Bahaya Tidur Dalam Keadaan Lampu Menyala


Bahaya Tidur Dalam Keadaan Lampu Menyala
Pasti banyak dari kamu yang menyukai tidur dalam keadaan lampu menyala. Tahukah kamu bahwa hal ini membahayakan bagi kesehatan kamu? Nah artikel kali ini akan membahas tentang bahaya dari tidur dengan lampu menyala. Yuk simak berikut ini!

Tidur merupakan salah satu aktivitas rutin yang dilakukan oleh semua orang, baik itu di siang hari maupun di malam hari. Tidur juga merupakan salah satu sifat dasar dan juga alami yang setiap manusia pasti membutuhkannya. Pada umumnya, jam atau waktu tidur yang dianjurkan kepada rata-rata individu per harinya adalah sekitar 6 – 8 jam per hari, yang bisa kita lakukan pada malam hari. Itu artinya kita dapat tidur maksmal pukul 11 malam, agar bisa bangun pagi untuk melanjutkan aktivitas keesokan harinya.

Kebiasaan tidur masing-masing orang adalah berbeda. Ada yang suka tidur dengan lampu menyala. Ada yang suka tidur dalam keadaan gelap. Ada yang suka tidur dengan tengkurap dan lain sebagainya. Masing-masing kebiasaan tidur tersebut ada resiko dan bahayanya.

Terkadang beberapa orang lebih memilih untuk tidur sangat larut malam, bahkan tidak tidur sampai matahari terbit. Ini bukanlah suatu tindakan yang benar, jam biologis tubuh dapat terganggu jikalau jam tidur berkurang. Tidur adalah aktifitas primer yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan tidur dapat menyebabkan berkurangnya konsentrasi dan mudah lupa. Kekurangan tidur berarti tubuh kekurangan waktu untuk beristirahat yang dapat menuntun tubuh pada gangguan kesehatan yang cukup berbahaya seperti stroke, diabetes, obesitas, hipertensi, dll. Waktu yang direkomendasikan untuk tidur adalah sekitar 7-8 jam bagi orang dewasa, dan kurang lebih 10 jam bagi anak-anak dan remaja.

Baca Juga Artikel : Pengertian, Ciri dan Penyebab Tsunami

Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala


  • Menyebabkan Depresi

Bahaya tidur dengan lampu menyala yang pertama adalah dapat menyebabkan depresi. Menurut hasil penelitian Ohio State University Medical Centre menyatakan bahwa, tidur dengan keadaan lampu yang menyala dapat menimbulkan perubahan struktur pada otak dan menyebabkan depresi.

  • Kekebalan tubuh menurun

Selain itu bahaya yang kedua adalah kekebalan tubuh kamu mengalami penurunan. Mengapa demikian? Sebab lampu yang menyala bisa menghambat produksi hormon melatonin, nah hal ini mengakibatkan sistem kekebalan tubuh kamu mengalami penurunan.

  • Dapat menghambat produksi melatonin

Selanjutnya bahaya tidur dengan lampu menyala adalah menghambat produksi dari melatonin atau paling tidak produksi dari melatoin menjadi kurang optimal. Apa itu melatonin? Melatonin merupakan salah satu jenis enzim yang mampu menjaga tubuh dari perkembangan sel tumor dan juga kanker. Singkatnya, melatonin dapat membantu tubuh dalam memerangi penyakit kanker dan juga tumor ganas. Sel melatonin ini tidak dapat berkembang dengan baik, jika kamu tidur dalam keadaan lampu menyala.

Walaupun demikian hal ini bukan berarti ketika kita tidur dengan lampu menyala, pasti kita akan terserang kanker atau tumor. Masih ada banyak sekali faktor-faktor lainnya yang dapat menyebabkan kemunculan kanker di dalam tubuh, seperti dari bahaya merokok, bahaya alkohol dan juga gaya hidup tidak sehat. Terhambatnya melatonin karena tidur dengan lampu menyala merupakan bahaya yang masih tergolong kecil dan tidak dapat langsung berpengaruh kepada kesehatan tubuh.

  • Meningkatkan resiko mengidap leukimia untuk anak-anak

Selanjutnya adalah dapat meningkatkan resiko mengidap penyakit leukimia pada anak-anak. Nah untuk para perempuan, kekurangan hormon melatonin ini bisa meningkatkan resiko kanker payudara, akan tetapi untuk buat anak-anak, kekurangan hormon ini bisa meningkatkan resiko leukimia.

  • Tidur Malam Dengan Lampu Menyala dapat menghambat Produksi Melatonin

Hormon melatonin berperan dalam mencegah dan menghambat perkembangan sel kanker pada tubuh. Sehingga sangat dianjurkan untuk mematikan lampu saat tidur malam agar hormon melatonin tersebut dapat berproduksi lebih maksimal saat kamu tertidur pulas.

Tidur Malam Dengan Lampu Menyala Sangat Tidak Baik Pada Wanita. Ini dikarenakan, paparan cahaya lampu di malam hari dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker payudara dan kanker usus besar bagi kaum wanita. Jadi, para ibu dan remaja putri sebaiknya memulai membiasakan diri tidur malam dengan tanpa nyala lampu.

  • Kualitas tidur yang menurun

Bahaya selanjutnya adalah kualitas tidur kamu yang menurun. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ya, sebab dengan kamu menyalakan lampu ketika kamu ingin tidur, kemungkinan besar kamu akan mengalami gangguan yang membuat kualitas tidurmu menjadi menurun. Gangguan seperti apa? Misalnya saja kamu mengalami gangguan insomnia atau mengalami kejadian terbangun pada tengah malam. Nah karena gangguan inilah jam tidur kamu menjadi berkurang. Efek langsung dari jam tidur yang berkurang, dan disertai dengan terbangun pada tengah malam mini adalah menurunnya kualitas tidur.
Dari kualitas tidur yang buruk dan juga menurun pun ternyata memiliki bahaya bagi aktivitas kamu sehari-hari pada keesokan harinya. Kondisi ini akan menjadi penyebab sering mengantuk dan lemas. Hal ini dapat berujung pada menurunnya konsentrasi, serta dapat menyebabkan aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari menjadi terhambat. Hal ini akan menyebabkan kamu menjadi individu yang tidak produktif.

  • Menyebabkan gangguan tidur

Bahaya tidur dengan lampu menyala yang selanjutnya adalah meningkatkan resiko seseorang mengalami gangguan tidur. Contohnya adalah insomnia. Insomnia adalah gangguan yang dialami seseorang sehingga tidak dapat tidur dengan nyenyak semalaman. Salah satu faktornya adalah kebiasaan tidur dengan lampu menyala. Ternyata tidur dengan lampu yang menyala juga meningkatkan potensi kamu untuk terbangun pada tengah malam, dan menimbulkan ciri-ciri kurang tidur yang cukup dan juga mungkin gangguan tidur lainnya tidak pernah kamu sadari.

  • Rasa pegal pada mata

Dampak negatif yang terakhir adalah kamu bisa merasakan pegal pada mata. Mata kamu akan sering terasa pegal, terutama ketika kamu mencoba untuk memejamkan mata kamu dan ingin tidur. Hal ini merupakan gangguan pada kesehatan karena akan menyebabkan otot kelopak mata kamu menjadi tegang dan membuat mata kamu terasa pegal pada keesokan harinya, serta meningkatkan gangguan mata, seperti mata gatal dan juga merah.

Tidak hanya itu saja, jika kualitas lampu kamar kamu tidak baik, hal ini akan menimbulkan radiasi. Sehingga akan berdampak langsung pada mata kamu. Lalu apa yang akan terjadi selanjutnya? Nah, mata kamu akan menjadi sangat pegal, gatal dan perih setiap kali kamu membuka mata. Jika kamu ingin menghindari hal ini, minimal gunakanlah lampu dengan tingkat radiasi yang rendah dan aman. Jadi jangan pernah asal saja dalam memilih lampu.

Penutup

Jadi, itulah bahaya tidur dengan lampu menyala. Meskipun tidur dalam keadaan seperti ini memiliki bahaya, tetapi tidak semua individu akan mengalami hal tersebut apabila tidur dengan lampu menyala. Untuk kamu yang menyukai tidur dengan lampu yang menyala, sebaiknya mulai biasakan diri untuk mematikan lampu atau kamu bisa mengganti lampu dengan tingkat radiasi yang rendah. Kemudian jangan lupa untuk selalu berdoa sebelum tidur, agar kita dilindungi oleh yang maha kuasa dalam tidur kita setiap malam, dan dapat bangun keesokan harinya dengan segar bugar untuk menghadapi aktivitas sehari-harinya.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar