Cara Cerdas Belajar Yang Efektif dan Efisien


Cara Cerdas Belajar Efektif dan Efisien
Belajar adalah kegiatan yang sangat penting bagi kita terutama seorang pelajar dan mahasiswa. Sebaga siswa kita harus banyak belajar agar memiliki banyak bekal pengetahuan untuk memasuki dunia kerja. Oleh karena itu belajar sangatlah penting bagi kita untuk dapat memajukan bangsa dan negara.

Saat ini, pendidikan di negara kita semakin mengalami penurunan padahal perkembangan teknologi di negara kita dari tahun ke tahun semakin canggih. Mengapa dapat terjadi demikian? Karena orang-orang di sekitar kita menggunakan alat-alat teknologi yang disediakan bukan untuk belajar mencari ilmu, melainkan hanya mencari kesenangan.

Cara belajar efektif dan efisien bagi sebagian orang adalah hal yang sulit, bahkan hal tersebut hanya dianggap sebuah slogan semata. Hal ini dapat dikarenakan orang tersebut belum menemukan cara belajar yang efektif dan efisien yang sesuai dengan kondisinya secara pribadi.
Baca juga artikel : Penyebab Alergi Makanan
Cara belajar efektif adalah cara belajar yang sesuai dengan kondisi personal pembelajar, baik dari segi metode, penggunaan tempat, ataupun penggunaan waktu. Sedangkan belajar efisien adalah cara belajar yang meminimalkan usaha tetapi mendapatkan hasil yang maksimal. Mengapa seseorang belajar tidak terlalu lama, tetapi sangat menguasai materi tersebut? karena orang tersebut kemungkinan mempunyai cara efisien dalam belajar, selain metode yang mereka gunakan dalam belajar. Yang perlu diingat disini adalah bahwa tidak ada orang pintar atau bodoh dalam belajar, yang ada hanyalah orang malas, dan tidak tahu cara belajar yang baik.

Pengertian Belajar

Belajar adalah proses atau usaha yang dilakukan oleh setiap individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan maupun sikap dan nilai yang positif sebagai pengalaman untuk mendapatkan sejumlah kesan dari bahan yang telah dipelajari. Kegiatan belajar dapat dilakukan di sekolah, di rumah, dan di tempat lain seperti di museum, di laboratorium, di pusat perbelanjaan dan dimana saja.

Berikut ini merupakan definisi belajar menurut para ahli :

Gagne (The Conditions of Learning 1977)
Belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu. Perubahan terjadi akibat adanya suatu pengalaman atau latihan. Berbeda dengan perubahan serta-merta akibat refleks atau perilaku yang bersifat naluriah.

James Patrick Chaplin ( Dictionary of Psychology 1985 )
Belajar dibatasi dengan dua macam rumusan. Rumusan pertama Belajar adalah perolehan perubahan tingkah laku yang relatif menetap sebagai akibat latihan dan pengalaman. Rumusan kedua Belajar ialah proses memperoleh respons-respons sebagai akibat adanya latihan khusus.

Hintzman, Douglas L  ( The Psychology of Learning and Memory 1987 )
Suatu perubahan yang terjadi dalam diri organisme, manusia atau hewan, disebabkan oleh pengalaman yang dapat mempengaruhi tingkah laku organisme tersebut.

Apa saja Gaya Belajar seseorang?

Gaya Belajar Visual (Visual Learners)
Bagi siswa yang bergaya belajar visual, yang memegang peranan penting adalah mata atau penglihatan. Anak yang mempunyai gaya belajar visual harus melihat bahasa tubuh dan ekspresi muka gurunya untuk mengerti materi pelajaran. Mereka cenderung untuk duduk di depan agar dapat melihat dengan jelas. Mereka berpikir menggunakan gambar-gambar di otak mereka dan belajar lebih cepat dengan menggunakan tampilan-tampilan visual, seperti diagram, buku pelajaran bergambar, dan video. Di dalam kelas, anak visual lebih suka mencatat sampai detail untuk mendapatkan informasi.

Ciri-ciri gaya belajar visual : 
  1. Bicara agak cepat
  2. Mementingkan penampilan dalam berpakaian/presentasi
  3. Tidak mudah terganggu oleh keributa
  4. Mengingat yang dilihat, dari pada yang didengar
  5. Lebih suka membaca dari pada dibacakan
Strategi untuk mempermudah proses belajar anak visual :
  1. Gunakan materi visual seperti, gambar-gambar, diagram dan peta
  2. Gunakan warna untuk menandakan hal-hal penting
  3. Bacalah buku-buku yang berilustrasi
  4. Gunakan multi-media (contohnya: komputer dan video).
  5. Cobalah untuk mengilustrasikan ide-ide kamu ke dalam gambar.
Auditori (belajar dengan cara mendengar)
Siswa yang bertipe auditori mengandalkan kesuksesan belajarnya melalui telinga ( alat pendengarannya ). Anak yang mempunyai gaya belajar auditori dapat belajar lebih cepat dengan menggunakan diskusi verbal dan mendengarkan apa yang guru katakan. Anak auditori dapat mencerna makna yang disampaikan melalui tone suara, pitch (tinggi rendahnya), kecepatan berbicara dan hal-hal auditori lainnya. Informasi tertulis terkadang mempunyai makna yang minim bagi anak auditori mendengarkannya. Anak-anak seperi ini biasanya dapat menghafal lebih cepat dengan membaca teks dengan keras dan mendengarkan kaset.

Ciri-ciri gaya belajar auditori :
  1. Saat bekerja suka bicara kepada diri sendiri
  2. Penampilan rapi
  3. Mudah terganggu oleh keributan
  4. Belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan dari pada yang dilihat
  5. Senang membaca dengan keras dan mendengarkan
Strategi untuk mempermudah proses belajar anak auditori :
  1. Ikutlah berpartisipasi dalam diskusi baik di dalam kelas maupun di dalam keluarga.
  2. Bacalah materi pelajaran dengan suara yang keras.
  3. Gunakan musik saat sedang belajar.
  4. Diskusikan ide dengan anak secara verbal.
  5. Rekamlah materi pelajaran ke dalam kaset dan dengarkan saat sebelum tidur.
Kinestetik (belajar dengan cara bergerak, bekerja dan menyentuh)
Siswa dengan gaya belajar kinestetik biasanya suka melirik kebawah bila berbicara, berbicara lebih lambat. Anak yang mempunyai gaya belajar kinestetik belajar melalui bergerak, menyentuh, dan melakukan. Anak seperti ini sulit untuk duduk diam berjam-jam karena keinginan mereka untuk beraktifitas dan eksplorasi sangatlah kuat. Siswa yang bergaya belajar ini belajarnya melalui gerak dan sentuhan.

Ciri-ciri gaya belajar kinestetik :
  1. Berbicara perlahan
  2. Penampilan rapi
  3. Tidak terlalu mudah terganggu dengan situasi keributan
  4. Belajar melalui memanipulasi dan praktek
  5. Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
Strategi untuk mempermudah proses belajar anak kinestetik:
  1. Jangan dipaksakan untuk belajar sampai berjam-jam
  2. Siapkan makanan cemilan seperti permen pada saat sedang belajar
  3. Gunakan warna terang untuk menandakan hal-hal penting dalam bacaan.
  4. Belajar sambil mendengarkan musik

Bagaimana Cara Belajar Yang Efektif Dan Efisien Itu?

  • Memilih Tempat Belajar
Tempat belajar adalah hal yang sangat mendukung efektivitas belajar. Kondisi tempat belajar yang tenang, sejuk, luas, dan pewarnaan dalam ruangan belajar yang bisa memanipulasi ingatan lebih kuat (misalnya penggunaan cat), kondisi tempat duduk, meja dan penataan buku-buku pada tempat belajar sangat membantu dalam mengefektifkan belajar. Biasanya tempat belajar juga tergantung dengan waktunya, karena biasanya ada tempat-tempat tertentu yang bising disiang hari misalnya, tetapi cukup tenang dimalam hari atau dipagi hari
  • Dahulukan Pelajaran yang Sulit
Karena pelajaran yang sulit butuh konsentrasi tinggi, usaha dan mental pelajar, maka dahulukan dan jadikan perhatian yang utama. Nah, jika kamu memulai dengan yang sulit-sulit, percaya atau tidak, ini akan mengantarkan kamu menjadi pelajar yang meningkat dan sangat akan sangat efektif bagi kelangsungan pembelajaran kamu.
  • Disiplin dalam Belajar
Kedisiplinan memang perlu diterapkan dalam belajar, seperti disiplin waktu dan disiplin dalam berkonsentrasi pada pelajaran. Dengan adaya sifat disiplin dalam diri Anda, dapat dipastikan pelajaran yang Anda lakukan dapat efektif dan efisien.
  • Kenali Tipe Belajarmu
Jika kamu menyukai belajar dengan simbol, gambar dan visualisasi maka belajarlah yang melibatkan hal-hal visual yang akan membuatmu tertarik, misalnya dengan memperhatikan gambar-gambar pada buku sumber kemudian menelaah penjelasannya, gunakan ilustrasi dan warna yang bervariasi dalam buku catatanmu agar selalu berminat untuk mempelarinya. Kalau kamu suka belajar dengan mendengarkan suara kamu bisa membaca sambil bersuara, atau sambil mendengarkan suara lain yang kamu sukai.
  • Budayakan Membaca
Jangan bosan dan jangan malas untuk membaca dan terus giat membaca, karena membaca menjadi pintu masuk pengetahuan dan wawasan yang merupakan tahapan belajar dasar, semua sumber belajar sekarang ini kebanyakan berbasis teks. Jika ada waktu luang diluar jadwal belajarmu gunakanlah untuk membaca agar wawasanmu makin luas dan pengetahuanmu terus bertambah.
  • Penggunaan Sarana dan Prasarana
Sarana belajar disini bisa berupa video pendukung dengan apa yang sedang dipelajari, ataupun alat-alat lainnya. Biasanya, ada orang yang merasa rileks dengan adanya musik jika sedang belajar, silahkan gunakan alat-alat ini jika mendukung. Tetapi penggunaan music ini bersifat personal, artinya tidak semua orang menyukainya jika sedang belajar, bahkan ada yang merasa teganggu dengan adanya bunyi musik jika sedang belajar. Silahkan menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada untuk mendukung belajar yang efektif.
  • Membuat Review Materi
Membuat review materi merupakan hal yang sangat penting dalam belajar. Review disini digunakan untuk mengingat kembali apa yang sudah dipelajari. Dengan mereview materi, kita dapat melihat secara sistematis apa-apa yang sudah kita pelajari. Dengan review pula, kita bisa merencanakan apa yang masih kurang dari materi yang sudah kita pelajari, sehingga dapat menentukan langkah dan memilih buku lain yang tepat untuk melengkapi materi yang sedang kita pelajari.

Kesimpulan :

Kesimpulan yang dapat kita ambil berdasarkan uraian diatas adalah bahwa cara  belajar efektif dan efisien memungkinkan pemahaman terhadap suatu materi pelajaran  yang lebih baik, sehingga pembelajaran bisa lebih  variatif dan tidak monoton.

Belajar efektif dan efisien merupakan hal yang harus dilakukan dan dicoba oleh peserta didik baik siswa, mahasiswa dan pembimbingnya. Belajar tidak hanya dilakukan di sekolah, di kampus, di lembaga tetapi juga diulang pembelajarannya di rumah secara individu atau kelompok, belajar secara efektif dan efisien termasuk memerlukan waktu yang panjang dan suasana tenang juga suasa gembira, dan menyenangkan.



Share on Google Plus

About Arie Tarim

Artikelmanfaat.com adalah sebuah situs blog berisi artikel bermanfaat yang mencakup berbagai tema yang dapat dijadikan sebagai referensi serta informasi

0 komentar:

Posting Komentar