Syarat dan Cara Menjadi Pramugari


Cara Menjadi Pramugari
Proses untuk menjadi pramugari di maskapai penerbangan dimulai dari pemahaman Anda terkait persyaratan yang dibutuhkan, kriteria calon, dan lain sebagainya sebagaimana diulas dibawah ini.

Profesi sebagai seorang pramugari atau "kondekturnya" pesawat belakangan ini sepertinya semakin diminati masyarakat. Ya, profesi pramugari memang menjanjikan gaji yang terbilang besar dan mendapat insentif dari maskapai penerbangan tempat pramugari bersangkutan bernaung, baik itu di Garuda, Air Asia, Lion, Wings, Citilink, maupun maskapai penerbangan lainnya.

Selain iming-iming gaji bagus, bekerja sebagai pramugari juga menawarkan sensasi tersendiri. Anda bisa keliling dunia tanpa biaya, dapat menikmati penerbangan yang menawarkan momentum-momentum berkesan, dan masa depan Anda serasa terjamin. Dengan sejumlah kelebihannya, maka tidak heran jika banyak kaum Hawa yang fokus untuk mengejar karir ini.

Bagi Anda yang sudah pernah mencicipi serunya duduk di bangku pesawat, pasti pernah pula dilayani oleh pramugari yang manis-manis nan cantik jelita. Dengan sabar mereka selalu tersenyum ke para penumpang yang akan bepergian ke kota atau negara tertentu. Sejak pertama kali masuk hingga keluar pesawat Anda mendapatkan pelayanan yang sangat baik.

Baca juga: Pengertian Sistem Informasi dan Ciri-cirinya

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menjadi pramugari, silakan simak persyaratan apa saja yang harus Anda ketahui sehingga Anda siap memulai langkah untuk mengejar mimpi Anda menjadi seorang pramugari di maskapai penerbangan ternama.

Persyaratan Menjadi Pramugari


Berikut ini beberapa persyaratan untuk menjadi pramugari yang perlu Anda perhatikan jika berkeinginan berkarir sebagai pramugari:

1. Kondisi fisik: Anda harus berkepribadian yang menyenangkan, memiliki kulit wajah bersih (bebas jerawat dan bekas luka), serta memiliki penglihatan mata yang baik.

2. Pada maskapai luar negeri, sebagian darinya memberi persyaratan minimal dua tahun pengalaman dalam bidang pelayanan pelanggan atau pelayanan masyarakat.

3. Tidak diperbolehkan memiliki tato dibagian tubuh yang tidak tertutupi, misalkan di kaki. Jika Anda memiliki tato, maka Anda harus mencari cara untuk menghilangkan tato tersebut.

4. Calon pramugari tidak diperbolehkan menggunakan nikotin dalam bentuk apapun setidaknya selama enam bulan sebelum mengirimkan lamaran. Ini berlaku disebagian besar maskapai.

5. Harus memiliki tinggi badan antara 5,2 (157cm) dan 6,2 (188cm) dengan berat badan yang proporsional.

6. Tidak diperbolehkan memakai aksesori tertentu seperti tindikan di lidah. Anda harus melepas segala sesuatu yang ada di lidah.

7. Calon pelamar pramugari diharuskan berstatus single alias belum bersuami. Ini berlaku disebagian besar maskapai penerbangan, baik dalam maupun luar negeri. Namun, persyaratan ini hanya berlaku bagi calon pramugari yang belum memiliki pengalaman atau dalam arti lain belum pernah menjadi pramugari.

8. Diharuskan lolos dari penilaian fungsional. Harus mampu mengangkat beban seberat 50 pound (22kg) dari lantai hingga setinggi pinggang, dan mampu mengangkat beban seberat 22 pound (10kg) ke atas kepala.

9. Memiliki berat badan ideal. Dalam hal ini satuan yang dipakai untuk mengukur berat badan ideal adalah = berat badan (kg) dibagi oleh tinggi badan (m) pangkat dua. Yakni, berat badan / (tinggi badan x tinggi badan).

10. Pada sebagian maskapai penerbangan luar negeri, calon pelamar diharuskan memiliki panjang lengan minimum 84 inci (213 senti) saat berjinjit. Namun, persyaratan ini sepertinya tidak diterapkan pada maskapai dalam negeri.

Persyaratan diatas merupakan persyaratan umum pada sebagian besar maskapai penerbangan. Adapun untuk menjadi pramugari Garuda Indonesia, persyaratannya seperti dijelaskan dibawah ini.

Persyaratan Menjadi Pramugari Garuda Indonesia


  • Wanita
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berpenampilan menarik dan kepribadian menarik
  • Belum pernah menikah
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Usia min 18 tahun dan max 27 tahun atau 33 tahun yang telah berpengalaman menjadi pramugari
  • Pendidikan minimum SMA / SMK / Sederajat diutamakan lulusan D3 keatas
  • Tinggi Badan minimum 158 cm dan maksimum 172 cm, dengan Berat Badan Ideal dan Postur Tubuh proporsional
  • Tidak berkacamata dan tidak buta warna, lensa kontak diperkenankan dengan ketentuan max minus -3.00, silindris C-100.
  • Mampu berbahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan), dan diutamakan memiliki kemampuan berbahsa asing lainnya.

Tata cara melamar Garuda Indonesia


  • Pakaian Formal (lengan blus pendek berwarna cerah, lutut rok panjang berwarna gelap, mengenakan pantofel (high heels)
  • Rambut rapi (diikat untuk berambut panjang)
  • Natural make up.

Dokumen yang diperlukan


  • Surat lamaran
  • Curriculum Vitae (CV)
  • Fotokopi ijazah pendidikan terakhir
  • Pas foto terakhir :
  • Full Body ukuran postcard (1 buah)
  • Ukuran Close up foto 3×4 (2 buah)

Dengan sudah memahami persyaratan menjadi pramugari sebagaimana dijelaskan diatas, selanjutnya Anda tinggal mengikuti prosesnya dengan memasukkan berkas lamaran Anda pada maskapai yang Anda tuju.


Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar