Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Tipes


Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Tipes
Tipes adalah penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B dan C. Penyakit ini bisa disebabkan oleh keracunan makanan.

Tifus (tipes) atau demam tifoid adalah penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri Salmonella typhi dan umumnya menyebar melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Penyakit ini banyak terjadi di negara-negara berkembang dan dialami oleh anak-anak. Penyakit ini juga dapat menyebabkan kematian apabila tidak ditangani dengan baik dan cepat.

Kuman penyebab tifus masuk melalui saluran pencernaan, setelah berkembang biak kemudian menembus dinding usus menuju saluran limfa, setelah itu masuk ke dalam pembuluh darah dalam waktu 24-72 jam. Kemudian terjadi pembiakan di sistem retikuloendothelial dan menyebar kembali ke pembuluh darah yang kemudian menimbulkan berbagai gejala klinis.

Infeksi demam tifoid terjadi ketika seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh bakteri, selain itu infeksi demam tiroid juga menular dari urine yang telah terinfeksi namun hal ini jarang terjadi. Bahayanya bakteri atau kuman ini dapat menular dengan cepat.

Seorang dokter dari RS Internasional Bintaro, Indonesia yaitu dr. Arlin Algerina, SpA, menjelaskan bahwa sepanjang tahun diperkiraan antara 800-100.000 orang terkena penyakit tifus atau demam. Di musim dingin. Kemungkinan penyakit ini akan muncul dan lebih sering menyerang perempuan. Bahkan saat ini peningkatan kasus terjadi pada usia di bawah 5 tahun. Maka dari itu, kita harus mengetahui gejala awal dari penyakit ini agar dapat mencegah dan menangani penyakit ini dengan baik, cepat dan tepat.

Baca juga artikel : Bahaya Penyalahgunaan narkoba

Apa Saja Diagnosa Orang yang Terkena Penyakit Thypus?

Penyakit ini telah dikenal di tengah-tengah masyarakat dengan sebutan penyakit tipes. Namun sebenarnya di dunia kedokteran disebut dengan penyakit Thypus abdominalis atau Typhoid fever. Berikut adalah diagnosa orang yang terkena penyakit tipes.

  1. Sel darah putih dalam darah menurun
  2. Trombosit menurun
  3. Terjadi pendarahan pada usus yang mengakibatkan anemia rendah
  4. Dalam urin dan kotoran terdapat bakteri Salmonella typhosa
  5. Ketika diperiksa fisiknya, akan ditemukan denyut nadi melemah relatife (bradikardi), tegangnya otot, perut kembung dan pembesaran limfa.


Apa Saja Gejala Typus?


  • Demam

Kamu akan mengalami demam yang lebih dari seminggu. Biasanya kamu akan merasa baik-baik saja pada siang hari akan tetapi menjelang petang atau malam akan terjadi demam.

  • Makanan Terasa Pahit

Selain itu Lidah kamu menjadi kotor. Pada bagian pinggir lidah berwarna merah dan bagian tengahnya menjadi berwarna putih. Kamu akan merasa setiap makanan yang kamu makan akan terasa pahit sehingga kamu cenderung menyukai makanan yang pedas atau asam.

  • Mual dan Muntah

Kamu akan merasa mual yang terasa berat sampai muntah. Di dalam hati dan limpa bakteri salmonella typhi akan berkembangbiak yang akan mengakibatkan rasa mual karena terjadi pembengkakan dan akhirnya akan menekan lambung. Akibat dari mual yang berlebihan sehingga menyebabkan makanan yang masuk tidak akan sempurna bisa masuk dan biasanya akan keluar lagi lewat mulut.

  • Diare

Kamu juga akan mengalami Diare. Nah Diare ini terjadi karena gangguan penyerapan cairan yang disebabkan sifat bakteri yang menyerang saluran cerna.

  • Pusing dan Lemas

Selain itu tubuh kamu akan terasa pusing, lemas dan sakit perut. Lemas dan pusing disebabkan demam yang tinggi. Sakit perut sendiri disebabkan adanya pembengkakan hati dan limpa.

  • Pingsan

Jika kondisi kamu semakin parah, kamu akan menjadi tak sadarkan diri atau pingsan.


Faktor Apa Saja yang Menyebabkan Seseorang Terkena Penyakit Ini?


  • Faktor Makanan

Makanan yang kurang terjaga kesehatan dan kebersihannya dapat menyebabkan tipes. Karena dalam makanan yang kurang bersih pasti terdapat atau sudah terkontaminasi bakteri. Maka dari itu, lihatlah kebersihan makanan yang akan kamu makan sebelum membelinya.

  • Faktor Kebersihan

Sebelum makan janganlah lupa untuk mencuci tangan, agar tidak ada bakteri yang masuk ke dalam makanan yang akan kamu makan. Kebersihan seseorang sangatlah berpengaruh pada kesehatan. Contohnya saja misalnya pada toilet umum yang digunakan bersama orang yang telah terkontaminasi virus bakteri tipes, hal ini dapat menularkan bakteri tipes tersebut.
Beberapa situasi yang bisa menyebakan penyebaran tipes :

  1. Mengkonsumsi seafood dari air yang terkontaminasi urin dan tinja
  2. Mengkonsumsi sayuran yang menggunakan pupuk yang terdiri dari kotoran manusia yang terinfeksi
  3. Mengkonsumsi produk susu yang telah terkontaminasi


  • Faktor Lingkungan

Lagi-lagi lingkungan yang kotor bisa menjadi tempat yang disenangi oleh bakteri, lingkungan kotor pun bisa menjadi penyebab tipes.

  • Sistem Kekebalan Tubuh Lemah

Daya tahan tubuh kamu yang menurun sehingga mudah terkena infeksi adalah alasan penyebab seseorang terkena penyakt ini.

  • Tidak Melakukan Vaksin

Jika tidak melakukan vaksin, resiko terkena penyakit tipes lebih besar daripada orang yang tidak melakukan suntik vaksin. Akibatnya tubuh pun mudah terserang infeksi tipes.
Penyakit tipes dapat menyebabkan kesehatan tubuh semakin menurun secara perlahan. Biasanya hal tersebut berlangsung saat infeksi selama 3-7 hari. Demam dan sakit kepala merupakan gejala utama tubuh merespon infeksi yang dialami penderita tipes. Tipes pun membuat badan lemah dan otot tubuh sulit dan terasa sakit ketika digerakan.

Jadi untuk menghindari penyakit tipes yang mudah masuk dalam tubuh kamu, ada baiknya kamu selalu menjaga kebersihan serta kesehatan. Hindari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat ya.

Komplikasi Tipes

Inilah bahayanya terkena penyakit tipes. Penyakit tipes yang tidak diobati bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi yang sangat berbahaya. Bahkan pada kondisi yang lanjut bisa menyebabkan kematian. Infeksi bakteri pada bagian usus bisa menyebar ke organ lain sehingga sulit untuk diobati dengan cepat. Berikut ini adalah beberapa komplikasi tipes yang bisa terjadi.

  • Pendarahan Usus

Ini adalah komplikasi yang paling banyak ditemukan pada penderita penyakit tipes. Komplikasi ini biasanya terjadi pada tahap tipes masuk minggu ke tiga. Gejala yang bisa ditemukan jika sudah terjadi perforasi adalah seperti tekanan darah yang terus mengalami penurunan dan pendarahan pada tinja. Selain itu penderita juga akan merasa mual, muntah dan pendarahan.

  • Miokarditis

Pada kondisi ini akan muncul peradangan pada bagian otot jantung sehingga penderita merasa sulit untuk bernafas, nyeri yang berlebihan pada dada. Pada tahap ini perawatan harus dilakukan secara intensif dan perawatan juga dilakukan untuk infeksi jantung.

  • Komplikasi lain

Komplikasi lain yang sangat jarang ditemukan adalah termasuk radang paru-paru, infeksi pada ginjal, radang selaput otak dan gangguan halusinasi.

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit ini?


  • Jika kamu terkena penyakit ini, segeralah periksakan ke dokter sebelum penyakit ini semakin parah kemudian jangan lupa untuk memperbanyak istirahat.
  • Obat-obatan yang biasa digunakan untuk penderita tipes adalah antibiotik, analgesic dan jika diperlukan si penderita akan diberikan cairan infus.
  • Konsumsilah makanan yang lunak ya, seperti bubur supaya makanan dapat dicerna oleh tubuh kamu dan jangan dulu memakan makanan yang pedas dan asam.
  • Jika kamu ingin mencoba dengan obat yang alami, kamu bisa menggunakan rebusan labu atau ceme tanpa kulit kemudian di blender. Minumlah ramuan ini setiap hari..
  • Kamu juga bisa mencoba pengobatan dengan rebusan cacing tanah yang sudah dibersihkan dan dibuang isinya. Kalau kamu merasa geli atau jijik, kamu bisa membeli yang sudah dalam bentuk kapsul di apotik atau toko obat cina.

Gejala tipes sebenarnya terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan saat makan atau minum, sehingga bakteri Salmonella Thypti dapat masuk dan berkembang biak di dalam tubuh, selain itu daya tahan tubuh kamu yang lemah sehingga bakteri ini dengan mudahnya dapat masuk dan menginfeksi tubuh kamu.

Bagaimana Cara Mencegah Tipes?

Inilah cara yang paling efektif untuk mencegah tipes, yaitu :

  1. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi serta diolah dari bahan-bahan yang 
  2. Selalu memperhatikan kondisi kebersihan makanan maupun minuman sehari-hari
  3. Jika memiliki kesibukan jam kerja yang padat, minumlah vitamin atau kebutuhan nutrisi agar tubuh kamu tetap sehat dan tidak mudah terkena penyakit
  4. Jangan memakan makanan seperti sayuran dan buah-buahan yang belum dicuci 
  5. Hindarilah makanan yang sudah disimpan lama di mesin pendingin maupun di ruang terbuka.
  6. Perhatikan makanan agar tidak terkena lalat atau potensi kotoran yang lain.
  7. Selalu perhatikan gaya hidup yang bersih seperti mencuci buah sebelum dimakan, mencuci tangan sesering mungkin dan hindari konsumsi makanan yang tidak sehat.



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar