Jenis dan Manfaat Hebat Buah Pisang


Jenis dan Manfaat Hebat Buah Pisang
Kamu pasti pernah memakan buah pisang. Seperti yang kita tahu, bahwa pisang merupakan buah yang selalu dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah pisang memiliki berbagai macam kandungan nutrisi sehingga buah ini memiliki manfaat yang begitu banyak bagi manusia.

Negara kita, Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam termasuk sumber daya hayati. Berbagai tumbuhan dapat kita temukan di negara kita ini. Hal ini disebabkan iklim tropis yang membuat tanaman serta tumbuhan dapat berbuah dengan subur. Artikel kali ini kami akan mencoba memberikan informasi mengenai salah satu buah-buahan yang banyak dikonsumsi oleh orang, dan pasti menjadi salah satu makanan favorit masyarakat kita yaitu Pisang.

Pisang merupakan nama tren dari salah satu jenis buah yang dikenali orang banyak. Buah pisang mempunyai karakter yang berbeda dengan jenis buah lain. Kalau di lihat jenis buah lain yaitu berbentuk bulat dan lonjong, sedangkan buah pisang melengkung panjang. Apa sih yang membuat orang menyukai buah yang satu ini? Nah salah satu alasannya adalah karena rasanya yang manis dan enak.

Pisang seringkali disajikan setelah selesai makan atau biasa disebut dengan makanan penutup. Bahkan, tidak hanya menjadi makanan penutup, pisang juga dimanfaatkan untuk dijadikan makanan tambahan berupa (camilan).

Baca juga artikel : Proses, Tipe dan Ciri Terjadinya Gunung Berapi

Apa Saja sih Kandungan Yang Terdapat Pada Pisang?

Peranan buah pisang sebagai bahan pangan sangat penting sebagai asupan gizi dan nutrisi untuk menunjang kesehatan manusia disamping sebagai asupan sumber energi, berikut kandungan dalam buah pisang dan manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh kita.

  • Vitamin B1 (Tiamin), B2 (Riboflavin), B3 (Niasin), dan B6

Vitamin B merupakan salah satu vitamin yang dikandung oleh buah pisang. Apa sih manfaatnya? Nah manfaat dari vitamin ini salah satunya adalah untuk pembentukan sel darah merah, mengurangi stress dan Antioksidan yang cukup baik bagi tubuh.

  • Vitamin C

Kemudian yang kedua adalah vitamin C. Nah, vitammin C ini bermanfaat untuk menjaga stamina, mempercepat penyembuhan luka dan anti infeksi.

  • Vitamin A, E, dan K

Kemudian pisang juga mengandung vitamin A, E dan K yang memiliki fungsi untuk penglihatan, sistem kekebalan tubuh, mencegah pembekuan darah, memperkuat tulang dan yang paling penting adalah manfaat gabungan ketiga vitamin ini yang ternyata dapat mencegah kanker.

  • Kalium dan Magnesium

Buah pisang juga mengandung kalium dan magnesium. Apa sih kegunannya? Kalium dan kalsium memiliki kegunaan untuk menstabilkan tekanan darah yang bermanfaat dalam melindungi jantung.

  • Kalsium

Selanjutnya buah pisang juga mengandung kalsium. Nah, kalsium ini berguna untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang serta gigi.

  • Protease Inhibitor

Buah pisang juga mengandung protease inhibitor yang memiliki kegunaan untuk melindungi sistim pencernaan dari bakteri berbahaya yang menyebabkan gangguan perut.

  • Fructooligosaccharides 

Selain itu, buah ini juga mengandung frutooligosaccharides. Apa sih kegunaannya? Nah salah satu kegunaannya adalah sebagai prebiotik yang merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam pencernaan.

  • Karotenoid

Buah pisang juga mengandung karotenoid. Nah kandungan ini merupakan Antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari penyakit.

  • Karbohidrat

Jenis Karbohidrat pada buah pisang termasuk jenis yang sangat mudah dicerna oleh tubuh daripada jenis buah lain. Karbohidrat buah pisang sebagai asupan sumber energi yang baik.

  • Mineral lain

Mineral lain yang dikandung oleh buah pisang seperti besi, Fosfor, Seng, Tembaga, Mangan, Selenium, dan Fluorida terdapat dalam buah pisang, masing masing mineral tersebut berguna membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jenis-Jenis Pisang

  • Pisang Ambon Kuning

Jenis dan Manfaat Hebat Buah Pisang
Pisang ini berkulit kuning keputihan. Keunggulannya terletak pada rasa buah yang manis dan beraroma harum. Tanaman ini pertama kali dikembangkan di daerah Malang, Jawa Timur. Panjang buahnya antara 15-20 cm. Satu pohon dapat menghasilkan 7-10 sisir dengan jumlah buah 100-150. Bentuk buah melengkung dengan pangkal meruncing. Daging buah berwarna putih kekuningan. Umumnya buah pisang ini tidak mengandung biji.






  • Pisang Tanduk

Jenis dan Manfaat Hebat Buah Pisang
Jenis yang kedua adalah pisang tanduk. Tahukah kamu bahwa pisang tanduk memiliki nama panggilan yang berbeda-beda di negara ASEAN? Ya, pisang ini di negara Thailand dipanggil dengan sebutan Kluai Nga Chang, akan tetapi di Philiphina, pisang ini biasa disebut dengan nama Tindok.

Pisang tanduk mempunyai ukuran panjang hingga 25-35 cm dan berdiameter 6-7 cm. Pada tiap sikatnya terdiri dari 10-15 buah mencapai berat hingga 7-10 kg. Jenis pisang tanduk ini kurang nikmat jika dinikmati langsung. Akan tetapi akan lebih enak jika dimakan setelah diolah.


  • Pisang Raja Sereh

Jenis dan Manfaat Hebat Buah Pisang
Pisang Raja Sereh memiliki ciri fisik dari buah ini yaitu warna kuning kecoklatan namun jika sudah matang akan berbintik cokelat gelap. Daging berwarna putih dengan tekstur lunak dan rasa sedikit asam.

Meskipun buah pisang ini sedikit asam, ada banyak kandunganan yang apabila kita konsumsi dapat menyehatkan tubuh. Apa sajakah itu?
Setiap satu buah pisang sereh mengandung energi sebesar 110 kkal, protein 1,2 gr, karbohidrat 31,1 gr, lemak 0,2 gr, kalsium 7 mg dan fosfor 29 mg. Selain itu pisang raja serah juga mengandung aneka vitamin diataranya vitamin A, B10 dan C.

  • Pisang Mas

Jenis dan Manfaat Hebat Buah Pisang
Pisang mas merupakan nama tren yang sudah dikenal banyak orang pada umumnya. Selain namanya yang unik, pisang ini juga mempunyai warna yang tak kalah unik dibandingkan namanya yaitu kuning keemasan.

Perubahan warna hijau ke kuning setelah pisang sudah mulai berusia kurang lebih tiga bulan matang.

Selain nama dan warnanya yang unik, pisang mas tersebut mempunyai tekstur buah cukup padat dan hanya dilapisi dengan kulit yang tipis.
Ketika jenis pisang mas ini mulai matang dan menguning, pisang akan menimbulkan aroma yang membuat perut lapar. Adapaun karakter buah pisang mas adalah tekstur buah tidak terlalu besar
Menurut orang-orang Indonesia, biasanya pisang mas tersebut lebih tepat jika menjadi makanan penutup di sebuah acara pernikahan. Selain menjadi makanan pencuci mulut pisang mas juga baik dikonsumsi untuk anak-anak guna untuk memperlancar pencernaan anak.


  • Pisang Kepok

Pisang kepok berkulit cukup tebal. Ketika buah sudah mulai matang daging buah berwarna krem dari warna asalnya yaitu putih.

Pisang kepok memiliki keunikan tersendiri yaitu pisang selalu berwarna hijau disaat muda dan matangnya.

Hanya saja, pada saat matang pisang ini baru bisa diolah menjadi makanan, seperti biasanya pisang kepok ini bisa rebus dan bisa juga digoreng. Selain itu Pisang kepok juga bisa diolah menjadi bahan utama dalam pembuatan kue dan juga bolu.
Keunggulan pisang kepok ini adalah pisang tersebut mempunyai manfaat yang baik untuk tubuh diantaranya adalah mencegah sembelit dan melancarkan sistem pencernaan.


  • Pisang Ambon Lumut

Jenis dan Manfaat Hebat Buah Pisang
Ada juga yang menyebutnya Pisang Hijau. Warna kulit buah pisang ambon lumut pada waktu matang hijau atau hijau kekuningan dengan bintik-bintik cokelat kehitaman. Daging buahnya berwarna putih kemerahan dan lunak. Rasanya manis enak dan aromanya kuat. Berat per tandan mencapai 15-18 kg dengan jumlah sisir 8-12. setiap sisir kurang lebih 20 buah. Ukuran buah 15-18 kg dengan jumlah sisir 8-12. setiap sisir kurang lebih 20 buah. Ukuran buah 15-20 cm dengan diameter 3-3,5 cm.




  • Pisang Nangka

Jenis dan Manfaat Hebat Buah Pisang
Jenis pisang nangka yang paling banyak peminatnya terutama untuk wilayah Malaysia dan Indonesia. Jika di lihat secara jelas, pisang nangka dengan tekstur buah yang cukup tebal.
Yang menjadi keunggulan pada pisang ini adalah ketika buah tersebut disimpan secara terus menertus di sebuah ruangan tanpa cahaya, kulit pisang nangka akan berubah menjadi warna kuning. Namun jika disentuh buah akan terasa lembek.

Pisang nangka rasanya juga manis sama halnya dengan pisang yang lainnya. Namun, pisang ini akan berasa kecut walau aroma pisang ini cukup wangi.

Dalam satu tandan buah pisang ini terdiri dari 14-24 buah. Jangka panen pisang nangka tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Diperkirakan pisang akan panen setelah berumur 138 hari.


  • Pisang Giant cavendish

Jenis dan Manfaat Hebat Buah Pisang
Buah pisang Cavendish merupakan jenis pisang dengan komoditi ekspor terbesar di Filipina. Secara fisik buah ini memiliki panjang 15-22 cm dengan diameter 3-4 cm. Daging buah ini sangat lembut dengan rasa yang manis dan aroma harum. Saat matang kulitnya akan tampak berwarna kuning cerah.
Dalam satu tandan buah pisang Cavendish terdapat 14-20 sisir dengan tiap sisir berisi 16-20 buah. Buah ini dapat disimpan sampai 28 hari.




  • Pisang Raja Uli

Jenis dan Manfaat Hebat Buah Pisang
 Pisang uli biasanya diolah menjadi bahan olahan makanan camilan, karena, buah pisang raja uli mempunyai rasa yang lebih manis. Buah ini juga memancarkan aroma bau harum dan sedap ketika buah sudah mulai matang.
Pada tiap tangkai buah pisang ini akan menghasilkan buah 5-8 sisir. Pada tiap buahnya mempunyai berat 120 gr. Pisang ini biasanya disajikan sebagai makanan cemilan.





  • Pisang Badak

Jenis dan Manfaat Hebat Buah Pisang
Ciri dari pisang ini ialah memiliki warna hijau kekuningan jika buahnya sudah mulai matang dan kulit yang hampir menyerupai dengan pisang kepok yang cukup tebal. Dari segi bentuk, pisang ini sedikit melengkuk dan ujung buah berbentuk seperti cerucup.

Pisang badak memiliki rasa yang manis dan tidak memiliki biji. Selain itu, pisang ini juga baik dikonsumsi langsung setelah matang. Tiap pohon pisang badak terdapat 180 buah setelah pasca panen. Pada tiap buahnya mempunyai berat hingga 75 gram.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar