Manfaat Buah Mangga


Manfaat Buah Mangga
Tahukah kamu manfaat dari buah mangga? Seperti yang kita ketahui bahwa mangga sering juga disebut sebagai rajanya buah-buahan. Mengapa? Buah mangga ini selain rasanya enak, mangga merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi, vitamin, mineral dan antioksidan.

Mangga telah dinobatkan sebagai buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Beberapa manfaat kesehatan yang mungkin didapatkan dengan mengkonsumsi mangga, termasuk penurunan risiko degenerasi makula, penurunan risiko kanker usus besar, kesehatan tulang bahkan manfaat bagi kulit dan rambut.

Buah mangga merupakan buah yang tergolong ke dalam marga Mangifera yang terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica, nama latin buah yang satu ini adalah Mangifera indica, Nama buah ini berasal dari Malayalam maanga. Kata ini dipadankan dalam bahasa Indonesia menjadi mangga; dan pada pihak lain, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain.
Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti: “(pohon) yang berbuah mangga, berasal dari India”. Berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurangnya semenjak 1500 tahun yang silam.

Sudah banyak orang yang percaya dengan manfaat buah mangga. Bahkan produk-produk kemasan minuman atau makanan banyak yang mencamtumkan mangga sebagai salah satu bahan pembuatannya. Mangga merupakan tumbuhan tropis yang sudah banyak dibudidayakan di seluruh belahan dunia. Kandungan vitamin C yang kaya seperti yang juga kita dapatkan dari manfaat jeruk, manfaat anggur dan manfaat lemon. Selain itu nutrisi penting lain, juga dapat kita dapatkan dari mengkonsumsi buah mangga.

Baca juga artikel : Ciri dan Jenis Jamur Beracun

Kandungan Buah Mangga

Mangga kaya akan vitamin A dan C. Sekitar 100 g mangga menyediakan 27,7 mg vitamin C dan 765 IU vitamin A, berturut-turut mampu memenuhi 46% dan 25,5% dari kebutuhan harian. Mangga juga mengandung vitamin B6, E, dan K dalam jumlah sedang. Mangga pun kaya akan mineral dan elektrolit penting. Yang paling menonjol adalah potassium, yakni sekitar 156 mg per 100 g, dan tembaga. Selain itu, masih ada magnesium, selenium, zat besi, kalsium, mangan, serta fosfor.
Yang tak kalah penting, mangga mengandung berbagai senyawa fitokmia yang berbeda menurut varietasnya. Tercatat ada 25 karotenoid berbeda yang ada di berbagai kultivar mangga, namun yang paling banyak adalah beta karoten yang memberi warna oranye pada mangga. Ada juga alfa karoten, beta cryptoxanthin, lutein zeaxanthin, dan likopen. Polifenol penting juga terdapat dalam daun mangga, termasuk mangiferin, xanthonoid, dan asam galat.

Apa Saja Sih manfaat Buah Mangga?


  • Pencegahan kanker

Manfaat yang pertama buah mangga adalah dapat mencegah kanker. Buah mangga mengandung senyawa pektin yang ternnyata dapat bermanfaat untuk membantu mencegah pengembangan kanker prostat. Penelitian yang dilakukan Institute for Food Research menemukan bahwa ada senyawa di dalam pektin bisa mengikat dan menghambat kerja galektin 3.

European Prospective Investigation of Cancer juga mengungkap kaitan erat antara konsumsi mangga dengan penurunan risiko kanker gastrointernal. Penelitian lain dari Texas Agrilife Research mengatakan bahwa antioksidan polifenol dalam mangga menawarkan perlindungan terhadap kanker darah, dan paru-paru, serta yang paling efektif terhadap kanker usus dan kanker payudara.

  • Menjaga kesehatan mata

Manfaat yang kedua buah mangga adalah dapat menjaga kesehatan mata. Tahukah kamu bahwa apa saja sih kandungan pada buah mangga ini? Nah, buah Mangga adalah sumber vitamin A dan flavonoid seperti beta-karoten, alfa-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Apa sih kegunaan vitamin A? Seperti yang kita tahu, vitamin A dapat membantu penglihatan yang baik dan mencegah kebutaan malam, serta mata kering. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit kamu.

  • Mengurangi Diabetes

Manfaat buah mangga yang ketiga adalah dapat mengurangi diabets. Kok bisa? Buah mangga ternyata memiliki indeks glikemik rendah sehingga mengkonsumsinya dalam jumlah yang agak banyak, tidak akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh kamu. Tidak hanya buahnya, daun mangga juga memiliki manfaatnya. Apa sih manfaatnya? Nah salah satunya untuk orang yang menderita diabetes, hanya dengan merebus 5-6 daun mangga rendam sepanjang malam dan minum rebusan airnya setelah disaring di pagi hari. Ramuan ini akan membantu dalam mengatur kadar insulin.

  • Membantu pencernaan

Manfaat buah yang lain adalah membantu pencernaan. Mangga memiliki kandungan enzim yang dapat menghancurkan kandungan protein dan lemak berlebih pada tubuh kita. Selain itu kandungan serat yang terdapat pada buah mangga dapat membantu melancarkan pencernaan dan memudahkan proses pembuangan sisa pencernaan secara alami.

  • Menjaga Kadar Kolesterol

Manfaat yang kelima adalah manjaga kadar kolesterol. Buah mangga mengandung vitamin C tingkat tinggi, pektin dan serat akan membantu menurunkan kadar kolesterol. Mangga segar merupakan sumber yang kaya kalium, yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

  • Meningkatkan fungsi otak

Vitamin lain yang dimiliki mangga adalah B-6 yang penting untuk menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Vitamin ini membantu proses penggabungan utama yang mempengaruhi mood dan modifikasi pola tidur. Asam glutamin dalam otak juga membantu meningkatkan konsentrasi dan menguatkan daya ingat.

  • Memperlambat penuaan

Tak hanya pada tubuh, manfaat mangga untuk kesehatan kulit juga bisa kamu dapatkan. Vitamin A dan C dalam mangga membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen dapat melindungi pembuluh darah dan jaringan penghubung lainnya, sehingga memperlambat proses penuaan. Mangga juga mengandung berbagai polifenol dan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Dengan kandungan tersebut, mangga pun baik untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat.

  • Mengatasi masalah jerawat

Manfaat buah mangga untuk kecantikan berikutnya adalah untuk mengatasi masalah wajah berjerawat. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menyiapkan buah mangga yang masih mentah lalau dipotong dadu. setelah itu direbus dan gunakan air rebusan mangga tersebut untuk membasuh muka. Lakukan secara rutin agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Mengatasi masalah bintik hitam yang ada di wajah

Kulit mangga biasanya dibuang ternyata dapat digunakan untuk mengobati masalah noda hitam di wajah yang sangat menggangu penampiln kita. Caranya pun sangat mudah yaitu dengan mengeringkan kulit mangga lalu dibuat menjadi serbuk bubuk. Campurkan bubuk tersebut dengan yogurt lalu aplikasikan pada bagian wajah sebagai masker yang dapat menghilangkan noda hitam.

Bagaimana Sih Potensi Resiko Kesehatan Pada Buah Mangga?

Nah tahukah kamu bahwa buah mangga yang mentah bisa jadi menimbulkan alergi bagi kamu yang peka terhadap zat lateks (getah). Bagaimana reaksi alergi ini? Nah, reaksi alergi pada buah mangga biasanya langsung, kamu akan merasa gatal pada sudut mulut, bibir, dan ujung lidah. Pada beberapa orang, reaksi bisa berakibat parah, dengan manifestasi seperti pembengkakan bibir, ulserasi pada sudut mulut, kesulitan pernapasan, muntah, dan diare.

Nah reaksi yang parah ini bisa terjadi karena senyawa asam anakardat dalam buah mangga utuh, dan mangga mentah. Bagi orang yang mengalami alergi lateks, mungkin juga akan memiliki reaksi silang terhadap mangga. Mengkonsumsi terlalu banyak potasium dapat berbahaya bagi orang yang mengalami gangguan ginjal dan tidak berfungsi secara baik. Bila ginjal tidak mampu mengeluarkan kelebihan kalium dari darah, akan bisa berakibat fatal.

Bagaimanapun manfaat mangga ini, akan lebih penting jika dilakukan dengan pola makan secara keseluruhan. Termasuk untuk pencegahan penyakit dan mencapai kesehatan yang baik. Lebih baik mengkonsumsi makanan dengan beragam daripada berkonsentrasi pada salah satu jenis makanan.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar