Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok


Penyebab danCara Mengatasi Rambut Rontok
Mengalami kerontokan rambut pasti pernah dialami oleh setiap orang. Hal ini merupakan suatu hal yang normal apabila seseorang mengalami kerontokan 100 helai rambut per harinya. Tetapi jika berlebihan, terkadang ada alasan medis yang menjadi penyebab kerontokan.

Tahukah kamu bahwa jumlah penderita rambut rontok setiap tahunnya mengalami peningkatan. Penyebab terjadinya kasus-kasus kerontokan rambut bisa jadi karena kurangnya perawatan atau perhatian lebih pada kesehatan. Kerontokan rambut  bisa di derita banyak umur, baik orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak pun kerap terjadi.

Rambut adalah mahkota bagi setiap orang baik itu laki-laki ataupun perempuan. Selain sebagai mahkota pada setiap orang, rambut juga memiliki fungsi untuk menjaga kulit kepala dari paparan terik matahari panas atau cuaca dingin yang dapat memudahkan kepala kita menjadi sakit. Tanpa rambut yang berada di kepala kita, dapat membahayakan dan dapat mengurangi penampilan seseorang serta membuat orang menjadi tidak percaya diri akan penampilannya tersebut.

Jika rambut rontok sebanyak 50 hingga 100 helai setiap hari masih dianggap hal yang wajar. Hal tersebut seharusnya tidak akan menimbulkan masalah atau membuat kepala menjadi cepat botak. Mengapa? Karena rambut baru akan tumbuh dan menggantikan rambut rontok tersebut. Tapi rambut rontok berlebihan bisa saja terjadi, atau bahkan, pertumbuhan rambut bisa saja terganggu dan terhenti. Akibatnya, kepala bisa kehilangan mahkota indah secara sementara atau permanen.

Baca juga artikel : Cara Cerdas Belajar yang Efektif dan Efisien
Rambut rontok berlebihan (lebih dari 100 helai per hari) bisa disebut sebagai telogen effluvium. Kerontokan ini terjadi secara menyeluruh pada bagian kepala sehingga tidak menyebabkan kebotakan pada satu area saja (pitak). Tapi rambut tampak tipis secara keseluruhan. Menurut dokter ahli ilmu penyakit kulit, kondisi ini bisa terjadi setelah tubuh atau Anda pribadi mengalami stres atau tertekan.

Apa Saja Faktor Penyebab Kerontokan Rambut?

  • Faktor eksternal
Bahan Kimia
Perawatan rambut yang terlalu berlebih dengan menggunakan bahan kimia menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Bahan kimia yang digunakan untuk mewarnai, meluruskan dan membuat rambut menjadi gelombang secara permanen dapat menyebabkan rambut menjadi rusak jika digunakan secara berlebihan dan tidak tepat dalam menggunakannya. Oleh sebab itu, telitilah sebelum melakukan pewarnaan pada rambut. Selain itu, zat kimia yang digunakan pada proses pelurusan rambut atau rebounding juga dapat membuat rambut menjadi rusak. Proses pendiaman rambut selama 30 menit pada pelurusan rambut ini memperparah kerontokan yang akan dialami oleh rambut.

Radikal Bebas
Radikal bebas adalah zat beracun yang dapat mempercepat proses penuaan dini. Pada umumnya radikal bebas berasal dari polusi dan asap-asap beracun. Akibatnya kulit menajdi keriput, munculnya bintik-bintik hitam pada wajah dan rambut menjadi lebih cepat rontok.

Diet yang Berlebihan
Memiliki tubuh yang indah dan ideal merupakan impian setiap orang. Tak heran jika banyak orang yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Sebenarnya melakukan diet tidaklah masalah jika dilakukan dengan benar seperti dengan makan makanan yang  bernutrisi. Akan tetapi jika diet yang dilakukan sudah berlebihan, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan kesehatan rambut karena pola makan menjadi terganggu. Padahal, rambut memerlukan nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Jika rambut kekurangan nutrisi, rambut akan menjadi mudah rontok.

Gaya Rambut
Faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok adalah sering mengubah-ubah gaya rambut. Untuk itu pastikan terlebih dahulu kesehatan pada rambut sebelum mengubah gaya rambut. Karena beberapa gaya rambut dapat menyebabkan rambut menjadi tertarik hingga akarnya. Selain itu juga dapat membuat rambut lebih cepat rapuh dan mudah patah.

Jarang Keramas
Rambut rontok juga bisa disebabkan karena jarang keramas. Rambut yang jarang dibersihkan akan menjadi berminyak dan juga lembab. Hal yang membuat rambut menjadi rontok, ketika adanya paparan sinar matahari yang membuat rambut bercampur dengan keringat. Kemudian rambut yang terdapat pada kulit kepala dapat terserap oleh folikel rambut dan menyebabkan rambut menjadi lepek. Selain itu, pada saat keramas usahan jangan terlalu kencang menggosok kepala. Hal tersebut dapat merusak folikel rambut, karena hal tersebut juga dapat menyebabkan rambut menjadi rontok.
  • Faktor Internal
Gangguan Emosional
Kerontokan dapat terjadi ketika seseorang tertekan atau mengalami stres yang berlebihan. Saat seseorang stres maka yang akan terjadi adalah otot syaraf yang ada di kepala menegang. Menegangnya otot syaraf pada kepala ini dapat menyebabkan akar syaraf rambut melemah. Pada saat akar syaraf rambut lemah maka dapat terjadi kerontokan.

Keturunan
Faktor internal penyebab terjadinya rambut rontok yang selanjutnya adalah dikarenakan faktor keturunan. Hal tersebut dapat disebabkan jika salah satu dari orang tua memiliki gen yang dapat menyebabkan rambut rontok, sehingga hal itu dapat diturunkan pada anak-anak mereka. Biasanya hal tersebut dapat diketahui dengan cara memeriksakan diri pada ahli kulit.

Stres
Stres adalah salah satu penyebab terjadinya rambut rontok. Biasanya rambut menjadi lebih mudah rontok ketika sedang mengalami hal yang dapat menyebabkan stres. Pada saat mengalami stres rambut menjadi lebih cepat rontok dibandingkan pada saat-saat biasa.

Penyakit
Ada beberapa penyakit yang dapat membuat rambut menjadi rontok cukup parah. Penyakit kronis tersebut diantaranya ialah lupus dan diabetes. Selain itu pengaruh dari kemoterapi yang berdampak secara menyeluruh pada kulit kepala, wajah, dan tubuh. Kemoterapi ini tidak bersifat permanen dan rambut dapat tumbuh normal kembali setelah beberapa bulan berhenti menjalani kemoterapi.

Hormon
Hormon yang tidak seimbang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Sehingga terkadang ibu yang sedang hamil atau mengandung biasanya akan mengalami ketidakseimbangan horon yang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok yang cukup parah.

Bagaimana Cara Mengatasi Kerontokan Rambut?

Minyak Zaitun
Cara menghilangkan rambut rontok yang pertama adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Kita semua tahu bahwa olive oil atau minyak zaitun memiliki banyak manfaat mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, minyak zaitun dapat dimanfaatkan khasiatnya. Untuk mengobati rambut yang 
rontok dengan minyak zaitun caranya cukup mudah.

Tuangkan minyak zaitun pada 1 sendok makan minimal 30 menit sebelum keramas, oleskan minyak zaitun dari akar sampai ujung rambut sambil memijat selama kurang lebih 2-4 menit secara perlahan. Setelah itu lakukan keramas seperti biasa menggunakan shampoo hingga bersih.

Lidah Buaya
Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di aloevera atau lidah buaya dapat membuat rambut menjadi lebih baik terutama dapat menjadikan rambut menjadi tebal dan subur. Untuk mengobati rambut rontok dengan lidah buaya caranya sangatlah mudah, yaitu dengan mengambil lidah buaya lalu memotong menjadi dua bagian. Lalu ambil lendirnya dan oleskan pada seluruh bagian rambut sambil memijti-mijit. Kemudian diamkan kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air.

Minyak lavender
Minyak lavender dipercaya dapat membantu dalam mengatasi masalah kerontokan pada rambut dan terbukti bisa meningkatkan pertumbuhan pada rambut. Caranya mudah hanya dengan menggunakan minyak lavender lalu dipijat pada kulit kepala Anda kurang lebih selama lima belas menit. Cara ini dapat dilakukan rutin dalam dua minggu sekali.

Daun Seledri
Daun seledri juga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Hal ini karena daun seledri mengandung vitamin seperti, zat besi, vitamin A, vitamin B, natrium dan kalsium yang bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan rambut agar lebih kuat, sehat dan tampak berkilau.
Cara menggunakannya dengan ambil beberapa batang seledri secukupnya. Bersihkan dan blender dengan telur yang sebelumnya sudah dikocok. Blender sampai tercampur dengan rata. Kemudian, oleskan secara perlahan pada rambut sambil dipiit dengan lembut. Diamkan selama sekitar 20-30 menit kemudian bilas sampai bersih.



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar