Cara Menyeimbangkan Otak Kiri dan Otak Kanan


karakteristik otak kiri dan kanan
Otak adalah organ penting yang berada di dalam rangka atau tulang tengkorak, dan letaknya simetris yang terbagi menjadi dua belahan yaitu kiri dan kanan. Otak merupakan organ vital dan sentral, sehingga jika ada gangguan pada organ ini akan mempengaruhi aktivitas manusia.

Otak memiliki banyak Fungsi, antara lain sebagai pusat daya ingat, kecerdasan kognitif, pusat pengatur perasaan afeksi emosi, dan daya pikir kreativitas. Struktur otak manusia pada umunya secara biologi sama, yang membedakan antara individu satu dengan yang lain adalah kualitas otak.

Otak terdiri dari dua bagian yaitu otak kanan dan otak kiri. Kedua bagian ini, jelas memiliki fungsi yang berbeda. Perbedaan kedua fungsi otak  ini akan membentuk sifat, karakteristik dan kemampuan yang berbeda pada seseorang. Teori tentang perbedaan fungsi otak kiri dan otak kanan ini telah populer sejak tahun 1960an, dari hasil penelitian Roger Sperry.

Dalam teorinya, Roger Sperry (1960) merupakan pelopor yang membagi dan membedakan tentang fungsi otak kiri dan otak kanan. Ia mengungkapkan jika salah satu otak sedang bekerja maka otak yang lain cenderung lebih rileks dan tenang. Ia juga mengatakan bahwa fungsi kedua otak inilah yang akan membentuk kepribadian, karakter, sifat dan kecerdasan yang berbeda tiap individu. Bagian otak yang bertanggung jawab terhadap segala kegiatan yang berhubungan dengan intelektual (berfikir, penalaran, membayangkan, merancang, mengingat) adalah otak besar.

Otak besar atau cerebrum yang merupakan bagian terbesar dari otak manusia adalah bagian yang memproses semua kegiatan intelektual, seperti kemampuan berpikir, penalaran, mengingat, membayangkan, serta merencanakan masa depan.

Baca juga artike : Inilah Manfaat Minum Air Putih
Otak besar yang dikenal dengan Otak Kiri dan Otak Kanan, masing-masing belahan mempunyai fungsi yang berbeda. Berikut merupakan fungsi Otak Kiri dan Kanan :

Fungsi Otak Kiri

Otak kiri memiliki fungsi dalam hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Beberapa pakar mengatakan bahwa otak kiri merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ).

Fungsi Otak Kanan

Otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya.

Walaupun kedua bagian otak mempunyai fungsi yang berbeda, tetapi setiap individu mempunyai kecenderungan untuk mengunakan salah satu belahan yang dominan dalam menyelesaikan masalah hidup dan pekerjaan. Setiap belahan otak saling mendominasi dalam aktivitas namun keduanya terlibat dalam hampir semua proses pemikiran.

Ciri-ciri Orang yang dominan menggunakan Otak Kanan

  1. Memilih kelas seni atau puisi daripada matematika atau sains
  2. Ingin bekerja bidang kreatif,sosial,penasihat,guru,dll
  3. Memiliki imajinasi yang tinggi
  4. Tidak suka hal-hal  yang memeras otak
  5. Menyukai buku-buku novel dan non fiksi
  6. Menyukai gambar daripada angka
  7. Suka menggunakan perasaan dalam mengambil keputusan
  8. Tidak menyukai hal yang terstruktur
  9. Menggunakan intuisi dibandingkan dengan logika
  10. Entrepreneur yang sukses meskipun tidak sekolah tinggi
  11. Menghasilkan ide-ide cemerlang
  12. Menyukai sesuatu yang unik dan baru
  13. Suka berpetualang dan tantangan
  14. Suka kebebasan atau Tidak suka terikat

Ciri-ciri Orang yang dominan menggunakan Otak Kiri

  1. Ingin bekerja sebagai dokter gigi, progamer,peneliti,teknisi, dsb
  2. Suka baca koran,majalah atau buku fiksi
  3. Pandai berbicara
  4. Memutuskan sesuatu berdasarkan fakta
  5. Tepat waktu
  6. Berpikir secara terstruktur
  7. Senang melakukan sesuatu hal yang pasti
  8. Penuh dengan aturan
  9. Menyukai hal Formal
  10. Berkomunikasi dengan baik
  11. Bukan sang pemimpi
  12. Enterprener yang sukses lewat perhitungan matang
  13. Lebih disiplin dalam segala hal
  14. Bersifat tertutup dan kurang bergaul
  15. Tidak menyukai petualangan dan tantangan
Berikut ini merupakan perbedaan orang yang memecahkan masalah dengan Otak kanan dan Otak kiri.

Menggunakan Otak Kiri

Orang yang lebih dominan menggunakan otak kiri lebih menggunakan logika rasional untuk mengidentifikasi penyebab masalah, dan kemudian berpikir tentang bagaimana cara mengatasinya. Pada intinya, orang yang berfikir menggunakan otak kiri adalah detail-oriented.

Menggunakan Otak Kanan

Orang yang lebih dominan menggunakan otak kanan cenderung menggunakan kreativitas untuk memecahkan suatu masalah. Mereka lebih banyak mengandalkan intuisi dan lebih cepat menangkap gambaran keseluruhan situasi. Pada intinya, orang yang banyak menggunakan otak kanan tidak detail oriented.

Apakah otak kiri atau otak kanan yang paling baik digunakan?

Kedua-duanya adalah baik, sebab otak kanan maupun otak kiri saling berkaitan dan membutuhkan satu sama lain. Menurut penelitian, sebagian besar orang lebih dominan menggunakan Otak kiri. Hal ini disebabkan karena setiap orang mengalami jenjang pendidikan yang lebih banyak mengasah kemampuan otak kiri saat belajar.

Akan tetapi sebaiknya kita menyeimbangkan penggunaan kedua belahan otak Kanan dan kiri. Orang yang Otak kanan dan otak kirinya seimbang dapat menjadi orang yang cerdas sekaligus suka bergaul dan peduli terhadap orang lain.

Bagaimana caranya agar otak kiri dan kanan dapat seimbang ?

Menurut Raymond Dart,  jika kita sering menggunakan dua anggota tubuh secara seimbang berarti penggunaan otak kiri dan otak kanan sudah cukup seimbang. Koordinasi dua sisi tubuh akan meningkatkan kesatuan dan keseimbangan penggunaan kedua belahan otak. 

Berikut ini adalah cara agar dapat menyeimbangkan antara otak kiri dan otak kanan :

Cara mengasah kemampuan otak kiri bagi orang yang dominan otak kanan 

  1. Sering-Seringlah mendengarkan musik klasik
  2. Merubah kegiatan rutinitas misalnya merubah rute jalan yang biasa dilewati
  3. Mengisi Teka Teki Silang
  4. Bermain Game asah otak
  5. Belajar berdebat
  6. Menulis
  7. Membaca
  8. Bermain Scrabble
  9. Mencoba sesuatu yang baru

Cara mengasah kemampuan otak kanan bagi orang yang dominan otak kiri :

  1. Belajarlah memainkan alat-alat musik
  2. Belajar membuat kerajinan tangan seperti menjahit
  3. Belajar menggambar atau melukis
  4. Bermeditasi dan membayangkan sesuatu secara visual
  5. Belajar sempoa
  6. Buat Puisi 
  7. Menggambar pemandangan
  8. Berenang
  9. Latihan Futsal
  10. Bermain game
  11. Belajar Menyulam

Kesimpulan :

Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia serta fungsi seperti pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya. Otak dan sel saraf yang berada di dalamnya dipercayai dapat mempengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak mempengaruhi perkembangan psikologi kognitif. 

Otak kanan dan otak kiri adalah satu kesatuan fungsi, sehingga saling bekerja sama satu sama lain. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, jika otak kiri sedang aktif, maka otak kanan akan lebih tenang, demikian pula sebaliknya. Dengan demikian, tidak bisa dikatakan, otak kanan lebih bagus dari otak kiri, ataupun sebaliknya. Walaupun, pada sebagian orang, terkadang lebih dominan untuk menggunakan area otak tertentu. Penggunaan dominasi area otak tertentu menjadi alasan yang kuat terjadinya perbedaan minat dan bakat antar individu.



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar