Manfaat Senam Yoga


Manfaat Senam Yoga
Yoga, merupakan sebuah olahraga yang mengkombinasikan gerakan bagian tubuh serta membutuhkan konsentrasi, ketenangan, dan kondisi tubuh yang rileks atau santai pada saat melakukannya.

Sebenarnya Yoga merupakan olahraga yang sudah diperkenalkan sangat lama sekali, kira-kira 2000 tahun sebelum masehi. Saat ini, yoga merupakan salah satu alternatif olahraga yang banyak diminati, karena manfaatnya yang sangat banyak, selain itu yoga juga tidak membutuhkan kekuatan fisik prima seperti olahraga lainnya, yaitu berlari, sepakbola, tinju, dan sebagainya.

Olahraga ini semakin lama semakin banyak di gandrungi oleh banyak masyarakat Indonesia. Mungkin hal ini terjadi karena beberapa gerakan yang ada pada senam yoga yang dipercaya mampu memberikan Perubahan atau dampak positif bagi kesehatan tubuh maupun pikiran. Salah satu manfaat senam Yoga memang bisa membentuk energi positif pada tubuh si pelakunya.

Selain memberikan energi positif bagi tubuh pelaku yoga, senam ini juga bermanfaat untuk menunjang tampilan seseorang menjadi lebih cantik seperti salah satu manfaat yoga yaitu dapat mengecilkan perut. Jadi, bagi yang memiliki masalah perut buncit untuk dapat memiliki penampilan yang cantik, silahkan mencoba senam yoga secara rutin dirumah atau di tempat pelatihan yoga khusus.


Apa sih senam Yoga itu?

Kata yoga berasal dari bahasa sansekerta yang berarti serikat atau bersatu dengan alam atau sang Pencipta. Menurut Maharsi Patanjali, Bapak dari senam yoga, ia mengatakan bahwa yoga adalah cara untuk mengontrol bentuk keduaniawian yang berkaitna dengan materi dalam jiwa manusia.

Yoga dimaksudkan untuk membawa perdamaian dan keseimbangan dalam batin, agar bisa terlepas dari segala bentuk keduniawian. Yoga adalah kegiatan yang melibatkan pikiran dan tubuh dan digunakan untuk mencapai peningkatan kesehatan dan relaksasi. Jadi yoga merupakan sebuah sistem yang menyadarkan dan mengantarkan kita ke pengembangan diri, kesehatan lahir batin untuk mencapai kebahagiaan.

Apa saja jenis-jenis yoga?

  • Hatha
Hatha merupakan jenis yoga yang paling ideal untuk dilakukan oleh seorang pemula. Jenis yoga ini mengajarkan teknik pernapasan yang memiliki tujuan untuk melatih kelenturan dan keseimbangan tubuh sehingga sangat bermanfaat untuk relaksasi. Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nursing Research, wanita yang melakukan Hatha yoga selama 90 menit akan mengalami penurunan stress secara signifikan.

Hatha adalah jenis yoga yang sangat populer di Amerika Serikat. Gerakan yang ditawarkan Hatha yoga adalah lambat dan halus, serta memiliki fokus pada bagimana caranya untuk mengintegrasikan pernapasan ke dalam gerakan ini. Hatha adalah pengantar untuk yoga karena menggabungkan banyak asana yang berbeda, serta pranayama dan nyanyian. Hatha yoga merupakan cara yang paling bagus untuk meregangkan, bekerja pada otot sangat maksimal, dan dapat berhubungan langsung dengan tubuh yang membuat Anda lebih rileks dan mampu mengurangi rasa stres.
  • Vinyasa
Vinyasa adalah jenis yoga yang cocok untuk seseorang yang memiliki masalah dengan kelebihan berat badan. Vinyasa akan memaksa Anda untuk aktif melakukan berbagai gerakan sehingga efektif untuk membakar lemak berlebih pada tubuh.

Bahkan, menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise, Vinyasa mampu membakar 7 kalori dalam setiap menitnya.
  • Inyengar
Iyengar adalah bentuk dari yoga yang menggunakan pose mirip dengan Hatha. Bedanya, Iyengar lebih berfokus pada keselarasan tubuh dan keseimbangan pada tubuh. Dalam latihannya, Iyengar toga akan menggunakan alat peraga seperti tali, selimut, dan blok. Ini juga merupakan pilihan yang baik untuk pemula.

Inyengar sangat cocok dilakukan pada seseorang yang sering mengeluh rasa sakit pada bagian punggung atau leher yang disebabkan terlalu lama berada di depan layar monitor. Menurut sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Clinical Journal of Pain, Iyengar mampu memperbaiki sakit kronis pada leher.
  • Bikram
Bikram yoga berasal dari yoga Hatha tradisional, akan tetapi berbeda dalam praktiknya yang dilakukan di dalam ruang yang dipanaskan sampai 105 derajat Fahrenheit. Hal Ini bertujuan untuk mengendurkan otot-otot dan berkeringat demi membersihkan tubuh dan menghilangkan gejala penyakit dan rasa sakit yang cukup kronis. Namun, para yoga menghimbau untuk tidak terlalu sering melakukan bikram yoga karena berisiko pada dehidrasi, hipertermia, perubahan tekanan darah, dan masalah jantung dengan tenaga dalam seperti lingkungan yang tidak ramah.

Hal ini akan terjadi bagi individu yang mungkin memiliki masalah jantung yang sudah ada atau tekanan darah tinggi. Kalau Anda berharap memiliki tubuh dengan gerak lebih fleksibel, bersiaplah untuk masuk ke kelas Bikram yoga. Jenis yoga ini biasanya dilakukan di studio bersuhu 40ᵒC tubuh Anda akan diminta untuk melakukan 26 gerakan dalam waktu 90 menit.
  • Astanga
Ashtanga adalah olahraga yoga yang pertama kali diajarkan oleh Sri K. Pattabhi Jois, di Ashtanga Yoga Research Institute di Mysore, India. Di Amerika serikat, yoga diajarkan sebagai latihan yang cukup agresif yaitu bergerak cepat dari satu pose ke pose lainnya untuk membangun kekuatan dan daya tahan tubuh. Yoga jenis ini memang sedikit sulit dan menantang secara fisik ketika latihan.

Perbedaan Yoga dengan Olahraga Lain

Non yoga, misalnya aerobic
  1. Gerakannya sporadis, cepat, dan memberikan penekanan yang kuat pada otot
  2. Gerakan ini dibuat untuk mendapatkan bentuk tubuh yang atletis
  3. Tidak ada keharusan untuk memperhatikan nafas
  4. Memperlancar peredaran darah dengan memberikan penekanan pada jantung
 Senam Yoga
  1. Gerakannya lembut dan cenderung menghindari gerakan otot yang tiba-tiba dan terlalu keras
  2. Tidak dirancang secara khusus untuk membentuk tubuh, sehingga tidak efektif untuk mendapatkan bentuk tubuh yang atletis dan perut yang kecil
  3. Gerakan yoga dilakukan dengan kesadaran penuh akan nafas sehingga kekuatan mental bertambah serta pikiran lebih fokus dan tajam
  4. Memperlancar peredaran darah namun tidak memberikan pressure berlebihan pada jantung

Manfaat Yoga

  • Membantu tubuh melancarkan peredaran darah
Gerakan yang ada dalam senam yoga bermanfaat untuk melatih tubuh menjadi lebih rileks. Kemudian rileksasi inilah yang dapat membantu tubuh agar sirkulasi peredaran darah berjalan secara normal dan lancar, bagian tubuh yang mendapatkan rileksasi ini khususnya pada tangan dan kaki.

Pose dalam yoga seperti Pose twist baik untuk membawa darah ke organ-organ dalam dan mengalirkan ke luar setelah pose itu selesai. Pose headstand, handstand, dan shoulderstand membantu membawa darah dari kaki dan panggul ke jantung dan dari situ dipompa ke paru-paru, sehingga mendapat oksigen segar. Sehingga dengan melakukan senam yoga akan bermanfaat untuk meningkatkan kadar sel darah merah dan hemoglobin dalam tubuh.
  • Mencegah Osteoporosis
Penelitian telah membuktikan bahwa latihan beban memperkuat tulang dan menghalau osteoporosis. Banyak postur yoga yang mengharuskan Anda mengangkat beban tubuh sendiri. Pose downward atau upward facing dog membantu menguatkan tulang lengan yang rentan kena osteoporosis. Yoga juga baik meningkatkan kepadatan tulang belakang.
  • Menjaga Kebugaran Tubuh
Dengan melakukan yoga, secara otomatis anda akan merasa lebih sehat dan bugar. Hal ini dikarenakan, selain adanya relaksasi, gerakan-gerakan pada yoga juga menstimulus bagian tubuh anda untuk tetap bergerak secara aktif, sehingga anda akan merasa lebih bugar dari sebelumnya.
  • Jantung menjadi sehat
Yoga dan perubahan gaya hidup bisa membantu menjaga jantung dan tubuh yang sehat. Pose Ujjayi pranayama dan pranayama bhramari bermanfaat bagi jantung. Pose lain seperti vajrasana, janushirasana, padahastasana dan padmasana Baddha, bersama dengan teknik pranayama seperti sarala pranayama dan chandra bhedi pranayama dapat dilakukan untuk tubuh yang sehat.

Sebuah studi yang dilakukan pada orang-orang dengan penyakit arteri koroner menunjukkan bahwa dengan memasukkan yoga kedalam rutinitas normal mereka, serta perubahan gaya hidup dan pola makan yang sehat, kejadian penyakit arteri koroner berkurang drastis.
  • Menurunkan berat badan
Olahraga senam yoga adalah olahraga yang paling banyak dipilih untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut. Yoga dapat membantu kita melakukan kedua prinsip itu. Latihan yoga membantu Anda bergerak dan membakar kalori. Sisi spiritual dan emosi yoga mendorong Anda untuk melihat masalah makan dan berat badan lebih dalam. Mungkin yoga akan memberi inspirasi Anda untuk menjadi orang yang lebih sadar saat makan.

Kesimpulan :

Senam yoga bukanlah asli dari kebudayaan dari indonesia. Senam yoga merupakan kebudayaan yang diadopsi dari kebudayaan luar yang masuk ke Indonesia. Meskipun demikian, Senam yoga banyak sekali manfaatnya bagi tubuh manusia apabila benar cara pelaksanaannya dan dilakukan secara rutin.



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar