Manfaat Alami Buah Zaitun


Manfaat Alami Buah Zaitun
Kamu pasti pernah mengkonsumsi minyak zaitun, entah itu untuk memasak maupun untuk memijat tubuh. Tapi tahukah kamu bahwa minyak zaitun memiliki banyak manfaat yang begitu banyak bagi kesehatan manusia? Nah artikel kali ini akan membahas tentang manfaat minyak zaitun bagi kesehatan manusia.

Olive Oil atau biasa disebut dengan minyak zaitun merupakan minyak yang terkandung di dalam buah zaitun. Minyak ini merupakan kategori minyak sehat banyak mengandung lemak tak jenuh. Selain minyaknya yang bisa dikonsumsi, buah zaitun juga dapat dikonsumsi langsung tanpa harus diolah terlebih dahulu. Banyak sekali manfaat minyak zaitun, mulai dari bahan kosmetik, perawatan rambut, hingga menjadi obat untuk berbagai macam penyakit.

Manfaat minyak zaitun sejak dahulu telah dahulu sangat berguna memelihara kecantikan. Tidak heran, minyak zaitun sering digunakan produsen kosmetik. Minyak zaitun berasal dari tanaman zaitun yang tumbuh di wilayah mediterania yang memberikan intensitas matahari yang banyak. Minyak zaitun sangat dikenal dalam dunia kecantikan, kuliner bahkan kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi di dalam minyak zaitun tersebut.

Baca juga artikel : Tips Meninggikan Badan

Kandungan Gizi Minyak Zaitun

Di setiap 100 gram minyak zaitun terdapat sejumlah nilai gizi :
  1. Energi – 3701 kJ (885 kcal)
  2. Karbohidrat – 0 g
  3. Lemak – 100 g.
  4. Jenuh (14 g)
  5. Tak jenuh tunggal (73 g)
  6. Tak jenuh ganda (11 g)
  7. Omega-3 lemak (<1,5 g)
  8. Omega-6 leak (3,5-21 g)
  9. Protein – 0 g
  10. Vitamin E – 14 mg (93% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)
  11. Vitamin K – 62 mg (59% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)

Jenis- jenis minyak zaitun

Minyak zaitun bisa digunakan sebagai minyak untuk menumis atau menggoreng. Namun para ahli kesehatan, lebih menyarankan agar minyak zaitun dikonsumsi secara langsung agar mendapatkan khasiatnya dengan lebih maksimal. Secara umum, minyak zaitun dibagi ke dalam beberapa jenis berdasarkan kadar keasaman dan proses ekstraksinya.

  • Ekstra Virgin Olive Oil (EVOO)
Ekstra Virgin Olive Oil (EVOO) merupakan jenis minyak zaitun yang diekstrak secara langsung dari buah zaitun, merupakan jenis yang paling baik. Kadar keasamannya pun sangat rendah, yaitu hanya 1%.

  • Virgin Olive Oil
Virgin Olive Oil, jenis minyak zaitun ini juga merupakan minyak hasil perasan pertama dari buah zaitun. Yang membedakan dengan EVOO adalah kadar keasamannya virgin olive oil lebih tinggi, yaitu 3%.

  • Fino Olive Oil
Fino Olive Oil merupakan jenis minyak zaitun hasil pencampuran antara EVOO dan Virgin Olive Oil.

  • Pure Olive Oil
Pure Olive Oil merupakan jenis minyak zaitun hasil pencampuran EVOO dengan Virgin Olive Oil yang sudah diproses sebelumnya.

  • Light Olive Oil
Light Olive Oil merupakan jenis minyak zaitun yang telah melalui proses penyaringan sebelumya. Minyak zaitun jenis light biasanya berbeda jika dilihat dari warna, sedikit lebih jernih dibandingkan jenis minyak zaitun lainnya.

Manfaat Minyak Zaitun

  • Meningkatkan fungsi otak dan mencegah Alzheimer
Manfaat yang pertama minyak zaitun adalah dapat meningkatkan fungsi otak dan mencegah alzheimer. Unversity of Massachusetts Amhers melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa minyak zaitun mampu meningkatkan memori otak hingga 25% dan melindungi sel otak dari kerusakan. Minyak zaitun juga dipercaya mampu mencegah penyakit alzheimer dan penyakit yang menyerang otak lainnya.

  • Merawat kulit
Manfaat yang kedua adalah dapat merawat kulit kamu. Kulit adalah bagian tubuh terluar yang memiliki risiko tertinggi mengalami kerusakan akibat terpaan banyak bakteri maupun unsur lain seperti kulit kering, kusam dan keriput lebih cepat.

Untuk mencegah masalah tersebut kamu harus melakukan perawatan kulit secara rutin agar beragam masalah yang menimpa kulit jadi terminimalisir risikonya. Cara yang paling mudah yaitu mengoleskan minyak zaitun sebelum beraktivitas dan menjelang tidur malam.

Salah satu tujuan memakai minyak zaitun sebelum beraktivitas adalah mengurangi dampak buruk pada kulit akibat terpapar sinar matahari. Di samping itu kulit akan teras lebih segar, kencang, halus dan lembut.

  • Mencegah dan mengobati kanker
Manfaat lain minyak zaitun yang luar biasa adalah kemampuannya dalam mencegah dan melawan penyakit kanker. Selain itu, Penyakit kanker merupakan salah satu penyumbang angka kematian terbesar di dunia.

Minyak zaitun mengandung senyawa phitokimia yang berperan sebagai antioksidan. Penelitian yang dimuat dalam jurnal “Alternative Medicine Review” menyebutkan bahwa minyak zaitun dapat membunuh sel kanker dan menekan mutasi gen kanker dalam tubuh.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa wanita yang tinggal di daerah mediterania dan rutin mengkonsumsi minyak zaitun memiliki resiko yang lebih rendah terkena penyakit kanker panyudara. Minyak zaitun juga efektif dalam mencegah penyakit kanker lainnya seperti kanker kolon dan kanker pankreas.

  • Mengurangi Angka Kematian
Menurut hasil studi yang telah dipublikasi pada majalah Lanst yang sudah cukup lama pada tanggal 20 Desember 1999 M, bahwa Albania yang terletak di Eropa dan terkenal dengan negara masyoritas berpenduduk muslim. Mereka memiliki salah satu keistimewaan yaitu sangat sedikit angka kematian. Angka kematian di Albania di kalangan pria adalah 41 orang dari setiap 100.000 orang, angka yang cukup fantastis. Usut punya usut ternyata hal itu dipengaruhi oleh penggunaan minyak zaitun dalam makanan oleh penduduk warga Albania.

  • Menurunkan Kolestrol Yang Tinggi
Manfaat minyak zaitun lainnya yang sudah sangat terkenal dikalangan masyarakat luas adalah dapat mengurangi kadar kolesterol yang tinggi. Minyak zaitun mengandung campuran antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL) dan tetap mempertahankan kadar kolesterol yang baik (HDL) yang ada di dalam tubuh kamu. Jadi bagi kamu yang memiliki kolesterol yang tinggi, cobalah konsumsi minyak zaitun secara rutin.

  • Anti Inflamasi
Manfaat selanjutnya adalah minyak zaitun sebagai anti inflamasi. Di dalam minyak zaitun dipenuhi oleh antikosidan jenis polifenol, yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Senyawa polifenol inilah yang mengandung sifat anti inflamasi. Para ilmuwan telah banyak melakukan penelitian pada efek polifenol ini, yang termasuk baik terhadap tulang dan kesehatan pencernaan. Pada penelitian lain menunjukkan bahwa minyak zaitun ini  berpotensi terhadap peningkatan fungsi otak (kognitif) dan memori.

  • Meningkatkan Kesehatan Lambung
Manfaat selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kesehatan lambung. Meskipun diperlukan studi ilmiah lanjutan, namun minyak zaitun dipercaya juga bisa mengurangi resiko terjadinya peradangan lambung (sakit maag), tukak lambung bahkan  kanker lambung. Kadar polifenol yang cukup tinggi dalam minyak zaitun sepertinya menjadi salah satu penyebab terjaganya kesehatan lambung saat kita secara rutin mengonsumsinya.

Polifenol ini mempunyai sifat antibakteri yang mampu menangkal infeksi bakteri helicobacteri pylori, yang menyebabkan peradangan pada lambung. Bagi kamu yang mudah terkena masuk angin atau merasa begah/ kembung, minyak zaitun juga sangat cocok digunakan sebagai obat pijat yang dioleskan diatas perut, sensasi hangatnya bisa membuat rasa tidak nyaman di perut dan sekitarnya akan hilang.

  • Merawat Rambut
Manfaat yang terakhir dari minyak zaitun adalah dapat merawat rambut. Minyak zaitun yang dikombinasikan dengan madu telah dipercaya oleh para ahli kecantikan sebagai bahan herbal untuk merawat rambut dari berbagai macam kerusakan.
Tips Mengembangkan Rambut
  1. Siapkan sebuah mangkuk kosong
  2. Pecahkan dua butir telur dan masukkan pada mangkuk, setelah itu kocok dengan sendok
  3. Tambahkan satu cangkir minyak zaitun pada mangkok tadi, diamkan selama 2 menit agar kalis
  4. Setelah itu balurkan campuran bahan ini pada akar hingga ujung rambut
  5. Diamkan 10 menit, lalu bilas dengan shampo.

Tips Memanjangkan Rambut
  1. Tumbuk biji lemon dan lada
  2. Campur keduanya kedalam dua sendok makan minyak zaitun
  3. Basuh perlahan pada kulit kepala secara merata
  4. Kemudian diamkan 20 menit lamanya
  5. Bilas dengan bersih

Tips Merawat Kerusakan Rambut
  1. Masukkan material alami seperti minyak zaitun, kelopak bunga mawar atau ekstrak melati ke dalam botol
  2. Kemudian tutup dan diamkan minimal 24 jam
  3. Nah, jika sudah, basahi rambut menggunakan air panas agar pori-pori sedikit terbuka
  4. Lalu oleskan minyak zaitun pada kulit kepala, pijat beberapa saat barulah keramas.



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar