Manfaat Alami Buah Nanas


Manfaat Alami Buah Nanas
Buah nanas memiliki rasa yang menyegarkan, menjadi ciri khas sajian segar khas iklim tropis yang juga menyehatkan. Nanas merupakan sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Nanas mempunyai nama latin Ananas comosus dan termasuk dalam famili Bromeliaceae.

Nanas adalah buah tinggi mengandung air yang memiliki rasa lezat dan menyegarkan. Tidak hanya itu saja, sebab buah yang berwarna kuning cerah ini juga banyak menyediakan untuk kita vitamin, mineral, antioksidan, dan enzim yang bersifat mempromosikan pencernaan, meredakan asam lambung, mengurangi peradangan, dan membantu memecah protein hewani.

Nanas merupakan salah satu buah tropis yang banyak digemari di negeri sendiri. Rasa keasaman pada nanas, sering membuat nanas dijadikan macam-macam hidangan kuliner seperti rujak, asinan atau sebagai bahan pelengkap pada resep masakan. Saat ini memperoleh nanas juga tidak susah, kita dapat menemukannya di pasar tradisional atau supermarket. Bagi kamu yang menyukai buah nanas ini, tentu saja tidak hanya memanjakan lidah tapi dibalik kenikmatannya itu, tersimpan manfaat nanas yang luar biasa.

Nanas (Ananas Comosus (L.) Merr) memang salah satu buah yang dapat mengurangi lemak pada perut, karena seperti yang telah kita ketahui bahwa buah ini kaya akan vitamin, kandungan yang terdapat pada Nanas yaitu diantaranya seperti Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin B6 yang bermanfaat sebagai antioksidan, dan juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium dektrosa, sukrosa, dan enzim bromelin. Dimana bromelin tersebut berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan seratnya dpaat memepermudah buang air besar pada penderita sembelit.

Baca juga artikel : Penyebab Penyakit Cacar Air

Kandungan Nutrisi di Dalam Sebuah Nanas

Tahukah kamu buah nanas banyak mengandung vitamin C? Dalam 3,5 ons buah nanas terdapat 47,8 mg vitamin C. Selain itu juga mengandung vitamin B, berbagai mineral seperti mangan, dan serat. Buah nanas adalah satu-satunya sumber bromelain, yaitu enzim proteolitik yang banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Sampai saat ini, tidak ada satu pun penelitian ilmiah yang dapat memastikan apakah bromelain benar-benar berguna sebagai pengobatan.

Nanas dapat dijadikan jus, di mana 200 ml jus nanas mengandung sekitar 25 mg vitamin C. Ini cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C per hari. Kamu tidak perlu menambahkan gula ke dalam jus nanas karena buah yang satu ini sudah cukup manis.

Manfaat Buah Nanas


  • Meningkatkan Imunitas

Vitamin C dalam nanas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena efek antioksidan yang kuat. Selain itu, nanas mengandung  zat asam amino yang kaya. Zat asam amino membantu peningkatan sistem kekebalan tubuh dan menjaga ketersediaan energi pada tubuh agar tidak kelelahan.

  • Dapat Melembabkan Kulit

Buah nanas ini kaya akan vitamin yang dapat memlembabkan kulit dengan menjadikannya masker pada kulit yang kering dan kusam. Caranya adalah haluskan nanas dan ambil 3 sendok makan tambahkan kuning telur dan sedikit susu cair campurkan dan oleskan lalu tunggu beberapa saat dan bilas dengan air bersih.

  • Sebagai sumber Vitamin C

Nanas merupakan buah yang banyak mengandung vitamin C. Di mana Vitamin C memiliki banyak fungsi bagi tubuh yaitu sebagai penangkal dari radikal bebas yang merusak sel – sel sehat. Karena jika terjadi penumpukan radikal bebas dapat menyebabkan terjadinya atherosclerosis, penyakit jantung, seragan asma serta dapat meningkatkan resiko terkena kanker. Radikal bebas juga merupakan pemicu terjadinya osteoarthritis dan rematik.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Berkat kandungan kaliumnya, nanas bermanfaat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Seratnya mampu mencegah penyerapan lemak di saluran cerna sehingga tidak terjadi penimbunan di pembuluh darah yang bisa berakibat naiknya tekanan darah.

  • Mengatasi perut kembung

Salah satu manfaat buah nanas adalah dapat mengatasi perut kembung. Mengapa? Buah nanas mengandung bromelain, sebuah zat yang mampu membantu memecah makanan sehingga dapat mengurangi kembung dalam perut. Selain itu bromelain juga efetif untuk mengurangi peradangan setelah operasi, mengobati pembengkakan hidung saat mengalami infeksi sinusitis, dan mengurangi rasa sakit dari oesteoarthritis.

  • Menguatkan tulang

Nanas juga salah satu buah yang populer untuk membantu menguatkan tulang. Kandungan mangan di dalamnya dibutuhkan untuk membentuk struktur tulang agar lebih padat. Nah kamu bisa memperoleh 73% kebutuhan mangan dengan mengonsumsi nanas dalam sehari.

  • Membantu mengobati flu dan peradangan sinus

Manfaat selanjutnya buah nanas adalah dapat membantu mengobati flu dan peradangan sinus. Mengapa demikian? Karena di dalam buah nanas terdapat kandungan vitamin C dan enzim bromelain yang tinggi, sehingga dapat terjadi pengurangan lendir yang signifikan pada tenggorokan dan hidung.
Jadi, saat terjadi flu disertai batuk, konsumsi irisan-irisan nanas. Nanas juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita alergi, untuk membantu mengurangi kadar lendir sinus secara jangka panjang.

  • Kaya akan kandungan serat

Buah Nanas juga memiliki kandungan serat yang penting untuk menyehatkan dan mengoptimalkan kerja usus. Selain itu buah nanas juga dapat mengobati cacingan dan menghilangkan (membuang) penumpukan racun yang ada di ginjal dan hati.

  • Pencegahan Katarak

Salah satu manfaat buah nanas adalah dapat mencegah penyakit katarak. Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Nah Vitamin C ini, memiliki peran yang penting dalam masalah kesehatan mata. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan tinggi vitamin C berkhasiat untuk mengurangi risiko katarak. Para ahli bahkan tidak sedikit menyarankan untuk mengkonsumsi kandungan vitamin C ini sebagai pencegahan utama dari bahaya resiko katarak. Vitamin C secara umum bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata serta mencegah degenerasi manula.

  • Mencegah Hipertensi

Buah nanas ternyata dapat mencegah penyakit hipertensi. Seseorang yang cenderung memiliki tekanan darah tinggi, pastinya akan berusaha untuk membuat tekanan darah kembali stabil. Pilihan makanan yang tepat menjadi salah satunya, yaitu dengan mempertimbangkan diet nanas untuk hipertensi. Jumlah kandungan kalium yang tinggi seperti yang dijumpai pada manfaat pisang. namun mengandung kandungan sodium yang rendah, akan membantu menjaga tingkat tekanan darah yang normal.

  • Mengatasi Bibir Pecah -Pecah

Manfaat buah nanas untuk kesehatan yang lain adalah dapat mengatasi bibir pecah – pecah. Nah bagaimana caranya? Caranya sangatlah mudah, kamu cukup mencampurkan minyak kelapa dan nanas oleskan pada bibir kamu. Nah lakukan hal ini dalam tujuh hari dengan teratur. Bibir kamu akan membuat bibir menjadi lembab dan memberikan kilau alami pada bibir.

  • Mengatasi rasa nyeri

Selanjutnya manfaat buah nanas adalah dapat mengatasi rasa nyeri. Hal ini cukup unik sebab jus nanas segar merupakan minuman yang sangat penting untuk para binaragawan, hal itu disebabkan dari kandungan bromelain yang didalamnya, yang bermanfaat untuk mengatasi sakit pada otot tubuh.  Sehingga buah nanas ini dapat dimanfaatkan untuk nyeri sendi, selain itu berperan dalam meminimalisir terjadinya pembekuan darah.

  • Melembutkan dan Memperkuat Kuku

Manfaat terakhir buah nanas adalah dapat melembutkan dan memperkuat kuku kamu. Buah nanas mengandung vitamin A dan B yang dapat memiliki manfaat untuk memperkuat kuku kamu agar tidak mudah rapuh. Jadi kamu tidak perlu menggunakan multivitamin untuk mencegah hal ini, sebab ada buah nanas yang dapat mencegah hal ini. Penerapan eksternal serta konsumsi internal yang benar-benar teratur bisa mengurangi kondisi tersebut, meringankan infeksi dan memperkuat dan melembutkan kuku.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar