Manfaat Ajaib Madu


Manfaat Ajaib Madu
Seperti yang kita ketahui, madu memiliki manfaat yang banyak sekali, selain untuk kesehatan madu juga dapat berfungsi untuk menyembuhkan penyakit dan keluhan-keluhan lain yeng berkaitan dengan tubuh manusia.

Siapa sih yang tidak kenal dengan madu? Madu dianggap sebagai cairan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Cairan manis yang berasal dari lebah ini pun sekarang digunakan sebagai obat tradisional yang dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit.

Madu adalah salah satu benda cair yang sangat ajaib dan sangat hebat serta bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan maanusia. Manfaat madu bagi kesehatan tubuh yang mana berasal dari zat pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah yang berasal dari nectar bunga mempunyai khasiat luar biasa. Madu merupakan zat pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah yang berasal dari nectar bunga.

Madu adalah cairan kental yang dihasilkan oleh lebah ataupun serangga lain dari nektar bunga, menyerupai sirup tetapi rasa yang dihasilkan madu lebih manis. Rasa manis tersebut hadir karena terdapat substansi monosakarida, glukosa dan fruktosa yang mana ketiganya juga sama memberikan rasa manis pada gula.

Baca juga artikel : Dampak Negatif Penggunaan Laptop yang Berlebihan

Apa Saja Sih Kandungan yang Terdapat Pada Madu?

Madu memiliki komponen kimia yang memiliki efek koligemik yakni asetilkolin. Asetilkolin berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurango tekanan darah. Gula yang terdapat dalam madu akan terserap langsung oleh darah sehingga menghasilkan energi secara cepat bila dibandingkan dengan gula biasa.

Disamping kandungan gulanya yang tinggi (fruktosa 41,0 %; glukosa 35 %; sukrosa 1,9 %) madu juga mengandung komponen lain seperti tepung sari dan berbagai enzim pencernaan. Selain itu madu juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B2, mineral seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, besi, juga garam iodine bahkan radium. Madu juga mengandung antibiotik dan berbagai asam organic seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat, dan oksalat. Karena kandungan inilah madu menjadi banyak sekali manfaatnya.

Apa Saja Manfaat Madu Untuk Kesehatan?

  • Madu untuk antibiotik
Dari berbagai penelitian telah disebutkan bahwa madu mempunyai manfaat sebagai antibiotic yang dapat membunuh kuman dan bakteri. Kandungan hydrogen peroksida dan asam amino merupakan zat antiseptic pada madu, Madu juga bersifat asam sehingga madu tidak cocok sebagai tempat perkembang biakan bakteri. Madu dapat Membunuh kuman.
  • Obat Batuk dan Radang Tenggorokan
Madu dapat digunakan untuk menyembuhkan batuk yang tidak kunjung berhenti disertai dengan rasa gatal di tenggorokan. Hal ini sangat mengganggu aktivitasmu bukan? Nah, untuk menyembuhkan penyakit ini  kamu bisa membuat teh madu yang dicampur lemon, serta air hangat. Sesudah minum teh jangan lupa juga untuk minum air putih agar senyawa pencipta rasa manis dalam madu dan lemon tidak tertinggal di tenggorokan.
  • Mencegah kanker dan penyakit Jantung
Dua penyakit paling berbahaya dimuka bumi ini, yaitu kanker dan jantung ternyata juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi madu. Zat yang terdapat pada madu mengandung flavonoid dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.
  • Mencegah Diabetes
Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa madu bermanfaat untuk diabetes. Menurut beberapa penelitian, kandungan senyawa dalam madu bisa menurunkan kadar gula darah. Khasiat madu ini sangat penting, baik kamu yang menderita diabetes ataupun yang belum terserang.
Meskipun rasanya manis, tapi madu terbukti tidak menyebabkan kadar gula darah meningkat. Justru kandungan di dalamnya membantu menurunkan kadar gula darah. Oleh sebab itu, jangan lewatkan madu setiap harinya.
  • Kelelahan
Studi terakhir menunjukkan bahwa kandungan gula dalam madu lebih banyak manfaatnya bagi tubuh. Warga usia lanjut yang mengkonsumsi madu dan bubuk kayu manis dengan ukuran sama, terbukti lebih bugar dan fleksibel. Penelitian Dr. Milton membuktikan ½ sendok makan madu yang diminum bersama segelas air dan ditaburi bubuk kayu manis dapat meningkatkan vitalitas tubuh dalam seminggu. Ramuan tersebut diminum setiap hari pada jam 3 sore, karena pada jam tersebut vitalitas tubuh sedang menurun.

Lalu, Bagaimana Manfaat Madu untuk kecantikan?

Selain manfaat madu untuk kesehatan, madu juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat madu untuk kecantikan.
  • Melembabkan Kulit Wajah 
Dengan kemampuan mengikat zat air, madu berkhasiat melembabkan kulit wajah kamu dari dalam. Bagaimana caranya? Cukup dengan mengoleskan madu ke wajah, kulit wajah kamu akan terlindungi dari sinar ultraviolet dan terlihat lebih lembab secara alami.
  • Madu bisa dibuat pembersih kulit dan wajah
Madu ternyata juga mampu menjaga kebersihan wajah kamu yang kusam. Madu dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran sehingga kulit wajah pun menjadi lebih cerah.
Manfaat ini bisa kamu dapatkan hanya dengan mencampurkan satu sendok madu, satu sendok serbuk biji almond, satu sendok teh jus lemon atau jus jeruk, dan beberapa tetes minyak aromaterapi. Kemudian semua bahan diaduk hingga rata kemudian diusapkan di seluruh permukaan kulit tubuh setiap 2 hari sekali sebelum mandi. Madu dikenal sebagai pelembab alami terbaik untuk kulit kita.
Inilah tips membuat madu mejadi pembersih kulit, yaitu cukup dengan mengoleskan 1 sdt madu mentah pada kulit kering, kemudian diamkan selama 15-20 menit. Lalu Bilas dengan air hangat.
  • Membersihkan Pori-Pori
Nah, tahukah kamu bahwa madu dapat membersihkan pori-pori? Enzim yang terkandung dalam madu ternyata mampu mencerahkan kulit dan menjaga pori-pori tetap bersih. Dan sifat anti bakteri pada madu juga dapat membantu mencegah penumpukan bakteri penyebab komedo dan jerawat.
Ini tips untuk kamu yang ingin memiliki wajah bersih yaitu hanya dengan mencampurkan 1 sdm madu mentah dengan 2 sdm minyak kelapa, kemudian aduk sampai merata. Pijat dengan lembut dengan gerakan melingkar ya. Kemudian bilas dengan air hangat.
  • Exfoliator
Madu kaya akan antioksidan, enzim dan nutrisi lain yang menyehatkan, membersihkan dan melembabkan kulit. Sementara itu, baking soda adalah exfoliator alami yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati. Campuran kedua bahan ini dapat membantu untuk mengangkat kulit mati pada wajah kamu.
  • Menghilangkan Bekas Luka
Tahukah kamu bahwa madu mampu mencerahkan kulit dan merupakan senyawa anti-inflamasi dan anti bakteri sehingga dapat membantu mengurangi bekas luka, meningkatkan penyembuhan dan regenerasi jaringan. Nah, Sifat hydrating pada madu dan minyak kelapa atau minyak zaitun juga dapat membantu menghidupkan sel-sel kulit. Jika kamu menerapkan dengan cara memijat campuran bahan-bahan ini secara teratur, ini baik untuk kesehatan karena dapat meningkatkan sirkulasi untuk membantu pemulihan kulit dan pergantian sel.
  • Mengatasi Jerawat
Madu mengandung sifat anti bakteri dan anti jamur yang dapat mencegah bakteri penyebab jerawat. Sifat anti-inflamsi pada madu dapat membantu meredakan iritasi dan kemerahan.
Caranya adalah dengan mengoleskan setetes madu mentah pada kulit kamu yang berjerawat. Kemudian biarkan selama 10-15 menit, lalu bilaslah dengan air hangat.
  • Memerahkan Bibir Dan Membuat Lembat Bibir
Manfaat lainnya dari madu adalah untuk perawatan bibir, ternyata madu bisa membantu untuk membuat bibir kamu yang kering menjadi lembab, dan merubah warna gelap menjadi merah alami.
Bagaimana caranya? Caranya mudah yaitu siapkan madu murni, kemudian tuang ke sendok makan, lalu encerkan madu dengan memanaskannya sebentar kemudian madu akan mengeluarkan busa berwarna putih. Oleskanlah madu yang sudah dipanaskan ke area bibir kamu secara merata. Lakukan hal tersebut selama 7 hari ya dan lihatlah hasilnya.

Penutup

Manfaat madu sangatlah banyak, sehingga sebagian orang berusaha meraup untung dengan berbagai cara, entah itu benar maupun tidak. Sekarang ini banyak beredar madu palsu yang sulit untuk dibedakan dengan madu asli, maka dari itu sebelum kamu memutuskan untuk membeli madu, carilah referensi sebanyak-banyaknya mengenai cara membedakan antara madu asli dengan madu palsu. Supaya kamu tidak salah dalam membeli karena madu palsu justru akan membahayakan kesehatan kamu.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar