Manfaat Akan Pentingnya Sarapan Pagi


Manfaat Akan pentingnya Sarapan Pagi
Sarapan pagi adalah waktu makan yang mungkin sering terabaikan, entah karena buru-buru berangkat kerja atau sekolah, atau karena tidak sempat menyiapkan sarapan. Padahal manfaat sarapan pagi sangatlah banyak dan penting bagi tubuh kita.

Setiap orang juga memiliki alasan tidak serapan, seperti bangun kesiangan, takut terlambat, tidak sempat masak, dan lain sebagainya. Padahal, sarapan merupakan salah satu kegiatan terpenting di waktu pagi sebelum melakukan aktivitas sehari – hari.

Makan di pagi hari atau sarapan merupakan hal yang sering diabaikan oleh bannyak orang. Kegiatan yang padat di pagi hari, membuat kita lupa akan sarapan. Padahal sarapan pagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Makan pagi yang baik mengandung karbohidrat, protein, serat, dan kalsium yang cukup. Tidak hanya untuk asupan energi, tetapi juga banyak manfaat lainnya.

Menurut hasil studi yang telah dilakukan oleh para ahli, sarapan pagi dengan makanan yang bergizi ternyata sangatlah bermanfaat bagi tubuh. Nah bagi kalian yang suka melewatkan sarapan pagi, sebaiknya mulai merubah kebiasaan tersebut. Mengapa? Karena ternyata sarapan pagi memiliki pengaruh terhadap fisik dan psikologis seseorang yang akan menghambat berkembangnya otak, terutama bagi para pelajar. Jadi, bagi para orang tua, buatlah anak-anak mengerti akan pentingnya sarapan pagi, sehingga mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka dan menjadi sebuah kebiasaan.

Menurut sebuah penelitian, sarapan merupakan hal wajib di pagi hari, walaupun hanya dengan roti atau semangkuk sereal. Hal ini dikarenakan makanan sehat yang dikonsumsi pada pagi hari memberikan kontribusi baik bagi tubuh sebelum melakukan kegiatan setelahnya. Namun, apabila telat sarapan atau jarang sarapan di pagi hari dapat berdampak pada kesehatan tubuh.

Baca juga artikel : Pengertian, Penyebab dan Solusi Terjadinya Hujan Asam

Apa sih Manfaat Sarapan Pagi?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa sarapan pagi sangat memiliki manfaat bagi kesehatan kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sarapan di pagi hari.

  • Sarapan pagi menurunkan resiko obesitas

Kamu ingin memiliki tubuh yang langsing? Kuncinya adalah jangan pernah melewatkan sarapan pagi. Yup, sarapan teratur memang sudah terbukti dapat menjauhkan kamu dari yang namanya kegemukan atau obesitas. Fakta ini telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian yang menyatakan bahwa orang yang melewatkan sarapan cenderung memiliki resiko 4 kali lebih tinggi untuk terkena obesitas dibandingkan dengan mereka yang selalu sarapan pagi.

Hal tersebut karena orang yang seringkali melewatkan sarapan juga cenderung akan makan lebih banyak saat makan siang karena rasa lapar yang berlebih. Akibatnya, mereka akan mengonsumsi lebih banyak lemak dan kalori, bahkan jumlah kalori yang masuk ke tubuh mereka bisa mencapai 100 kalori lebih banyak daripada orang yang rajin sarapan. Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk selalu sarapan pagi yah. Terutama untuk kamu yang sedang menjalani program menurunkan berat badan.

  • Sumber Energi

Untuk beraktivitas sepanjang hari dalam bekerja sangat penting untuk memberikan tubuh nutrisi baik di pagi hari. Sarapan di pagi hari juga dapat membantu kamu dalam memberikan energi tambahan yang dapat menunjang aktivitas sepanjang hari. Sesibuk apapun aktivitas kamu, usahakan tetap sarapan pagi ya, karena dengan sarapan tubuh akan memiliki energi yang dapat meningkatkan kekuatan dalam beraktivitas.

  • Meningkatkan Kerja Otak

Salah satu manfaat sarapan pagi yang tidak kalah penting adalah dapat meningkatkan keterampilan kognitif otak, dari peningkatan memori untuk konsentrasi yang lebih tinggi bahkan meningkatkan kewaspadaan. Karena otak kita membutuhkan glukosa dari makanan – karbohidrat sangat baik – untuk bekerja dengan baik. Tidak  sarapan pagi berarti energi otak akan berkurang, sehingga fungsinya dapat menurun. Oleh karena itu sarapan sangat penting bagi para pelajar dan pekerja.

  • Menyehatkan kulit

Fakta lainnya adalah sarapan dapat baik untuk kesehatan kulit. Salah satu menu sarapan yang menyehatkan kulit adalah telur. Kandungan nutrisi yang terdapat pada telur akan menjaga elastisitas kulit dan melindungi sel-sel kulit dari bahaya radikal bebas. Telur juga dapat membantu dalam melancarkan proses regenerasi kulit.

  • Meningkatkan sistem imun

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin sarapan pagi dapat mengingkiatkan imunitas atau kekebalan tubuh, sehingga akan menghindari kita dari serangan bakteri dan virus penyebab penyakit. Hal ini karena sarapan teratur dapat meningkatkan hormon dalam tubuh yang berperan untuk mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh.

Sistem imun yang rendah tentunya membuat kita rentan terkena penyakit yang diakibatkan oleh virus seperti flu dan batuk. Oleh karena itu, mulailah untuk sarapan teratur agar tubuh kamu tidak mudah kalah dengan serangan virus dan bakteri.

Apa Bahayanya Jika Tidak sarapan Pagi?


  • Menyebabkan migrain

Apakah kamu sering merasa pusing kepala sebelah? Nah, bisa jadi ini disebabkan karena kamu belum sarapan. Jadi, mulai saat ini kamu harus membiasakan sarapan pagi, agar kamu terhindar dari migrain. Melewatkan sarapan dapat membuat kadar gula darahmu menurun. Hal ini dapat memicu peningkatan tekanan darah yang dapat menyebabkan sakit kepala sebelah atau migran

  • Mengakibatkan Kolesterol dan Penyakit Jantung

Bagi seseorang yang sering melupakan sarapan akan cenderung lebih banyak mengkonsumsi lemak dan sedikit mengkonsumsi nutrisi, seperti serat, kalium dan kalsium yang baik bagi tubuh daripada orang yang rutin sarapan pagi. Kecenderungan lebih banyak mengkonsumsi lemak itulah dapat beresiko terkena penyakit kolesterol dan penyumbatan pada pembuluh darah, sehingga dapat pula beresiko terkena penyakit jantung.

  • Menstruasi tidak teratur

Sebuah studi dari jurnal Appetite menjelaskan bahwa pada mahasiswi yang secara terus menerus melewatkan makan pagi memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur daripada mereka yang rutin melakukan sarapan. Selain itu, jika kamu sering melewatkan sarapan mungkin kamu akan mengalami beberapa gangguan menstruasi seperti rasa sakit yang berlebihan serta darah yang keluar tidak lancar. Maka dari itu ubahlah kebiasaan kamu untuk selalu sarapan pagi.

  • Obesitas/Kegemukan

Obesitas adalah suatu kondisi medis yang berupa kelebihan kadar lemak pada tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak kerugian bagi kesehatan, yang kemudian menurunkan intensitas hidup. Kegemukan meningkatkan peluang gangguan kesehatan khususnya penyakit jantung, diabetes tipe-2, kanker tertentu dan asma.

Tips Sarapan Pagi

Manfaat sarapan pagi tentu tergantung dari asupan yang kita nikmati, kita harus menikmati asupan yang kaya gizi hingga memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa tips untuk sarapan pagi yang sehat.

  1. Sarapan dengan makanan rendah lemak, hindari makanan daging berlemak tinggi saat sarapan
  2. Makanan tinggi protein, konsumsi telur dan susu sangat baik untuk sarapan
  3. Makanan kaya serat, sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk sarapan
  4. Hindari makan terlalu banyak

Berikut ini adalah jenis makanan yang baik di konsumsi saat sarapan pagi :

  1. Susu
  2. Telur
  3. Roti
  4. Sayuran
  5. Sedikit nasi

Kandungan makanan yang kita makan di pagi hari adalah awal pola hidup sehat untuk menjalani aktivitas di siang sampai malam hari. Maka dari itu biasakan sarapan pagi terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas apapun.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

1 komentar: