Jenis Makanan dan Manfaat Vitamin E Bagi Tubuh Manusia


Jenis Makanan dan manfaat Vitamin E Bagi Tubuh manusia
Tahukah kamu apa sih jenis-jenis makanan yang mengandung vitamin E? Lalu apa sih manfaat dari mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin? Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin E adalah baik untuk kesehatan kulit. Nah, untuk mengetahui jawabannya artikel kali ini akan membahas tentang jenis makanan yang mengandung vitamin E serta manfaatnya.

Apa sih vitamin E itu? Nah, vitamin E adalah vitamin yang memiliki sifat larut lemak dan sifat antioksidan. Vitamin ini secara alami terdapat delapan bentuk, yang dikategorikan ke dalam jenis Tokoferol dan Tocotrienols. Hal itu masih dibagi lagi kedalam sub kategori, yaitu alfa, beta, gamma, delta tokoferol dan Tocotrienol. Pada manusia tubuh manusia, bentuk vitamin E yang paling aktif adalah alfa tocopherol. Vitamin E sangat penting bagi kesehatan kita, mengapa? sebab vitamin E dapat membantu mencegah dan mengatasi beberapa kondisi yang bisa terjadi pada kulit.

Sifat antioksidan Vitamin E membantu menangkal radikal bebas dan menjaga kulit tetap segar bercahaya.  Vitamin ini juga menawarkan manfaat perlindungan kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Manfaat lainnya adalah untuk menjaga jantung, hati dan ginjal agar tetap sehat.
Orang dewasa membutuhkan vitamin E untuk setiap harinya adalah hampir 15mg. Tubuh manusia tidak bisa memperoduksi vitamin E sendiri, sehingga harus mendapatkanya dari sumber luar atau makanan. Kita juga dapat memperoleh vitamin ini dari suplemen alami, atau langsung dari makanan yang mengandung vitamin E.

Makanan yang mengandung vitamin E dapat ditemukan pada berbagai jenis minyak sayur, daging, unggas, sayuran, buah-buahan, dan tanaman biji-bijian.Vitamin E adalah vitamin yang sangat penting untuk tubuh. Vitamin E memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh terutama untuk menjaga kesehatan kulit dan penglihatan. Saat ini pemakaian vitamin E banyak dikaitkan dengan anti oksidan yang dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas penyebab kanker dan penyakit degeneratif lain.

Baca juga artikel ; Jenis, Penyebab dan Dampak Insomnia

Apa Saja Sih Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan?

Vitamin E memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Berikut ini adalah manfaat vitamin E bagi kesehatan.

  • Sebagai Antioksidan

Manfaat yang pertama pada vitamin E adalah sebagai antioksidan alami. Apa sih peran antioksidan adalam tubuh? Nah, antioksidan ini ternyata begitu penting untuk dapat membantu dalam melindungi struktur sel penting terutama membran sel akibat radikal bebas. Vitamin E bekerja sebagai antioksidan alami dengan cara mencari, bereaksi, serta merusak rantai pada reaksi radikal bebas. Dalam reaksi radikal bebas tersebut, vitamin E diubah menjadi radikal. Namun, radikal tersebut dapat beregenerasi menjadi sebuah vitamin aktif dengan melalui proses biokimia yang melibatkan senyawa-senyawa yang lain.

  • Mencegah Penuaan Dini

Selanjutnya, manfaat vitamin E adalah untuk mencegah penuaan dini. Semakin tua usia kita, membuat produksi kolagen di dalamnya akan mulai melambat dan menyebabkan kulit kehilangan kekencangan dan elastisitas. Selain itu, proses penuaan juga dapat terjadi akibat diet yang tidak sehat, kemudian polusi, serta paparan bahan kimia. Apa sih akibat dari kulit yang mengalami penuaan? Nah, kulit yang mengalami penuaan ternyata membuat kulit terlihat kendor dan kusam karena munculnya garis-garis halus serta kerutan. Vitamin E menghadirkan antioksidan yang kuat yang dapat mencegah penuaan dini. Selain itu vitamin E juga bermanfaat dalam membantu menghilangkan garis-garis halus dan kerutan. Dengan demikian, manfaat vitamin E dapat membuat kulit kamu menjadi kencang dan lebih elastis.

  • Mencegah Kanker Kulit

Manfaat yang ketiga adalah untuk mencegah kanker kulit. Tahukah kamu bahwa orang-orang yang menghabiskan waktu waktu yang banyak di bawah terik matahri dapat berisiko tinggi terserang kanker kulit? Ya, ternyata ini benar adanya. Lalu bagaimana cara mencegahnya? Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi vitamin E. Salah satu tips sederhana untuk mencegah kanker kulit adalah dengan mengoleskan minyak vitamin E. Penggunaan minyak vitamin E secara teratur pada kulit dapat menyembuhkan dari berbagai penyakit kulit seperti psoriasis dan eksim.

  • Mengurangi Kram Saat Menstruasi

Manfaat selanjutnya adalah untuk mengurangi sakit kram saat kamu menstruasi. Nah seperti yang sering para wanita alami, bahwa ketika menstruasi, seringkali kita mengalami hal ini. Nah apa sih solusinya? Ternyata solusinya adalah dengan mengkonsumsi vitamin E. Sebab manfaat dari vitamin E adalah untuk meredakan kram pada saat sedang menstruasi. Untuk menyembuhkan kram tersebut dapat dengan menggunakan vitamin E. Dengan mengkonsumsi vitamin E adalah sebanyak 2 kali dalam sehari selama 2 minggu sebelum siklus menstruasi.

  • Mencegah Penyakit Stroke dan Jantung

Manfaat yang terakhir vitamin E adalah untuk mengencerkan darah yang beredar dan dapat memperlancar aliran darah. Hal ini ternyata dapat mencegah sehingga tidak akan terjadi adanya penumpukan flak pada dinding pembuluh arteri. Nah, penumpukan flak tersebut dapat meningkatkan resiko terserang penyakit jantung dan stroke.

Berikut Makanan Yang mengandung Vitamin E


  • Alpukat

Vitamin E pada alpukat juga banyak ditemui. Faktanya alpukat ini mengandung vitamin sampai 11 dan 14 mineral yang dibutuhkan untuk tubuh. Dalam kandungan 100gr buah alpukat kamu dapat memenuhi kebutuhan vitamin E secara harian sampai 10%. Buah alpukat ini ternyata banyak manfaatnya untuk tubuh. Selain menangkal radikal bebas, dapat juga mencegah penyakit stroke dan menurunkan kolesterol dalam darah. Selain itu dapat membuat pembentukan sel darah merah dan mencegah penyakit maag. Untuk pemenuhannya kamu dapat mengkombinasikannya dengan buah yang lain seperti buah jeruk atau buah lain untuk dijadikan salad.


  • Tomat


Contoh sumber makanan yang mengandung vitamin E selanjutnya adalah tomat. Hanya dengan pemenuhan satu cangkir buah tomat ini sudah mampu memenuhi setidaknya 0.97 gram vitamin E. Dengan kadar tersebut, buah tomat cukup baik untuk pemenuhan kebutuhan vitamin E harian kamu. Mengkonsumsi buah tomat ini mampu mengobati diabetes. Karena tomat juga banyak mengandung mineral kromium yang dapat membantu mengontrol gula darah agar tidak tinggi dan mengakibatkan dibatese. Selain itu buah tomat juga mampu sebagai antioksidan oleh asap rokok.


  • Almond

Almond adalah salah satu jenis kacang terbaik dan merupakan makanan yang mengandung vitamin E paling tinggi. Satu ons almond menawarkan 7,4 miligram vitamin E. Sedangkan dalam 100 gram almond terkandung 26,2 miligram vitamin E yang sudah menyediakan 127% lebih banyak dari vitamin E minimum yang direkomendasikan.

Kalau kamu membutuhkan energi lebih saat bekerja, ngemil kacang almond bisa membantu meningkatkan energi dalam tubuh kamu. Kalau kamu bukan termasuk penggemar almond mentah, kamu bisa menggantinya dengan susu almond, mentega almond, atau minyak almond.


  • Biji Bunga Matahari

Biji-bijian memang menjadi salah satu sumber terbaik dari vitamin E, salah satunya adalah biji bunga matahari. Tahukah kamu bahwa biji bunga matahari ternyata mengandung begitu banyak vitamin E? Hanya Setengah cangkir biji bunga matahari bisa mencukupi lebih dari kebutuhan vitamin E harian kamu. Dalam 1 cangkir biji bunga matahari menyediakan sekitar 46,52 miligram Vitamin E atau 225% dari kebutuhan harian kamu.


  • Cabe Rawit

Tahukah kamu bahwa cabe rawit mengandung vitamin E? Ya, mungkin selama ini kita tidak mengetahui bahwa ternyata cabe rawit mengandung vitamin yang begitu bermanfaat bagi tubuh kita. Nah, Kandungan vitamin E pada cabe rawit sebanyak 2 sendok teh atau mengandung 1.07 mg vitamin E. Hal ini sangat bagus untuk pemenuhan vitamin E harian kamu. Dimana kandungan nilai hariannya mencapai 5,3 persen sedangkan kerapatan nutrisinya mencapai 8,4.

Mengkonsumsi cabe rawit memang tidak bisa dilakukan tanpa makanan lainnya. Karena cabe biasanya merupakan makanan pendamping. Apa sih manfaat cabe rawit ini? Salah satu manfaat cabe rawit adalah dapat meredakan hidung tersumbat. Hal ini terbukti dengan memakan cabai rawit akan memancing suhu tubuh meningkat dan berkeringat. Sehingga saat berkeringat dan panas itu, Zat capsaicin yang terkandung dalam cabai rawit memudahkan lender pada hidung mencair. Sehingga mempermudah pernafasan.

Bagaimana Jika Kita Mengkonsumsi Vitamin E Secara Berlebihan?

Seperti pada penjelasan diatas, bahwa sumber vitamin E dapat kita teukan di berbaagai jenis makanan. Selain itu, kita juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin E yang begitu mudah kita jumpai di apotek maupun supermarket. Namun, tahukah kamu bahwa penggunaan vitamin E yang dikonsumsi dalam dosis yang tinggi dapat menyebabakan gangguan bagi tubuh? Nah, dibawah ini merupakan gangguan tubuh jika kamu mengkonsumsi vitmain E dengan dosis tinggi.

  • Pemakaian dosis tinggi pada penderita diabetes dan jantung bisa menyebabkan kematian

Yang pertama, pemakaian dosis tinggi vitamin E, akan berdampak pada penderita diabetes dan jantung. Nah seperti yang kita ketahui bahwa penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang banyak ditemukan. Pemakaina dosis tinggi vitamin E pada penderita ini akan mennyebabkan gangguan stroke hemoragik atau munculnya stroke karena pendarahan pada otak.

  • Konsumsi makanan tambahan vitamin E juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan

Mengkonsumsi vitamin secara berlebihan ternyata juga dapat mengganggu kesehatan kamu, sehingga tubuh kamu akan menjadi tidak nyaman dengan gejala kram perut, tubuh terasa lemah dan lesu, sakit kepala, pendarahan, mual, diare, gangguan penglihatan, dan memar pada tubuh.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar