Bahaya Penyakit Kista


Bahaya Penyakit Kista
Kista merupakan salah satu jenis penyakit yang paling ditakuti oleh wanita. Banyak wanita yang mengeluh sakit yang berlebihan saat datang bulan kemudian dokter menemukan ada kista dalam organ reproduksi. 

Kista ovarium menjadi salah satu kasus kista yang paling banyak ditemukan pada wanita terutama pada usia reproduktif. Kista juga sering dianggap sebagai salah satu penghambat proses kehamilan sehingga beberapa tindakan diperlukan untuk menghilangkan kista.

Kista termasuk tumor jinak yang terbungkus oleh selaput semacam jaringan di organ reproduksi perempuan yang paling sering ditemui. Bentuknya kistik, berasa cairan kental, dan ada pula yang berbentuk anggur. Kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah, ataupun bahan-bahan lainnya. Kumpulan sel-sel tumor itu terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Itulah sebabnya tumor jinak relative mudah diangkat dengan jalan pembedahan, dan tidak membahayakan kesehatan penderitanya.

Baca juga Artikel : Kehebatan Manfaat Kurma

Jenis Kista

Kista terbagi menjadi dua golongan

  • kista non neoplastik
kista jenis ini bersifat jinak dan tidak memerlukan operasi untuk penyembuhanya, sebab dalam kurun waktu 2-3 bulan, benjolan kista ini akan mengempis dan hilang dengan sendirinya

  • kista neoplastik
kista ini membutuhkan operasi untuk penyembuhanya, namun ini bukan sebuah keharusan melainkan didasarkan pada ukuran serta sifat kista itu sendiri.

Bagaimana Kista Terbentuk?

Wanita normal biasanya memiliki dua ovarium seukuran kenari di sisi kiri & kanan rahim. Masing-masing ovarium menghasilkan satu telur yang terbungkus dalam folikel (kantong). Ketika telur keluar, hormon estrogen akan memberi sinyal kepada rahim. Pada gilirannya, lapisan rahim mulai menebal dan mempersiapkan pembuahan telur oleh sperma (kehamilan). Bila telur tidak dibuahi, maka seluruh isi rahim akan dikeluarkan dalam bentuk haid bulanan.

Jika folikel gagal untuk pecah dan melepaskan telur, cairannya tetap tinggal dan dapat membentuk kista kecil ( lebih kecil dari 4 cm). Ini normal terjadi dan biasanya terjadi pada salah satu ovarium. Kondisi ini disebut sebagai kista fungsional, biasanya akan hilang dengan sendirinya, dan tidak perlu diobati.

Penyebab Penyakit Kista

Sebagian besar kista berkembang sebagai hasil fungsi normal siklus menstruasi. Kista ini dikenal dengan kista fungsional. Penyebab jenis kista lainnya lebih khusus. Sedangkan penyebab penyakit Mioma uteri adalah adanya perangsangan hormon estrogen terhadap sel-sel yang ada di otot rahim. Untuk itu, kebiasaan hidup sehat serta pola makan yang baik akan sangat membantu pencegahannya.

Ciri – Ciri Orang Terkena Tenyakit Kista

  1. Keluhan nyeri ketiak menjelang atau dalam masa haid, beberapa penderita bahkan ada yang bisa sampai pingsan karena tidak tahan saking sakit nya menahan
  2. Nyeri perut pada bagian bawah
  3. Haid yang sangat banyak atau justru terlalu sedikit
  4. Sering merasa ingin buang air besar / kecil karena jaringan kista terus membesar semakin menekan kandung kemih sehingga tidak dapat menampung banyak air seni
  5. Pada keadaan lanjut dapat teraba benjolan di daerah perut
  6. Perubahan pola haid, misalnya terlambat haid atau pendarahan di antaranya periode haid
  7. Pendarahan vagina yang hebat dan tidak teratur
  8. Nyeri perut hebat di sertai mual dan muntah
  9. Pembesaran perut akibat beberapa jenis kista yang cenderung tubuh makin besar
  10. Rasa sakit seperti di gigit semut di bagian bawah perut kiri dan kanan secara bergantian
  11. Keluhan sakit pada pinggang belakang
  12. Sakit saat berhubungan seks atau intim
  13. Jika kista pecah misalnya saat berhubungan seksual penderita akan merasa nyeri bertambah bila melakukan aktivitas fisik

Cara Tradisional Mengobati Kista

Berikut ini adalah beberapa tanaman obat yang bisa anda jadikan obat tradisional kista yang tentunya mudah didapat dan anda buat sendiri.

  • Mahkota Dewa
Mahkota Dewa ( phaleria macrocarpa ) merupakan tanaman asli indonesia yang berasal dari tanah papua. Selain biasa dijadikan sebagai tanaman hias dan peneduh juga memiliki manfaat dan khasiat untuk mengatasi penyakit kista karena merupakan tanaman obat.

Mahkota dewa memiliki kandungan zat aktif alami yakni berupa alkoid, polifenol, saponin yang mempunyai peranan anti bakteri dan meningkatkan kekebalan dan vitalitas dan juga adanya flavonoid yang bersifat anti radang untuk mengurangi rasa sakit pada pembengkakan.

Cara membuat ramuan obat kista dari mahkota dewa :
Bahan :
  1. Siapkan 30 gram daun mahkota dewa
  2. 5 gram buah mahkota dewa kering
  3. 50 gram temu mangga

Cara meramunya :
  1. Campur semua bahan yang telah disiapkan
  2. Rebus dengan 800 cc air sehingga 400 cc kemudian saring
  3. Minum secara teratur sebanyak 2 kali dalam sehari.

  • Kunyit Putih
Dari beberapa hasil penelitian kunyit putih (curcuma mangga) diketahui memiliki kandungan labdane diterpene glucoside yang mampu membunuh sel kanker payudara, kanker paru, kanker usus besar, dan kanker serviks.Selain itu kunyit putih juga diketahui memiliki efek farmakologis, yaitu analgesik (antinyeri) dan antiradang serta efek sitotoksik (membunuh) bagi beberapa jenis sel kanker.

Berikut ini adalah cara membuat obat tradisional dari kunyit putih.
Bahan :
  1. 10 gram kunyit putih kering
  2. 10 gram temu putih
  3. 10 gram tapak liman kering
  4. 10 gram pegagalan kering
  5. 30 gram cakar ayam segar

Cara membuat :
  1. Rebus semua bahan diatas dengan 1 liter air sampai 1/2 liter
  2. Angkat dan saring
  3. Konsumsi ramuan tersebut 3 kali sehari

  • Benalu Teh
Benalu teh atau tumbuhan yang selalu tumbuh dipohon teh ini ternyata baik dikonsumsi oleh penderita penyakit kista.Benalu teh mengandung flavonoid, chalcones, flavanones, c-glycoflavonols dan flavan3-ols yang memiliki banyak khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah pengumpalan darah, anti alergi dan anti kanker.

Berikut ini merupakan cara membuat obal tradisional dari tanaman benalu teh.
Bahan :
  1. 60 gram benalu teh
  2. 30 gram rumput mutiara

Cara meramu :
  1. Masukkan 60 gram benalu teh dan 30 gram rumput mutiara kedalam air 800 cc
  2. Rebus hingga tersisa air rebusan 200 cc kemudian saring

  • Rumput Mutiara
Rumput mutiara (hedyotis corymbosa) merupakan tanaman perdu yang liar. Rumput mutiara ternyata memiliki manfaat untuk mengobati kista sehingga dapat kita manfaatkan dan meramunya menjadi obat alami kista.

Bahan :
  1. 30 gram rumput mutiara
  2. 5 gam daging buah mahkota dewa kering

Cara membuat ramuan dengan rumput mutiara :
  1. Rebus kedua bahan tersebut dengan air 600 cc hingga tersisa 300 cc lalu saring
  2. Konsumsi dua kali sehari secara rutin

  • Kulit Manggis Dan Daun Sirsak
Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan kulit manggis dan daun sirsak. Kedua bahan alami yang mudah di jumpai tersebut ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk mengobati penyakit kista.
Kulit manggis memiliki kandungan zat antikanker dan antitumor alami yang mampu menekan pertumbuhan sel kanker dan tumor serta merangsangnya untuk melakukan proses bunuh diri sendiri. Selain itu kulit manggis juga mengandung zat antioksidan tinggi bernama Xanthone yang memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit serta mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh lebih baik.

Daun sirsak bagian berharga dari tumbuhan sirsak ini mengadung zat antikanker luar biasa bernama Acetegonins yang mampu membunuh sel kanker dengan daya kerja 10.000 kali lipat dari kemoterapi serta kandungan antioksidan alami yang mampu menjaga kekebalan tubuh.

Nah berikut ini merupakan cara untuk membuat obat tradisional dari kulit manggis dan daun sirsak.
Bahan :
  1. Siapkan 2 buah manggis segar yang sudah matang
  2. 10 lembar daun sirsak

Cara membuat :
  1. Rebus daun sirsak dengan 1 liter hingga tersisa 1 gelas air ( 1 jam ) lalu saring dan dinginkan
  2. Sambill menunggu rebusan air daun sirsak mendingin, siapkan blender untuk membuat jus manggis
  3. Sebelum dimasukkan ke dalam blender, buah manggis yang sudah disiapkan tadi cuci sampai bersih, kemudian buang gagang dan mahkota berwarna hijau, sehingga di dapat buah manggis yang sudah bulat.
  4. Kemudian potong menjadi 4 buah manggis tersebut dan campurkan rebusan daun sirsak tadi, dan blender sampai halus dan tidak perlu disaring.
  5. Terakhir diminum secara rutin 3x sehari, dan satu kali minum 30ml, kira-kira 3 sendok makan



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar