Kehebatan Manfaat Kurma


Kehebatan Manfaat Kurma
Kurma adalah salah satu buah kering manis favorit saat bulan puasa, yang memiliki rasa manis dan lezat. Pohon kurma tumbuh didaerah kering seperti di wilayah Timur Tengah. Kurma banyak digunakan sebagai bahan permen, ataupun bahan kue kurma.

Pohon kurma menjadi bagian dari masyarakat mesir kuno, pada zaman dahulu penduduk mesir memanfaatkan batang pohon kurma sebagai pondasi daun kurma sebagai atap dan tikar sedangkan buah kurma sebagai makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin.

Kurma diyakini berasal dari sekitar teluk Persia dan dibudidayakan sekitar 400 SM. Tidak hanya di daerah arab kurma telah menyebar dan di budidayakan di benua amerika dan eropa, menariknya semakin tandus tanah yang digunakan untuk menanam pohon kurma semakin subur dan semakin manis.

Manfaat dan khasiat buah kurma yang pertama adalah sebagai sumber vitamin C. Buah kurma mengandung vitamin C yang mampu mengatasi berbagai gangguan seperti sariawan, gangguan pencernaan dan kesehatan kulit. Karena itulah, bagi anda yang menginginkan tubuh sehat, buah kurma merupakan pilihan yang sangat tepat.

Manfaat dan khasiat buah kurma yang berikutnya adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Buah kurma mengandung mineral, selenium, mangan dan magnesium yang mampu menjaga kekuatan tulang kita. Tak hanya itu saja, kandungan tersebut juga membuat tulang kita terhindar dari resiko tulang keropos.

Baca juga artikel : Manfaat Alami Buah Nanas

Kandungan Gizi Kurma

Kandungan gizi kurma sangat beragam. Karbohidratnya termasuk tinggi, sebagian besar berasal dari gula alami seperti fruktosa, glukosa, dan sukrosa yang semakin meningkat saat kurma masak. Kurma juga memiliki serat pangan yang jumlahnya bergantung pada varietas dan tingkat kemasakan.

kandungan gizi kurmaBerdasarkan salah satu studi yang diterbitkan International Journal Food Science Nutrition 2003 lalu, terdapat setidaknya 15 mineral dalam kurma. Yang paling menonjol adalah potasium (kalium) dan magnesium. Sedangkan beberapa mineral lain yang terdapat dengan jumlah beragam yakni boron, kalsium, kobalt, tembaga, fluorin, zat besi, mangan, fosfor, sodium, selenium, dan seng.

Proteinnya mengandung 23 tipe asam amino seperti asam palmitoleat, oleat, linoleat, dan linolenat. Sebagian protein ini tidak terdapat di buah-buahan lain seperti jeruk, pisang, dan jeruk. Kurma pun dilengkapi dengan berbagai vitamin, mulai dari yang terdapat dalam jumlah kecil seperti vitamin C, hingga yang paling berlimpah yakni vitamin B kompleks. Kurma juga memiliki senyawa antioksidan seperti tannin, beta karoten, lutein, serta zea-xanthin.

Manfaat Buah Kurma

  • kurma sebagai penghilang rasa sakit
Karena kurma memiliki begitu banyak magnesium – yang merupakan anti-inflamasi – mereka dapat bekerja untuk menghilangkan rasa sakit dan membantu pembengkakan. Penelitian telah menunjukkan bahwa magnesium di tanggal dapat membantu mengurangi peradangan arteri dan yang menurunkan risiko penyakit jantung serta sejumlah peradangan lainnya kondisi seperti Alzheimer, arthritis dan lebih disebabkan.

  • Sumber Energi
Kurma mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi dan umumnya berasal dari jenis glukosa dan fruktosa. Akan tetapi varietas Deglet Noor yang tumbuh di California mengandung sukrosa (gula pasir). Jenis gula yang terdapat pada kurma adalah hasil pengolahan secara alami dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

Kandungan gula yang tinggi menjadikan buah ini merupakan sumber energi instan untuk mengembalikan energi yang hilang pada saat berpuasa dan menormalkan kadar gula darah. Itulah sebabnya mengapa kurma dianggap sebagai buah yang ideal untuk hidangan berbuka atau sahur. Segelas air yang mengandung glukosa, menurut Dr David Conning, Direktur Jenderal British Nutrition Foundation, akan diserap tubuh dalam 20-30 menit.

Tetapi gula yang terkandung dalam kurma habis terserap dalam tempo 40-45 menit. Ini disebabkan karena adanya serat yang terkandung di dalamnya. Sehingga orang yang makan kurma pada waktu sahur akan menjadi segar dan tahan lapar lebih lama.

  • Mengatasi gangguan usus
Tak hanya serat pangan, kandungan nikotin dalam kurma juga diyakini bermanfaat untuk mengatasi gangguan usus. Konsumsi kurma secara teratur dapat menghambat perkembangan organisme pengganggu dan menstimulasi pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Kurma juga mengandung lebih dari 20 macam asam amino yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi oleh tubuh.

  • Sumber Mineral
Kurma mengandung mineral-mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Fungsi mineral secara umum yaitu membuat denyut jantung makin teratur, mengaktifkan kontraksi otot serta berperan dalam tekanan darah. Kurma kaya akan kalium dan rendah sodium. Kalium berperan dalam memelihara kontraksi otot termasuk juga otot jantung.

Selain itu berperan untuk memelihara sistem syaraf dan menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Karena kalium tidak disimpan dalan tubuh dan banyak hilang melalui keringat, sehingga perlu disuplai dari makanan. Kalium membantu menurunkan tekanan darah.

Menurut Dr. Louis Tobian,Jr., pakar penyakit darah tinggi dari Minnesota University AS, kurma bisa membantu menurunkan tekanan darah, serta bisa memberi kekuatan tambahan dalam mencegah stroke secara langsung, bagaimanapun kondisi tekanan darah seseorang.

Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukannya bahwa konsumsi ekstra kalium bisa bisa menjaga dinding arteri tetap elastis dan berfungsi normal. Keadaan ini membuat pembuluh darah tidak mudah rusak akibat tekanan darah. Hasil penelitian merekomendasikan untuk mengkonsumsi sekitar 400 mg kalium dapat menurunkan resiko stroke sebesar 40%. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut kita hanya perlu mengkonsumsi sekitar 65 gram atau 5 buah kurma kering. Selain kalium, kurma juga mengandung mineral-mineral penting seperti kalsium, besi, magnesium, mangan, tembaga dan fosfor.

  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Manfaat selanjutnya buah kurma adalah menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kurma dilengkapi dengan berbagai mineral seperti magnesium, selenium, kalsium, mangan, tembaga, dll yang baik untuk kesehatan tulang. Kurma juga memiliki fluorine yang dapat menguatkan enamel gigi dan mencegah pembentukan plak. Mineral ini pun diketahui dapat memperlambat proses kerusakan gigi. Meski demikian, fluorine tidak dapat mengembalikan gigi yang terlanjur rusak ke kondisi semula begitu saja.

  • Membantu proses melahirkan
Studi oleh Jordan University of Science and Technology tahun 2008 menemukan bahwa konsumsi kurma di 4 minggu terakhir pada masa kehamilan memberi efek positif terhadap proses melahirkan. Dalam studi yang dilakukan terhadap 114 wanita selama 13 bulan ini, mereka yang mengkonsumsi 6 buah kurma per hari memiliki tingkat dilasi serviks dan proporsi membran intak yang lebih tinggi, penggunaan prostin/oksitosin yang lebih rendah, serta fase laten dalam melahirkan yang lebih singkat.

  • Sumber Vitamin
Vitamin yang terkandung dalam buah kurma antara lain vitamin A, tiamin (Vit B1), riboflavin (Vit B2), niasin (Vit B3), dan asam pantotenat (Vit B5) dalam jumlah yang bisa diandalkan. Selain itu terdapat juga kandungan vitamin C dan vitamin E. Vitamin A berfungsi untuk memelihara fungsi mata dan mencegah kekeringan dan penyakit mata. Vitamin B berfungsi menenangkan sistem syaraf dan untuk relaksasi jantung serta membuat pikiran menjadi lebih riang.

  • Sumber Fitokimia
Manfaat yang terakhir dari buah kurma adalah sumber fitokimia. Kurma mengandung salisilat alami dalam dosis rendah. Salisilat dikenal sebagai bahan baku aspirin, obat pengurang atau penghilang rasa sakit dan demam. Berdasarkan hal tersebut para pakar mengharapkan dosis rendah salilisat dalam kurma secara kontinyu bisa juga meredakan sakit kepala. Selain itu kurma mengandung semacam hormon yang disebut potuchsin yang bisa menciutkan pembuluh darah dalam rahim, sehingga dengan demikian bisa mencegah terjadinya pendarahan rahim. Kurma juga mengandung sejumlah senyawa fenol dan karoten yang berfungsi sebagai antioksidan.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar