) sangatlah dibutuhkan dalam tubuh. Pembentukannya dapat dilakukan dengan bantuan dari vitamin B12 atau riboflavin. Buah naga memiliki kandungan vitamin B12 (riboflavin) yang sangat tinggi. Sehingga jika kamu mengkonsumsi buah naga, hal ini baik karena dapat membantu pembentukan sel darah merah (hemoglobin) dalam tubuh.

  • Menetralkan Tubuh dari Racun yang Masuk
Manfaat buah naga yang keenam adalah dapat menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh manusia. Racun-racun yang masuk ke dalam tubuh manusia ini sangatlah berbahaya dan dapat mengancam kesehatan tubuh. Oleh karena itu, konsumsi buah naga sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan keefektifan dari penetralan racun.

  • Menjaga Kesehatan dan Membantu Kerja Syaraf
Manfaat yang ketujuh adalah untuk menjaga kesehatan dan membantu kerja sistem syaraf manusia. Kok bisa? Ya, sebab buah naga ternyata mengandung fosfor dan kalsium yang dapat berfungsi untuk membantu kerja syaraf. Khususnya pada sistem syaraf, dimana jika kamu mengkonsumsi buah naga hal ini baik karena dapat membuat fosfor dan kalsium sebagai transimi syaraf. Oleh karena itu, konsumsilah buah naga untuk menjaga kesehatam dan membantu kerja syaraf.

  • Menjaga Kesehatan Tulang
Manfaat buah naga berikutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Buah ini mengandung kalsium dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, hanya mencukupi 1% kebutuhan harian untuk setiap 100 gram buah, dibandingkan dengan 18% kebutuhan harian per 100 gram susu. Namun buah ini mengandung kandungan zat besi dalam jumlah lumayan. Perlu diingat bahwa zat besi juga cukup penting untuk kesehatan tulang. Dalam 100 gram buah naga terdapat 8% kebutuhan harian zat besi.

  • Menjaga sistem kekebalan tubuh
Manfaat yang terakhir dari buah naga adalah dapat menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Nah, seperti yang kita ketahui bahwa sistem kekebalan tubuh sangatlah penting bagi kesehatan, sebab apabila sistem kekebalan buruk berbagai macam penyakit akan sangat mudah menyerang tubuh. Baik itu penyakit yang bersifat ringan seperti flu, batuk, pilek, demam, maupun penyakit berbahaya seperti HIV/AIDS dan lupus.

Menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dapat kamu lakukan dengan mengonsumsi buah naga secara rutin. Dalam buah ini mengandung senyawa vitamin C, protein, dan potassium yang cukup tinggi. Kandungan-kandungan inilah yang bermanfaat untuk sistem imun/kekebalan tubuh.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar