Bahaya Kanker Payudara


Bahaya Kanker Payudara
Kanker payudara merupakan tumor ganas yang tumbuh di jaringan payudara. Jenis kanker ini biasanya dialami oleh wanita, akan tetapi bisa juga dialami oleh pria namun sangat jarang sekali.

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang menyerang organ payudara, dimana sel dalam payudara membelah dan tumbuh diluar kendali. Kanker ini merupakan salah alah satu jenis kanker yang paling banyak diderita oleh masyarakat, khususnya wanita. Wanita beresiko besar terkena kanker payudara, akan tetapi tidak menghilangkan kemungkinan bahwa pria juga dapat terserang kanker payudara.

Mengenal ciri-ciri kanker payudara  sejak dini adalah salah satu hal penting yang harus diketahui oleh semua wanita. Hal ini dikarenakan kanker payudara yang cepat mendapatkan penanganan tentu saja tidak dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Seperti yang kita ketahui bahwa kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya jika sudah memasuki stadium lanjut. Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian nomor lima setelah kanker paru-paru, kanker rahim, kanker hati dan kanker usus.

Baca juga artikel : Manfaat Ajaib Madu

Apa Saja Jenis Kanker Payudara?

Kanker payudara invasif
Bentuk paling umum dari kanker payudara invasif adalah kanker payudara duktal invasif yang berkembang pada sel-sel pembentuk saluran payudara. Kata invasif berarti kanker ini dapat menyebar di luar payudara. Sekitar 80 persen dari semua kasus kanker payudara invasif merupakan jenis semacam ini.

  1. Kanker payudara lobular invasif. Penyakit ini berkembang pada kelenjar penghasil susu yang disebut lobulus.
  2. Kanker payudara terinflamasi.
  3. Kanker Paget pada payudara.

Jenis-jenis kanker ini juga dikenal sebagai kanker payudara sekunder atau metastasis. Jenis ini dapat menyebar ke bagian lain tubuh. Penyebarannya biasanya melalui kelenjar getah atau aliran darah.

Kanker payudara non-invasif
Bentuk kanker non-invasif biasanya ditemukan melalui mamografi karena jarang menimbulkan benjolan. Jenis ini juga sering disebut pra kanker. Tipe yang paling umum dari kanker ini adalah duktal karsinoma in situ. Jenis kanker payudara ini bersifat jinak dan ditemukan dalam saluran payudara, serta belum menyebar.

Apa Sih Penyebab Kanker Payudara?

Bisa dikatakan, hampir semua jenis kanker yang ada memiliki sebab spesifik dan berbeda-beda. Misalnya, kanker kulit banyak disebabkan oleh sinar ultraviolet. Kemudian, kanker paru-paru banyak disebabkan oleh asap rokok. Namun, berbeda halnya dengan kanker payudara. Sampai saat ini belum bisa dipastikan apa sebenarnya penyebab pokok kanker payudara. Ya, beberapa hal bisa menjadi faktor kanker payudara, misalnya: faktor genetis, lingkungan, dan hormon. Wanita yang rentan terhadap faktor-faktor ini rentan pula terhadap kanker payudara.

Berdasarkan sejumlah penelitian, sebagian besar wanita pengidap kanker payudara berusia di atas 50 tahun. Ini artinya semakin tua usia, semakin besar resiko mengidap kanker payudara. Faktor lain yang tidak bisa diremehkan adalah faktor keturunan. Jika ada anggota keluarga, misalnya orangtua (ibu) atau nenek, yang memiliki riwayat mengidap penyakit ini, maka resiko mengidap kanker payudara semakin besar. Kanker payudara juga bisa terjadi karena perluasan kanker di bagian tubuh yang lain. Faktor lain adalah gaya hidup yang tidak sehat, misalnya kebiasaan memakan makanan yang mengandung banyak bahan kimia serta konsumsi alkohol dan rokok.

Ciri-Ciri Kanker Payudara


  • Munculnya benjolan di payudara

Benjolan di dalam payudara merupakan salah satu pertanda awal dari munculnya kanker payudara. Dan benjolan ini tidak selalu terasa sakit. Meski begitu, tidak semua benjolan yang muncul merupakan benjolan kanker payudara. Benjolan ini dapat teraba saat kamu melakukan pemeriksaan pribadi di rumah. Biasanya teraba saat sedang menstruasi.

  • Terdapat Kerutan di Sekitar Payudara

Kerutan biasanya dialami oleh orang yang sudah tua, namun tidak halnya jika kamu mengalami atau terkena gejala awal kanker payudara, kerutan mungkin saja terdapat di bagian tertentu di payudara kamu.
Kulit payudara normal
Kulit payudara normal tidak memiliki kerutan, cenderung halus dan permukaan yang rata (kecuali di daerah puting)
Kerutan Tanda Kanker Payudara
Kerutan tanda kanker payudara ini dapat kamu rasakan dengan tangan perbedaannya, permukan kasar dan spesifik di daerah tertentu pada kulit payudara. Biasanya kerutan ini akan berwarna sedikit hitam dan tidak terlalu besar lingkupnya.

  • Terdapat lesung

Seperti yang kita tahu bahwa kanker payudara tidak selalu ditandai dengan adanya benjolan pada payudara. Pasalnya, terdapat cekungan seperti lesung pipi pada payudara juga merupakan indikasi seseorang menderita kanker payudara.

  • Sakit, gatal dan bersisik di puting susu

Ciri lainnya yaitu sakit, gatal, ruam dan bersisik pada puting susu. Jika kulit payudara timbul semacam sisik, kamu juga perlu waspada. Karena hal tersebut merupakan gejala awal kanker payudara yang paling umum. Jika terjadi ruam, maka sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter.
Gejala Lanjut Kanker Payudara.

Berikut ini adalah tanda dan efek kanker payudara yang terlambat diketahui atau ketika kanker telah menyebar dan mempengaruhi bagian lain di tubuh kita.

  1. Merasakan nyeri tulang
  2. Perut menjadi Mual
  3. Kehilangan nafsu makan
  4. Penurunan berat badan
  5. Penyakit kuning
  6. Penumpukan cairan di sekitar paru-paru (efusi pleura)
  7. Sesak napas
  8. Sakit kepala hebat dan tidak lekas sembuh
  9. Batuk
  10. Penglihatan ganda
  11. Kelemahan otot


Diagnosis Kanker Payudara

Ada beberapa diagnosis kanker payudara yang dapat dilakukan oleh para medis yaitu :

  • Mammogram

Mammogram adalah cara paling ampuh untuk mendeteksi kanker payudara, mammogram merupakan gambar x-ray dari payudara untuk mengetahui jaringan yang ada didalamnya.

  • Biopsi

Tes biopsi digunakan untuk orang yang diduga menderita kanker payudara, tes ini dilakukan untuk menindaklanjuti hasil screening dan gejala yang mereka rasakan untuk mengetahui apakah ada kanker payudara atau tidak dan untuk menindaklanjutinya.

  • Ultrasonik

Menggunakan gelombang sinar ultrasonik untuk menggambarkan jaringan dari payudara. Gelombang ultrasonik juga dapat menghancurkan sel kanker.

  • MRI

Singkatan dari Magnetic Resonance Imaging. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan bersamaan dengan tes lain.

Bagaimana Tips mencegah Kanker Ini?


  1. Jagalah berat badan
  2. Hidarilah alkohol sebab dengan mengkonsumsi lebih dari 1 minuman yang mengandung alkohol dalam sehari, dapat meningkatkan resiko sebesar 20%-25%.
  3. Mengkonsumsi buah dan sayur seperti brokoli, kecambah, kubis, berry, buah jeruk, ceri. Dan sebaiknya dimasak dalam waktu yang sebentar atau bisa memakannya secara mentah.
  4. Jangan lupa untuk berolahraga dan dilakukan dengan teratur minimal 30 menit sehari.
  5. Meminimalkan mengkonsumsi lemak jenuh, lemak trans dan omega-6 dan memaksimalkan lemak omega-3 misalnya pada ikan. Lemak omega-3 ini harus diperbanyak karena bersifat anti kanker.
  6. Mengkonsumsi karbohidrat sesuai dengan porsi atau dapat mengganti dengan kacang-kacangan yang mempunyai serat tinggi.
  7. Konsumsilah produk-produk dari kedelai secara teratur misalnya tahu, tempe, susu.
  8. Hindarilah polusi lingkungan dan selalu mencuci produk non-organik sebelum dimakan, hal ini untuk membersihkan pestisida yang menempel.
  9. Selalu Berpikir positif dan berhentilah merokok.
  10. Menyusui atau memberikan ASI.



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar