Manfaat Minum Air Putih


manfaat Air Putih Menurut Robert J. Kodoatie, Air merupakan material yang membuat kehidupan terjadi di bumi. Sehingga disimpulkan bahwa air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan di muka bumi ini. 

Fungsi air bagi kehidupan tidak dapat digantikan oleh senyawa lain. Penggunaan air yang utama dan sangat vital bagi kehidupan adalah sebagai air minum. Hal ini terutama untuk mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh manusia itu sendiri. Kehilangan air untuk 15% dari berat badan dapat mengakibatkan kematian yang diakibatkan oleh dehidrasi. Karenanya orang dewasa perlu meminum minimal sebanyak 1,5 – 2 liter air sehari untuk keseimbangan dalam tubuh dan membantu proses metabolisme.
Di dalam tubuh manusia, air diperlukan untuk transportasi zat – zat makanan dalam bentuk larutan dan melarutkan berbagai jenis zat yang diperlukan tubuh. Misalnya untuk melarutkan oksigen sebelum memasuki pembuluh-pembuluh darah yang ada disekitar alveoli.

Tahukah kamu bahwa air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Air putih bisa mengobati segala penyakit berbahaya dan mencegah terjadinya penyakit yang tidak kita inginkan. Tubuh kita sangat membutuhkan banyak cairan karena lebih dari 70% cairan terdapat di dalam tubuh.

Cairan tersebut bisa kita peroleh dari mengkonsumsi air putih tersebut. Minuman paling sehat dan tidak membahayakan adalah air putih, maka dari itu kita membutuhkan air putih setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Manfaat dari air putih yang bisa langsung dirasakan adalah bisa menghilangkan rasa haus di siang dan malam hari.

Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan asupan cairan pada tubuh sekitar 20 persen. Cairan dari makanan terutama yang diperoleh dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka yang mengandung 90 persen air. Yang perlu diketahui, bahwa manusia dapat kehilangan cairan tidak hanya saat buang air kecil (BAK), namun juga saat berkeringat, bernapas dan buang air besar. Beberapa tanda yang dapat membantu dalam mengenali tubuh yang kekurangan cairan, antara lain sakit kepala, merasa kurang berenergi, dan warna urine yang gelap atau tidak sebanyak biasanya.
Jadi, air putih sangatlah memilliki peran penting dalam tubuh kita seperti untuk menyegarkan  tubuh kita. Manfaat air putih memang tidak perlu diragukan lagi untuk kesehatan tubuh manusia.

Baca juga artikel: Perbedaan Hak Cipta dan Hak Paten

Beberapa di bawah ini adalah manfaat air putih yang memiliki peran penting untuk kelangsungan hidup manusia.

Mencegah dehidrasi dan rasa haus


Manfaat paling penting dan utama dari air putih adalah mampu menghilangkan haus, jika tidak minum air putih maka akan terjadi dehidrasi atau di sebut kekurangan cairan yang bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas. Mengkonsumsi air putih yang banyak akan mencegah dan menghilangkan dehidrasi.

Bagi ibu yang sedang hamil, dehidrasi merupakan masalah yang paling utama yang biasa dialami. Sehingga dianjurkan untuk minum air putih yang cukup setiap harinya untuk dapat mencegah terjadinya dehidrasi dan dapat mengurangi terjadinya penumpukan cairan yang disebabkan oleh kurang lancarnya peredaran cairan dalam tubuh.

Memperlancar buang air besar


Susah buang air besar memang bukan merupakan penyakit, tetapi bisa saja merupakan gejala dari adanya penyakit tertentu, atau bisa jadi disebabkan oleh makanan. Semua orang pasti pernah mengalami susah buang air besar atau sembelit dalam kurun waktu beberapa hari. Jika sampai dua hari saja, maka itu masih tergolong normal. Tetapi jika sembelit sudah berlangsung hingga tiga hari, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter atau minum pencahar untuk menyembukan.
Air putih adalah solusi bagi seseorang yang mengalami sembelit atau susah air besar, terutama di pagi hari. Sehingga sebaiknya minum air putih saat bangun tidur, hal ini bertujuan untuk membantu melancarkan buang air besar dan mencegah terjadinya sembelit agar tidak terulang lagi.

Menjaga fungsi ginjal


Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang berperan penting untuk membuang zat-zat yang berbahaya melalui urin. Gangguan sedikit saja pada ginjal, akan membuat kesehatan tubuh juga terganggu. Karena itulah, menjaga kesehatan ginjal merupakan hal yang sangat penting dilakukan agar tubuh kita senantiasa dalam keadaan yang baik. Saat ini, jumlah penderita penyakit ginjal mengalami peningkatan, hal ini bisa jadi dikarenakan kurangnya minum air putih.

Menurut penelitian, penyebab utama gangguan ginjal adalah kekurangan cairan atau yang sering kita dengar dengan istilah kurang minum. Perlu kita ketahui, ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring keluar limbah dan mengangkut urin ke kandung kemih. Namun, ginjal butuh cairan yang cukup untuk membersihkan apa yang tidak dibutuhkan dalam tubuh, air putih adalah kunci/senjata utamanya.

Mencegah penuaan dini


Penuaan merupakan hal yang pasti akan dialami oleh semua makhluk hidup termasuk manusia. Penuaan adalah siklus kehidupan yang tidak bisa dihindari oleh siapun. Tanda penuaan biasanya muncul ketika seseorang menginjak usia 30 tahun keatas. Namun tanda penuaan akan menjadi masalah serius jika muncul ketika seseorang masih berusia muda atau sering juag disebut dengan penuaan dini.

Minum air putih adalah solusi untuk mencegah terjadinya penuaan dini, karena air putih dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, sehingga dapat mengencangkan kulit, mengecilkan pori pori dan akan berdampak pada pencegahan penuaan dini. Tidak heran bahwa rahasia awet muda para selebritis Indonesia ataupun dunia adalah minum air putih secara teratur dan cukup.

Mengobati sakit kepala dan migrain


Sakit kepala adalah masalah yang pernah dialami oleh semua manusia. Hampir tidak ada manusia yang tidak pernah merasakan sakit kepala selama hidupnya. Sakit kepala bisa muncul secara tiba-tiba ketika sedang beraktivitas. Atau biasanya kondisi ini disebabkan oleh berbagai penyakit lain yang bisa memicu sakit kepala. Misalnya seperti hipertensi, hipotensi, dan sebagainya. Cara mengobati sakit kepala sebelah ataupun sakit kepala biasa sebenarnya tidak bisa dilakukan secara instan.

Tetapi salah satu cara untuk mengobati sakit kepala atau migrain adalah dengan meminum air putih yang banyak. Sakit kepala yang dialami bisa jadi karena kekurangan cairain pada tubuh atau yang disebut dehidrasi.

Mengontrol kalori dan menurunkan berat badan


Menurut sebuah penelitian yang telah diterbitkan di Journal Obesity, minum 500 ml air putih sebelum makan dapat membantu dalam menurunkan berat badan dengan lebih mudah. Penelitian ini diterapkan kepada orang-orang dewasa yang memiliki masalah obesitas untuk melihat apakah minum air sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan seseorang.

Jadi, Minum lebih banyak air putih dapat menyebabkan asupan kalori menurun dan mengurangi risiko kenaikan berat badan jangka panjang serta obesitas, terutama pada anak-anak. Hal ini dikarenakan secara natural air tidak mengandung kalori sehingga secara luas dapat mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Manfaat Lainnya


Air putih dapat untuk mencegah berbagai penyakit kronis yang menyerang tubuh. Penyakit ini antara lain adalah stroke dan kanker, ada banyak penyakit lain yang dapat dicegah dengan minum air putih minimal 2 liter per hari. Selain itu manfaat terpenting air putih adalah menurunkan kadar racun yang ada di dalam tubuh melalui air seni. Semakin banyak kita minum air putih maka akan semakin banyak racun yang akan dibuang dari dalam tubuh kita.

Jadi, inilah manfaat minum air putih yang baik untuk tubuh dan kesehatan manusia, jadi sebaiknya minumlah air yang cukup setiap hari minimal 2 liter. Hal ini untuk mencegah terkenanya penyakit di dalam tubuh kita.



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar