Bahaya Rokok yang Mengintai Kesehatan Manusia


Bahaya Rokok yang Mengintai Kesehatan Manusia
Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan peringatan untuk tidak merokok. Dua kata itu bisa dengan mudahnya dijumpai di mana saja. Sepertinya tidak mengherankan jika mengingat dampak-dampak negatif yang ditimbulkan akibat merokok pada tubuh kamu.

Salah satu dampak utama jika kamu merokok adalah terkena penyakit jantung. Diperkirakan, sebanyak 20% kematian diakibatkan penyakit jantung. Sebenarnya mengapa rokok itu sangat berbahaya bagi kita? Apa saja dampak negatifnya? Nah, simak berikut ini.

Sebenarnya, perang terhadap rokok sudah dilakukan oleh berbagai orang secara individu maupun secara kelembagaan dan organisasi. Tidak salah akhirnya jika pada setiap tanggal 31 Mei seluruh dunia merayakan atau mengkampanyekan World No Tobacco Day, atau di Indonesia kita menyebutnya hari tanpa asap rokok. Perlu kamu tahu bahwa World No Tobacco Day tersebut adalah anggota dari badan kesehatan dunia-WHO. Jadi, bisa dipastikan bahaya merokok memang benar dan bukan main-main.

Tahukah kamu, jika jumlah kematian yang di akibatkan oleh rokok mencapai kurang lebih 239.000 kematian? Angka ini hampir sama dengan jumlah kematian yang diakibatkan oleh tsunami Aceh pada tahun 2004.

Di Amerika, jumlah kematian yang diakibatkan oleh rokok adalah 480.000 kematian di setiap tahunnya. Ini juga berarti, bahaya merokok dapat dikatakan memiliki jumlah kematian yang lebih tinggi, jika beberapa penyakit paling mematikan di dunia ini digabungkan. Beberapa penyebab kematian tersebut seperti:
  1. Penyakit HIV
  2. Penggunaan obat-obatan terlarang
  3. Mengkonsumsi alkohol
  4. Kecelakaan lalu lintas,
  5. Kecelakaan yang berkaitan dengan penggunaan senjata api.

Baca juga artikel : Bahaya Penyakit Kista

Zat-Zat yang Terkandung Dalam Rokok

Berikut ini adalah zat yang terkandung di dalam rokok :

  • Nikotin
Nikotin adalah salah satu zat yang terkandung di dalam rokok yang dapat mengakibatkan kecanduan atau ketagihan pada seseorang untuk menghisap rokok.

Pengaruh bagi tubuh manusia :
  1. menyebabkan kecanduan / ketergantungan
  2. merusak jaringan otak
  3. menyebabkan darah cepat membeku
  4. mengeraskan dinding arteri

  • Tar 
Tar adalah bahan dasar pembuatan aspal yang dapat menempel pada paru-paru dan bisa menimbulkan iritasi bahkan kanker.

Pengaruh bagi tubuh manusia :
  1. Membunuh sel dalam saluran darah
  2. Meningkatkan produksi lendir di paru-paru
  3. Menyebabkan kanker paru-paru

  • Karbon Monoksida
Karbon monoksida adalah gas yang dapat menimbulkan penyakit jantung karena gas ini bisa mengikat oksigen dalam tubuh.

Pengaruh bagi tubuh manusia :
  1. Mengikat hemoglobin, sehingga tubuh kekurangan oksigen
  2. Menghalangi transportasi dalam darah

  • Zat Karsinogen
Pengaruh bagi tubuh manusia :
  1. Memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh

  • Zat Iritan
Pengaruh bagi tubuh manusia :
  1. Mengotori saluran udara dan kantung udara dalam paru-paru
  2. Menyebabkan batuk
Zat-zat asing berbahaya tersebut adalah zat yang terkandung dalam dalam asap rokok, dan ada 4000 zat kimia yang terdapat dalam sebatang rokok, 40 diantaranya tergolong zat yang berbahaya misalnya : hidrogen sianida (HCN) , arsen, amonia, polonium, dan karbon monoksida (CO).

  • Merokok Dapat Mengganggu Istirahat Anda
Bahaya yang pertama jika kamu menghisap rokok adalah dapat mengganggu jam istirahat kamu. Sebuah penelitian yang muncul dalam jurnal edisi Februari 2008 yang diterbitkan oleh American College of Chest Physicians (ACCP) mengungkapkan bahwa masa tidur nyenyak seorang perokok lebih sedikit daripada non-perokok.

Mengganggu istirahat, memang bukan dampak yang terlalu berbahaya, namun dalam jangka panjang, tidur yang tidak nyenyak akan membuat umur kamu menjadi lebih singkat.

  • Kanker payudara
Bahaya merokok yang kedua adalah kanker payudara. Sebenarnya para ahli kanker masih berdebat akan hal ini. Tentang apakah rokok itu dapat menyebabkan kanker payudara atau tidak pada manusia. Namun, telah mereka berhasil membuktikan bahwa zat-zat kimia yang terkandung di dalam rokok dapat memicu terbentuknya sel-sel kanker payudara pada hewan yang telah diuji cobakan.

  • Merokok Dapat Menjadi Penyebab Bayi Lahir Cacat
Salah satu penyebab bayi yang lahir dalam keadaan cacat adalah karena merokok. Untuk setiap orang yang sudah menikah, memiliki seorang bayi merupakan satu hal yang paling ditunggu. Pastinya setiap pasangan menginginkan bayi yang sempurna. Untuk itu, jika kamu menginginkan bayi yang sempurna seluruh anggota tubuhnya, janganlah merokok. Dan bagi kamu yang terlanjur kecanduan rokok, berhentilah merokok mulai dari sekarang.

Mengapa? Hal ini karena merokok akan sangat membahayakan kesehatan si bayi. Selain itu, sang ibu yang sedang mengandung bisa kehilangan bayi di dalam kandungannya, yang bisa jadi disebabkan oleh rokok.
  • Menjadi penyebab COPD

Tahukah kamu apa itu COPD? COPD adalah salah satu penyakit yang dapat menyerang sistem pernapasan. COPD yang memiliki kepanjangan Chronic obstructive pulmonary disease. Nah, hasil penelitian telah menunjukan bahwa yang menjadi penyebab COPD adalah aktifitas merokok. Merokok menjadi penyebab utama seseorang menderita penyakit ini. penyakit copd ini ada dua jenis yaitu :
Bronchitis kronis, akan menyebabkan seseorang yang menderitanya mengalami batuk-batuk yang secara terus menerus bahkan hingga jangka waktu tahunan.
Efisema, menyebabkan paru-paru mengalami kerusakan yang menahun.

  • Tulang yang Rapuh

Tulang menjadi rapuh adalah salah satu bahaya dari menghisap rokok. Kepala bagian pembedahan ortopedi di Carolina Medical Center, Edward N. Hanley Jr. MD, menyelidiki bahaya rokok terhadap tulang. Hasil penyelidikannya membuktikan bahwa 50% perokok akan mengalami nyeri punggung, dibandingkan dengan hanya 20% dari non-perokok.

Selain itu, nikotin juga dapat memperlambat kesembuhan setelah patah tulang dan menghambat fungsi esterogen. Bahaya rokok juga lebih nyata dengan adanya angka 2,3%- 3,3% hilangnya kepadatan tulang wanita yang menghisap 10 pak rokok per tahun.

  • Telinga Berdenging

Selanjutnya salah satu dampak negatif merokok adalah telinga kamu akan berdenging. Hal ini disebabkan oleh nikotin yang terdapat dapat rokok. Nikotin ini ternyata dapat memperlambat sirkulasi darah ke struktur telinga, sehingga dapat menyebabkan Tinnitus atau telinga berdenging. Kemudian, yang cukup mengkhawatirkan dari bahaya rokok adalah bahwa perokok memiliki resiko 70% lebih tinggi mengalami kehilangan pendengaran dibandingkan non-perokok.

  • Aterosklerosis

Dampak yang terakhir dari merokok adalah aterosklerosis. Apa itu sterosklerosis? Aterosklerosis adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh nikotin yang terkandung dalam asap rokok. Nah nikotin ini dapat mempercepat penyumbatan arteri yang bisa disebabkan oleh penumpukan lemak. Hal inilah akan menimbulkan terjadinya jaringan parut dan penebalan arteri yang menyebabkan arterosklerosis.

Cara Berhenti Merokok


  1. Kamu harus memiliki niat yang sungguh-sungguh untuk berhenti merokok.
  2. Belajarlah untuk membenci rokok.
  3. Bergaulah dengan orang yang tidak merokok.
  4. Pindahkan semua barang-barang yang berhubungan dengan rokok.
  5. Jika ingin merokok, tundalah 10 menit lagi.
  6. Beritahu teman dan orang terdekat kalau kamu ingin berhenti merokok.
  7. Jika kamu belum bisa berhenti merokok, cobalah untuk mengurangi jumlah merokok sedikit demi sedikit.
  8. Hilangkan kebiasaan Bengong atau menunggu.
  9. Bacalah tentang artikel yang menyangkut kesehatan terutama rokok, agar tau pentingnya betapa bahayanya merokok.
  10. Cari pengganti rokok, misalnya permen atau gula.
  11. Coba dan coba lagi jika masih gagal.
  12. Pergilah ke rumah sakit, dan lihatlah betapa banyaknya korban rokok sehingga kamu enggan untuk merokok lagi.



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar