Makanan yang Disarankan dan Sebaiknya Dihindari Oleh Ibu Hamil


Makanan yang Disarankan dan Sebaiknya Dihindari Oleh Ibu Hamil
Apa saja sih makanan yang baik dan sehat bagi ibu hamil? Seperti yang kita ketahui bahwa ibu hamil harus berhati-hati dalam memilih makanan yang bergizi dan sehat. Sebab hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan ibu dan janin. Nah artikel kali ini akan membahas tentang makanan yang sehat untuk para Ibu hamil.

Makanan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Selalu Menjadi Perhatian Khusus Bagi Siapa Saja Yang Ingin Memiliki Janin dan Bayi Yang Sehat. Sebenarnya Makanan Ibu Hamil ini Cukup Banyak Namun Memang hal ini Bergantung Dengan Pola Ngidam Yang Dimiliki sang ibu, Kadang Disaat Nyidam Ada Banyak ibu Yang menjadi tidak nafsu makan, nah biasanya hal ini terjadi diawal bulan kehamilan. Mengkonsumsi Makanan Yang sehat Untuk Ibu Hamil ini bisa kamu Kombinasikan Dengan Asupan Nutrisi dari Bidan Semisal Asam Folat, Vitamin penambah Darah Dan Aneka Obat Lain Yang memang direkomendasikan Oleh bidan Atau Dokter Kandungan.

Untuk jumlah kebutuhan kalori ibu hamil sesuai dengan usia kehamilannya, yaitu: Makanan untuk ibu hamil muda atau enam bulan pertama kehamilan ( trimester pertama dan kedua), sebaiknya mengandung kalori sekitar 2.000 kalori per hari. Namun, selama tiga bulan terakhir kehamilan ( trimester ketiga), Ibu hamil  akan membutuhkan tambahan 200 kalori per hari, sehingga totalnya sekitar 2.200 kalori per hari. Untuk jenis makanan, wanita hamil dianjurkan mengonsumsi 10% kalori  dari protein, 35% kalori dari lemak, dan 55% sumber kalori lainnya dari karbohidrat. Disamping sumber kalori tersebut makanan ibu hamil juga harus mengandung lebih banyak zat besi, kalsium, vitamin A, B dan C, folat, magnesium, selenium (yang diperlukan untuk kelenjar tiroid) dan seng. Semua nutrisi ini dapat ditemukan dalam produk segar dan protein.

Baca Juga Artikel : Tips Diet Sehat Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat dan Tepat

Makanan Apa Saja Sih Makanan yang Sehat dan Bergizi Bagi Ibu Hamil?

  • Sayuran
Makanan yang pertama adalah sayuran. Ibu hamil biasanya mengalami gejala mual dan muntah di awal kehamilan. Gejala seperti demikian disebut dengan morning sickness. Nah dengan kamu mengkonsumsi sayuran, gejala tersebut dapat berkurang sehingga kamu lebih nyaman dan menikmati masa kehamilan kamu. Salah salah satu penyakit yang kadang terjadi pada kehamilan adalah anemia. Nah tetapi kamu jangan khawatir, sebab sayuran hijau yang kmau konsumsi mengadung zat besi sehingga akan membantu produksi hemoglobin
.
Sayuran hijau banyak mengandung nutrisi yang penting untuk janin, salah satunya asam folat. Zat ini berperan dalam proses pembelahan dan pertumbuhan sel, sehingga sangat dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan dan juga mencegah kecacatan pada janin. Contoh sayuran hijau yang mengandung banyak asam folat adalah bayam, asparagus, brokoli, dan sawi.

  • Kacang-kacangan
Makanan yang kedua adalah kacang-kacangan. Mengapa kacang-kacangan dibutuhkan bagi ibu hamil? Sebab makanan jenis kacang-kacangan ternyata sangat diperlukan untuk pengembangan sistem saraf pada bayi misalnya kacang hijau yang akan kandungan asam folat dan vitamin B. Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga berguna bagi energi dan kekebalan tubuh ibu hamil muda.

  • Daging tanpa lemak, ikan, dan telur
Jenis makanan yang ketiga adalah Daging tanpa lemak, ikan dan telur. Nah ketiga Kelompok makanan ini kaya dengan kandungan protein yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan janin. Selain itu, telur juga kaya akan kolin yang mendukung perkembangan otak dan tubuh janin, serta membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf. Sedangkan, ikan salmon kaya akan omega 3 yang baik untuk menjaga mood ibu hamil sekaligus perkembangan janin.

Akan tetapi sebagai catatan, untuk menghindari paparan merkuri, disarankan tidak mengonsumsi lebih dari 340 gram salmon dalam sepekan. Selain itu, daging tanpa lemak merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Namun hindari daging olahan seperti sosis yang mungkin mengandung bakteri atau parasit.

  • Sereal
Jenis makanan yang keempat adalah sereal. Sereal merupakan makanan yang biasa disajikan untuk sarapan. Nah kamu bisa memulai sarapan dengan seral ini. Apa sih kandungan sereal? Sereal ternyata memiliki kandungan asam folat yang sangat dibutuhkan untuk beberapa minggu saat fase pertama kehamilan. Tetapi selanjutnya sampai dengan delapan bulan ke depan, nutrisi wajib yang harus kamu penuhi adalah vitamin B.

Para ahli menyarankan ibu hamil untuk mendapatkan setidaknya 400 mikrogram asam folat per harinya. Mereka juga mengatakan bahwa sereal bisa dijadikan pilihan makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat dikonsumsi ketika sarapan. Tetapi jika kamu tidak menyukai sereal, kamu bisa menggantinya dengan sayur asparagus dan kacang polong.

  • Suplemen
Walaupun kamu sudah mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang sudah dianjurkan oleh dokter, bisa jadi kamu melewatkan nutrisi tertentu. Dengan adanya suplemen, ini bisa membantu tubuh kamu untuk melengkapi kandungan nutrisi yang mungkin terlewatkan. Salah satu suplemen yang biasa diberikan ada TTD (Tablet tambah darah) yang memiliki kandungan setara 60 mg besi elemental dan 400 mcg asam folat. Dengan catatan, kamu harus mengkonsultasikannya terlebih dulu kepada dokter.

Lalu Apa saja Sih Makanan Yang Harus Dihindari?

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dilarang untuk ibu hamil.
  • Hidari Makanan yang Terbuat Dari Daging Mentah
Pantangan ibu hamil muda yang pertama adalah menghidari makanan yang terbuat dari daging mentah atau yang dimasak kurang matang. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena daging mentah mengandung toksoplasmosis dan bakteri E. Coli yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin ibu hamil. Nah biasanya bakteri toksoplasmosis terdapat pada sayuran yang kurang bersih dicuci. Hindari memakan salad yang belum atau tidak dicuci dengan bersih terlebih dahulu. Bakteri toksoplasma juga banyak terdapat pada kotoran kucing. Maka dari itu sebaiknya ibu hamil menghindari untuk bermain-main dengan kucing.

  • Hindar Minum Kopi
Sebaiknya kamu menghindari untuk mengkonsumsi kopi karena jenis minuman yang satu ini mengandung kafein. Zat kafein berbahaya bagi kamu yang sedang mengandung karena dapat menyebabkan meningkatkan detak jantuk pada janin, berat badan rendah pada bayi, mengurangi kemampuan untuk menyerap zat besi dan menyebabkan keguguran.

  • Sushi
Sushi adalah salah satu jenis makanan yang berasal dari Jepang yang dilarang untuk dikonsumsi bagi ibu hal. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan sushi tidak steril dan masih mengandung bibit penyakit. Jika sampai dikonsumsi, janin bisa mengalami pembengkakan cairan di saraf kepalanya. Akibatnya kepala bayi akan berukuran besar. Nah dibawah ini merupakan bakteri yang berbahaya yang berada di dalam sushi.
  1. Bakteri salmonella yang bisa menyebabkan diare dan juga kram perut.
  2. Bakteri coliform.
  3. Toksoplasmosis merupakan sejenis bakteri yang akan menyebabkan janin mengalami penyakit tokso. Tokso ini akan menyerang bagian kepala bayi.

  • Hindari buah dan sayuran yang belum dicuci
Sebenarnya ibu hamil wajib untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Mengapa? Sebab sayuran dan buah-buahan ini kaya akan kandungan serat sehingga dapat membantu sang ibu agar tidak terjad konstipasi, selain itu sayuran dan buah-buahan juga mengandung vitamin dan mineral yang juga bermanfaat bagi ibu hamil. Akan tetapi sebagai catatan bahwa ibu hamil harus menghindari makanan yang belum dicuci ataau tidak dicuci dengan bersih. Hal ini disebabkan karena makanan yang belum dicuci tersebut banyak mengandung mikroorganisme yang berbahay bagi ibu dan janinnya. Sehingga sebaiknya bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi buah dan sayuran yang dibersihkan sendiri di rumah supaya kebersihannya lebih terjamin.

Nah pertanyaannya apakah ada buah-buahan yang dilarang dikonsumsi untuk ibu hamil? Jawabannya adalah tidak ada. Pepaya, durian dan anggur semuanya boleh dimakan oleh ibu hamil. Untuk pepaya, bagi ibu hamil sebaiknya pilihlah yang matang daripada pepaya yang masih muda. Sedangkan untuk buah durian juga tidak boleh berlebihan karena mengandung gula yang tinggi.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar