Pengertian Sistem Informasi Beserta Ciri dan Fungsinya Menurut Para Ahli


Pengertian Sistem Informasi
Definisi sistem informasi, komponen, ciri, dan fungsinya menurut para ahli adalah sebagaimana diulas dibawah ini.

Pengertian sistem informasi secara umum adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen pengambilan keputusan atau kebijakan serta menjalankan operasional dari kombinasi orang-orang, teknologi informasi serta prosedur-prosedur yang terorganisir. Sistem informasi juga diartikan sebagai kombinasi antara teknologi informasi dan aktivitas manusia yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen.

Sedangkan dalam arti yang lebih luas, sistem informasi dapat diartikan sebagia sistem informasi yang sering digunakan menurut kepada interaksi antara manusia, proses, algoritmik, data, serta teknologi. Adapun secara terpisah, pengertian sistem adalah kumpulan orang yang saling bekerja sama dengan ketentuan-ketentuan aturan yang sistematis serta terstruktur untuk membentuk satu kesatuan melaksanakan suatu fungsi untuk mencapai tujuan.

Suatu sistem memiliki beberapa karakteristik atau sifat yang terdiri dari komponen sistem, batasan sistem, lingkungan luar sistem, penghubung sistem, masukan sistem, keluaran sistem, pengolaan sistem serta sasaran sistem. Sementara pengertian informasi adalah data yang diolah menjadi lebih bermanfaat dan berarti bagi penerimanya serta untuk mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan keputusan tentang suatu keadaan.

Pengertian Sistem Informasi (SI) Menurut Para Ahli


Beberapa para ahli mendefinisikan sistem informasi sebagai berikut:

  • Alter: Menurut Alter, pengertian sistem informasi adalah adalah sebagai  tipe khusus dari sistem kerja dimana manusia dan/mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan atau jasa bagi pelanggan. 
  • Robert A. Leitch: Menurutnya, pengertian sistem informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial serta kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang dibutuhkan.
  • John F. Nash: Menurutnya, pengertian sistem informasi merupakan kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud untuk menata jaringan komunikasi yang penting, proses atau transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pengguna intern dan ekstern serta menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.
  • Henry Lucas: Adapun pengertian sistem informasi sesuai sudut pandang Henry Lucas adalah suatu kegiatan dari prosedur-prosedur yang terorganisir, apabila dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam.

Fungsi Sistem Informasi


Sistem informasi memiliki sejumlah fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bertujuan untuk meningkatkan aksesiblitas data yang ada secara efektif dan efisien kepada pengguna, tanpa melalui prantara sistem informasi.
  • Memperbaiki produktivitas aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem
  • Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  • Mengidentifikasi kebutuhan mengenai keterampilan pendukung sistem informasi
  • Mengantisipasi serta memahami konsekuensi ekonomi
  • Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi 
  • Mengembangkan proses perencanaan secara efektif  

Komponen Sistem Informasi


Sistem informasi terdiri dari beberapa komponen, yakni:

  1. Komponen model merupakan kombinasi prosedur, logika dan model matematika yang memproses data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah di tetapkan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
  2. Komponen input adalah data yang masuk ke dalam sistem informasi 
  3. Komponen output adalah hasil informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem. 
  4. Komponen teknologi adalah alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan dalam menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output dan memantau pengendalian sistem. 
  5. Komponen basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan di dalam komputer dengan menggunakan software database.
  6. Komponen kontrol merupakan komponen yang mengendalikan gangguan terhadap sistem informasi.

Ciri-ciri Sistem Informasi


Berikut ini beberapa ciri sistem informasi:

  • Baru, yakni informasi yang didapat sama sekali baru dan segar bagi penerima 
  • Tambahan, adalah informasi dapat diperbaharui atau memberikan tambahan terhadap informasi yang sebelumnya sudah ada. 
  • Kolektif, adalah informasi yang dapat menjadi suatu koreksi dari informasi yang salah sebelumnya.
  • Penegas, yaitu informasi yang dapat mempertegas informasi yang sudah ada.

Demikian pengertian sistem informasi menurut para ahli. Dengam membaca artikel ini, setidaknya Anda sudah mengerti pengertian sistem informasi, komponen, ciri-cirinya, beserta fungsinya. 



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar